8 Alasan Kenapa UK Menjadi Destinasi Impian Wajib Untuk Para Millennial

51.808 views
Foto : express.co.uk

Tidak terasa kita sudah melewati beberapa bulan pertama di 2019. Bagaimana, sudah mulai kusut dengan keseharian karena belum sempat liburan seru sama sekali?

Yuk, segera rencanakan liburanmu! Apalagi sudah mendekati pertengahan tahun; momen yang pas buat ambil cuti biar bisa terbang ke destinasi wisata seru, seperti United Kingdom (UK), misalnya.

Baru-baru ini, London bahkan dinobatkan sebagai destinasi terbaik dunia tahun 2019 oleh Trip Advisor berdasarkan Travellers Choice Awards, lho. Penghargaan ini berdasarkan jutaan review dari orang-orang yang berbagi pengalaman mereka di restoran, hotel, atraksi wisata, dan lain-lain. Jadi tidak sabar ingin segera ke Inggris, ‘kan?

Berikut alasan-alasan menarik kenapa kamu harus merencanakan liburan kamu ke London dan kota-kota lainnya di Inggris.

1. Inggris adalah surga festival musik yang akan memanjakan selera musikmu. Buat pencinta musik, Creamfields dan British Summer Time bisa jadi opsi liburan seru.

Foto : British Summer Time Festival | Just Opened London

Menonton konser bisa jadi pilihan yang menyenangkan untuk mengisi waktu liburan, apalagi kalau berlibur bareng teman se-geng. Dan kalau mengunjungi UK di pertengahan tahun, kamu bisa datang ke festival-festival seru di Inggris seperti Creamfields dan British Summer Time.

Kalau kamu suka musik EDM, Creamfields adalah pilihan yang tepat karena festival ini mendatangkan DJ-DJ ternama dari berbagai belahan dunia. Festival musik EDM ini akan berlangsung pada 22-25 Agustus 2019 mendatang.

Nah, kalau pengin nonton konser dengan lineup band dan musisi kelas dunia yang genre-nya lebih beragam, kamu bisa datang ke British Summer Time yang berlangsung pada 12-14 Juli 2019 mendatang.

2. Mau menikmati festival seru lainnya? Kamu bisa datang ke festival seni terbesar di Inggris, yaitu Brighton Fringe. Atau, manjakan lidahmu di Taste of London Festival.

Foto : The Upcoming | Taste of London Festival

Ternyata tak hanya festival musik seru saja yang digelar sepanjang tahun. Festival seni pertunjukan seperti Brighton Fringe juga akan diselenggarakan pada 3 Mei—2 Juni 2019 mendatang. Brighton Fringe adalah festival seni pertunjukan terbesar di Inggris, lho.

Festival ini mengundang seniman lokal dan internasional untuk menunjukkan talenta mereka. Kamu bisa menikmati beragam pertunjukan seni menarik, mulai dari teater, musik, komedi, sirkus, hingga kabaret.

Selain itu, ada juga festival Taste of London yang dijamin bakal memanjakan lidah dan perut kamu. Festival yang diselenggarakan pada 19-23 Juni 2019 ini akan menyajikan makanan lezat dari 40 restoran terbaik di London dan menyelenggarakan demo masak bersama koki-koki terkenal.

3. Puas menikmati festival seru, saatnya eksplor kota-kota atau landmark terkenal di UK. Awali dari London, kemudian telusuri kota tua York dengan nuansa sejarah yang masih sangat kental.

london
Foto : VisitBritain

Ketika berlibur ke tempat baru, hal yang tak boleh dilewatkan adalah menelusuri setiap sudut kota dan melebur bersama masyarakatnya.

Terutama saat kamu mengunjungi London, yang terkenal dengan Big Ben, London Eye, dan Tower Bridge yang berdiri kokoh di atas Sungai Thames. Abadikan fotomu dengan latar belakang ketiga landmark Kota London tersebut, biar makin terasa sensasi liburan di UK-nya.

Setelah mengunjungi sudut yang “UK banget”, cobalah untuk mengeksplorasi lebih jauh kota-kota lainnya, seperti kota tua York, misalnya. Kapan lagi bisa menikmati keindahan kota yang berumur lebih dari 1.900 tahun?

Liburan ke kota tua York membuatmu seolah kembali ke masa lalu, tapi dengan  nuansa masa kini. Ah, sebuah pengalaman epic yang tak boleh dilewatkan!

4. Liburan on budget di UK? Jangan khawatir serunya bakal berkurang karena banyak banget museum atau taman kota yang Instagramable.

Foto : British Museum | Civitatis

Tak perlu khawatir jika berlibur ke UK dengan budget pas-pasan. Kamu bisa museum-hopping alias berkeliling museum yang ada di UK. Takut bosan? Hoho, jangan salah!

Museum-museum di UK terlalu spektakuler dan instagramable untuk dilewatkan. Serunya lagi, banyak museum yang tidak memungut biaya masuk sama sekali. Mantap enggak, tuh? Beberapa museum seru yang bisa kamu kunjungi adalah Natural History Museum, National Gallery, Science Museum, dan British Museum.

Selain berkeliling museum, cobalah untuk mendatangi taman-taman cantik seperti Hyde Park, Hampstead Heath, Kensington Gardens di London, atau Heaton Park di Manchester.

5. Buat liburanmu di UK makin epic dengan mengunjungi situs bersejarah yang dinobatkan sebagai warisan dunia UNESCO, Stonehenge.

Foto : Stonehenge | GetYourGuide

Bucket list teratas kalau ke UK! Warisan budaya kebanggaan Inggris ini merupakan monumen batu yang diperkirakan didirikan pada 3.000-2.000 SM.

Meski kelihatannya hanya sebuah monumen batu, banyak aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan di sini. Kamu bisa berkeliling monumen Stonehenge sambil mendengarkan audio guide yang menjelaskan tentang sejarah Stonehenge.

Oh ya, jangan lupa mengabadikan keindahan Stonehenge yang berdiri kokoh di atas hamparan rumput hijau sebagai kenang-kenangan, ya.

6. Suka liburan di alam terbuka? Datanglah ke Lake District National Park, Jurassic Coast, atau Scottish Highlands untuk menyaksikan pemandangan yang memanjakan mata.

Foto : Ramada Encore (Bournemouth) | Jurassic Coast

Wisata alam di UK juga tidak kalah menarik. Jangan khawatir dengan biaya tiket masuknya, karena ada 15 taman nasional di UK yang bisa dikunjungi secara gratis. Soal pemandangannya sih dijamin memuaskan hasrat petualangmu.

Nah, salah satu taman nasional yang bisa jadi tujuan saat liburan di UK adalah Lake District National Park yang terkenal dengan lanskap alam berupa lembah, batu granit, dan 16 danau indah. Kemudian ada Jurassic Coast yang di sepanjang pantainya bisa ditemukan ribuan fosil hewan dan tumbuhan yang masih terawat dengan baik.

Dan, satu lagi yang tak boleh dilewatkan adalah Scottish Highlands atau Dataran Tinggi Skotlandia yang menawarkan pemandangan alam magis berupa pegunungan dengan puncak berbatu, padang rumput, danau, dan kastil.

7. Liburan di UK kurang lengkap jika tidak mencicipi street food-nya. Temukan kuliner murah meriah di Borough Market, Maltby Street Market, dan Greenwich Market.

Foto : Borough Market | XYUandBEYOND

Puas mengeksplorasi destinasi wisata seru yang ada di UK, kini saatnya mengisi perut dengan aneka kuliner murah meriah yang dijajakan di kafe-kafe tradisional, street food yang dijual di food truck, atau mengunjungi pasar-pasar tradisional.

Beberapa ‘pasar makanan’ terbaik di UK untuk wisata kuliner antara lain Borough Market yang merupakan surganya street food, Maltby Street Market yang buka tiap akhir pekan dan menjual makanan dengan harga terjangkau, serta Greenwich Market yang menjadi surga untuk pencinta kuliner.

8. Last but not least, tutup acara jalan-jalanmu di UK dengan ikut tur istana-istana terkenal di Inggris.

Foto : Istana Buckingham | Voaindonesia

Jangan ngaku pernah ke UK kalau belum ikut tur ke istana-istana kerajaan Inggris! Kedengarannya sih mainstream, tapi tur istana bisa menjadi salah satu pengalaman tak terlupakan. Masa iya kamu tidak penasaran dengan tempat tinggal Ratu Elizabeth II dan keluarganya?

Kamu bisa turut merasakan kehidupan keluarga kerajaan Inggris sehari-harinya dengan ikut tur ke Istana Buckingham. Kediaman resmi Ratu Inggris ini biasanya dibuka untuk umum pada bulan Agustus sampai September.

Selain mengintip kemegahan Istana Buckingham, kamu bisa menyaksikan secara langsung upacara pergantian penjaga istana yang dimulai pada pukul 11.30 di hari-hari yang dijadwalkan.

Bagaimana? Banyak sekali kan aktivitas menyenangkan dan pengalaman tak terduga yang menantimu di UK? Rasanya sih tidak ada alasan untuk tidak pergi ke UK tahun ini.

#AyoKeUK biar tahun 2019-mu makin menakjubkan. Kalau kamu mau mencari festival-festival lainnya di UK, kamu bisa cek website ini. Dan agar lebih mudah merencanakan liburan ke UK, kamu bisa cek harga tiket pesawat dan hotel di Wego untuk mendapatkan harga terbaik. Selamat liburan!