7 wisata alam di Solo ini bikin kamu susah nolak untuk piknik kesana! Yuk capcus!

Solo atau Surakarta adalah daerah yang identik dengan batik dan keratonnya. Tapi tahu enggak, selain wisata batik dan budayanya, daerah Solo dan eks-Karesidenan Surakarta ternyata memiliki destinasi wisata alam yang indah dan tak kalah menarik, lho!

Memang sih beberapa destinasi wisata alam tersebut tidak berada tepat di jantung Kota Solo. Tapi buat kamu yang lagi liburan ke Solo dan sudah bosan jalan-jalan di sekitar kota (atau sudah bosan mengunjungi tempat yang itu-itu saja), 7 destinasi wisata alam ini bisa dijadikan rekomendasi untuk perjalanan kamu selanjutnya.


BACA JUGA :


1. Agrowisata Lembah Hijau Jaten

via: jalansolo.com

Kita awali perjalanan dengan menyegarkan mata, menikmati hijaunya alam di kawasan Agrowisata Lembah Hijau Jaten. Eits tenang, di sini Kawan Muda enggak hanya melulu melihat pemandangan hijau saja, kok. Karena di tempat ini banyak sekali fasilitas dan kegiatan yang ditawarkan pada pengunjung.

Seperti belajar menanam berbagai jenis pohon dan tanaman, merawat tanaman dengan memberinya pupuk, belajar membuat pupuk organik, dan belajar beternak serta memerah susu sapi. Yuhuu, seru kan? Tempat wisata ini buka setiap hari dari pukul 08.00 – 17.00.

Lokasi: Desa Joho, Triyagan, Kab. Sukoharjo.

2. Air Terjun Jumog

via: danisetiawanku.com

Air terjun ini dijuluki “The Lost Paradise” oleh penduduk setempat karena keindahannya yang sekian lama tertutup semak belukar. Setelah semak belukar tersebut dibabat, ternyata ada air terjun indah setinggi 30 meter. Nah, pemandangan di sekitar air terjun ini masih segar dan hijau, lho, Kawan Muda.

Berlibur ke sini, kamu juga akan dimanjakan suara kicauan burung dan kalau beruntung kamu bahkan bisa melihat pelangi. Kalau soal fasilitas tidak perlu khawatir. karena di dekat air terjun sudah ada arena permainan anak, gazebo untuk istirahat, kolam renang, dan rumah makan. Kawasan ini buka setiap hari dari pukul 07.00 – 17.00.

Lokasi: Desa Berjo, Ngargoyoso, Kab. Karanganyar.

3. Air Terjun Segoro Gunung

via: notobudiyanto.blogspot.co.id

Masih wisata air, kali ini kita akan mengintip keindahan Air Terjun Segoro Gunung. Di sini kamu bisa merasakan betapa indahnya pemandangan alam dengan suasana hijau dan jernihnya air terjun yang turun di sekitar Gunung Lawu.

Biasanya air terjun ini dikunjungi oleh para siswa yang melakukan kegiatan pramuka dan mahasiswa pecinta alam. Selain berwisata air terjun, Kawan Muda juga bisa menikmati objek wisata lain yang ada di dekat sekitar situ seperti kebun stroberi, kebuh teh, dan lain-lain. Tempat wisata ini buka setiap hari dari pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Lokasi: Desa Segoro Gunung, Ngargoyoso, Kab. Karanganyar.

4. Air Terjun Parang Ijo

via: jalansolo.com

Tak disangka, Solo ternyata punya banyak air terjun yang indah-indah. Setelah Jumog dan Segoro Gunung, sekarang kita melipir ke Air Terjun Parang Ijo. Air Terjun Parang Ijo juga terletak di Lereng Gunung Lawu dan memiliki ketinggian sekitar 50 meter.

Berbagai macam aktivitas bisa kamu lakukan di air terjun ini seperti menikmati air terjun dari dekat atau dari gardu pandang, berenang, dan adu nyali dengan bermain flying fox.Oh ya, Air Terjun Parang Ijo juga dekat dengan destinasi wisata lain seperti Candi Sukuh dan Candi Cetho. Jadi kamu bisa melipir ke sana setelah puas bermain air, hehe.

Lokasi: Desa Girimulyo, Ngargoyoso, Kab. Karanganyar.

5. Waduk Cengklik

via: lensasemutireng.com

Yang membuat waduk ini spektakuler adalah Gunung Merapi dan Merbabu yang menjadi latar belakangnya, sehingga banyak fotografer yang berburu foto keren di sini. Sehari-harinya waduk ini dimanfaatkan warga sekitar untuk perairan dan memelihara ikan. Oh ya, waduk dengan pemandangan indah ini letaknya enggak jauh kok dari Bandara Adi Sumarmo, hanya sekitar 1,5 km.

Lokasi: Desa Ngargorejo, Ngemplak, Kab. Boyolali.

6. Waduk Gajah Mungkur 

via: suaramerdeka.com

Kawan Muda pasti sudah familiar, dong, dengan nama waduk yang sering dibahas saat pelajaran IPS ini. Waduk Gajah Mungkur ternyata tidak hanya dimanfaatkan untuk irigasi sawah pertanian, perikanan, sumber energi dan PLTA saja, tetapi juga sebagai obyek wisata air. Ya, kamu bisa menikmati pemandangan waduk ini dengan menggunakan perahu yang disewakan di sana. Whoa, seru banget ya!!!

Lokasi: Taman Rekreasi Sendang Asri Waduk Gajah Mungkur, Kab. Wonogiri.

7. Taman Air Tlatar

via: blog.maslarto.web.id

Destinasi wisata alam terakhir adalah Taman Air Tlatar. Di objek wisata yang telah dibangun sejak tahun 1997 ini kamu bisa melakukan berbagai macam aktivitas seperti berenang, berkemah, memelihara ikan, menjelajah alam, dan masih banyak kegiatan seru lainnya. Yang bikin tempat ini seru adalah konsep wisata yang dibuat menyatu dengan alam.

Lokasi: Desa Gombol-Tlatar-Kebonbimo, Boyolali, Kab.  Boyolali.


BACA JUGA : Malang Raya benar-benar surga wisata. Sudah pernah main ke 8 pemandian alam ini?


Nah itu tadi 7 destinasi wisata alam yang ada di sekitar Solo. Gimana, keren-keren kan pemandangannya?! Buat Kawan Muda yang berencana ke Solo, jangan sampai lupa mengunjungi tempat-tempat seru di atas, ya.

Oh ya, kalau ada destinasi wisata alam lain yang belum Kita Muda sebutkan, Kawan Muda boleh, kok, menambahkannya di kolom komentar 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *