8 destinasi wisata di Lombok yang keindahannya bisa bikin baper. Yuk, rencanakan!

Destinasi wisata di Lombok merupakan salah satu yang paling favorit dikunjungi banyak wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Pulau yang sering disebut-sebut sebagai “anak” Pulau Bali ini memiliki keindahan yang nggak kalah keren dari pulau tetangganya tersebut.

Sampai-sampai nih ada yang bilang, “Jangan ke Lombok, nanti nggak mau pulang”. Kita Muda sih setuju dengan ungkapan tersebut karena kalau kamu ke Lombok, rasanya tuh ingin mengeksplor semua keindahannya sampai ke kulit-kulit luar, hehe.


BACA JUGA: Pengen liburan yang beda? Wisata budaya saja di 5 desa adat di Indonesia ini


Nah, di artikel ini Kita Muda mau membahas 8 destinasi wisata menarik yang ada di Lombok. Kalau kamu belum siap dibuat baper sama keindahannya lebih baik jangan dibaca dulu. Karena nekat membacanya akan membuatmu ingin langsung terbang ke tempat-tempat ini.

1. Pantai Kuta Lombok

via: wisatalombok

Destinasi pertama yang akan kita bahas adalah Pantai Kuta, tapi bukan yang di Bali ya, hehe. Pantai ini biasanya disebut Pantai Merica karena pasir putihnya yang sangat halus seperti merica bubuk. Kalau berkunjung ke pantai ini, kamu akan dimanjakan dengan perpaduan pemandangan antara bukit, laut dan butiran pasir. Sempurna deh, apalagi pantainya masih relatif sepi.

Berbagai aktivitas bisa kamu lakukan di pantai ini dari berenang, banana boat, windsurfer, jet ski, hingga beselancar. Setiap bulan Februari atau Maret, di tempat ini juga diadakan Upacara Bau Nyale (para pelaut mencari cacing Nyale di laut). Seru, kan?! Pantai Kuta terletak di Desa Kuta, Lombok Tengah, atau sekitar 56 km dari Kota Mataram.

Lokasi: Pantai Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

2. Pantai Senggigi

via: tempatwisataid.com

Kalau pantai ini pasti kamu sudah pada familiar ya. Pantai Senggigi adalah salah satu destinasi wisata di Lombok yang terkenal. Pantai ini cocok banget buat kamu yang suka snorkeling karena pemandangan bawah lautnya yang indah.


BACA JUGA: 14 tempat luar biasa di dunia yang belum banyak diketahui wisatawan!


Kamu juga bisa jalan-jalan cantik sambil menikmati pemandangan garis pantainya yang panjang dan menawan. Di sore hari, kamu bisa menikmat matahari terbenam di Senggigi yang suer keren banget! Pantai Senggigi terletak di daerah Senggigi, sekitar 30—50 menit berkendara dari Mataram.

Lokasi: Pantai Senggigi, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

3. Desert Point (Bangko-Bangko), Lombok

via: pegipegi.com

Penyuka surfing wajib banget datang ke Desert Point yang merupakan salah satu tempat surfing terbaik di Indonesia. Ganasnya ombak di tempat ini menjadi tantangan tersendiri dan para surfer menganggap ombak Desert Point Beach sebagai salah satu yang terbaik di PLANET ini!

Yah, meski nggak jarang pungung dan tangan mereka berdarah-darah akibat terhempas di karang oleh ganasnya ombak. Selain surfing, kamu bisa berjemur, mancing, menjelajah hutan mangrove yang ada di sekitar pantai Bangko-Bangko.

Lokasi: Pantai Bangko-Bangko, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

4. Pulau Gili Lombok

via: lomboktransfer.com

Gili sebenarnya adalah sebutan untuk pulau-pulau kecil yang berada di sekitar pulau utama Lombok. Nah, di antara gili-gili tersebut, terdapat 3 yang paling eksotis dan terkenal yaitu Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan. Ketiganya terletak di lepas barat Pulau Lombok dan sama-sama memiliki pemandangan pantai yang indah.


BACA JUGA: Indahnya 15 destinasi wisata warna-warni di dunia ini. Yuk, rencanakan ke sini!


Selain itu, ketiga pulau ini terkenal memiliki alam bawah laut yang sangat indah. Aktivitas yang bisa kamu lakukan ketika mengunjungi ketiga gili ini antara lain berenang, snorkeling dan diving, berjemur, naik cidomo (semacam delman), naik kuda, dan jangan lupa berwisata kuliner! Nah, untuk mencapai tiga gili ini, kamu membutuhkan waktu sekitar 30 menit berlayar dari Pulau Lombok.

Lokasi: Pulau Gili Lombok (Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan), Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

5. Pantai Selong Belanak

via: wisatadilombok.com

Aduh, pantai di Lombok memang banyak yang indah dan yang satu ini juga nggak mau kalah. Pantai Selong Belanak memiliki pemandangan yang indah dan masih alami. Pasir pantai ini lembut banget dan dasar pantainya juga berpasir lembut, nggak kayak pantai-pantai lain yang biasanya berbatu karang.

Nah, untuk menikmati indahnya pantai ini, perjuangannya lumayan berat sih. Karena jalan menuju pantai ini naik turun dan berliku-liku, membuat kamu harus ekstra hati-hati.

Lokasi: Pantai Selong Belanak, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

6. Tanjung Bloam

via: dilombok.com

Tanjung Bloam  memang belum banyak dikenal oleh banyak wisatawan. Jalan menuju tempat ini masih belum beraspal. Selain itu, pemandangan gersang dan tandus di sepanjang perjalanan bikin orang negative thinking duluan sama keindahan tempat ini.


BACA JUGA: Yang ngaku suka traveling, jangan lewatkan 9 tempat wisata menarik di Madura ini…


Karena kamu sudah tahu kalau tempat ini bagus, jangan nyerah dulu sebelum sampai di sana, ya! Kalau nyerah, kamu bakal kecewa deh karena merelakan pemandangan apik pantai yang diapit tebing batu padas dengan pasir putih dan air laut yang birunya indah banget! Nah, rute ke Tanjung Bloam jika ditempuh dari Kota Mataram akan memakan waktu sekitar 2,5 jam.

Lokasi: Tanjung Bloam, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

7. Gunung Rinjani

via: trekkingrinjani.com

Buat kamu yang nggak suka ke pantai, bisa banget mendaki Gunung Rinjani. Gunung ini merupakan gunung favorit bagi pendaki Indonesia karena keindahan pemandangannya. Selain keindahan yang kamu dapatkan saat mencapai puncak, gunung dengan ketinggian 3.726 mdpl ini juga memiliki pemandangan Danau Segara Anak yang menawan. Pokoknya kamu wajib ke sini minimal sekali seumur hidup!

Lokasi: Taman Nasional Gunung Rinjani, Lombok Timur-Tengah-Barat, Nusa Tenggara Barat.

8. Rumah Adat Dusun Sade

via: Yukpiknik.com

Selain Gunung Rinjani, kamu yang bosan ke pantai juga bisa mengunjungi Dusun Sade yang merupakan dusun tradisional yang masih asli. Masyarakat yang menghuni dusun ini adalah penduduk dari Suku Sasak, komunitas yang masih memegang teguh adat tradisi Lombok hingga kini.


BACA JUGA: 10 tempat wisata keren yang cuma bisa kamu temui di Sulawesi Utara!


Kalau mengunjungi dusun ini, kamu bisa wisata keliling dusun melihat rumah adat yang khas, menikmati atraksi tarian tradisional, atau melihat-lihat kerajinan tenun. Oh ya, waktu kunjungan di dusun Sade dibatasi hanya sampai sore hari saja.

Lokasi: Rumah Adat Dusun Sade, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *