7 pulau cantik di Kepulauan Seribu ini bisa jadi tempat pelarian dan spot menyepi dari kebisingan ibu kota.

4.106 views
via: thecoraltriangle.com

Bagi sebagian besar orang, Jakarta adalah kota impian. Ya, di kota yang serba ada, serba lengkap, dan enggak pernah tidur ini apa sih yang enggak bisa Kawan Muda dapatkan?!

Hemm….Kita Muda tahu, kok, jawabannya. 

Kawan Muda yang tinggal atau bekerja di Jakarta pasti bingung, kan, kalau liburan mau kemana?! Karena apa sih yang ada di Jakarta, mal yang jumlahnya puluhan atau bahkan ratusan itu? Masa iya sih liburan main ke mal terus, bosan ah.


BACA JUGA :


Eits…eits…tunggu dulu. Kawan Muda bisa kok main-main ke museum yang ada di Jakarta. Atau, buat yang pengin kabur sejenak lihat yang segar-segar dan biru-biru, kamu bisa liburan ke beberapa pulau cantik yang ada di Kepulauan Seribu.

Selain letaknya enggak jauh, sekitar 45 km di utara ibu kota Jakarta, pantai-pantai di pulau-pulau kecil yang tersebar di Kepulauan Seribu enggak kalah keren, kok, sama yang ada di Bali. Enggak percaya? Yuk, kita lihat satu per satu!

1. Pulau Harapan

via: masuriwisatatidung.com

Kita mulai dengan mengulik keindahan di Pulau Harapan. Pulau yang satu ini terkenal akan keindahan terumbu karangnya. Buat yang suka diving atau snorkeling, kamu bisa nih eksplor keindahan alam bawah laut pulau ini.

Selain menikmati keindahan laut, Kawan Muda juga bisa menemukan penangkaran elang dodol di sini. Seru banget, kan? Untuk menikmati keindahan Pulau Harapan, kamu hanya perlu menempuh perjalanan kurang lebih 3 jam saja dari pelabuhan Muara Angke. Kalau ingin menginap di sana, sudah ada homestay dengan fasilitas yang lumayan, kok.

2. Pulau Pari

via: perluini.com

Pulau yang terletak tidak jauh dari Pulau Tidung ini memiliki pantai yang sangat bersih dan terawat dengan baik. Oh ya, pulau ini menjadi lokasi penelitian biota laut oleh LIPI serta terdapat pusat budidaya rumput laut juga.

Kegiatan seru yang bisa kamu lakukan di pulau ini antara lain snorkeling atau diving menikmati keindahan surga bawah laut Pulau Pari, menyaksikan sunrise dan sunset yang ciamik, atau bersepeda santai di sekitar pantai. Uwoo…asyik banget!

3. Pulau Bidadari

via: indonesiawow.com

Sesuai dengan namanya, pulau ini benar-benar cantik bak bidadari kahyangan, hehe. Dari sini kamu bisa menikmati keindahan pulau sekaligus melihat gedung-gedung tinggi Jakarta yang tampak seperti miniatur kota. Ya, letaknya memang tidak begitu jauh dari daratan Jakarta, sekitar 15 km saja.

Selain pemandanganya yang indah, Pulau Bidadari ternyata menyimpan banyak cerita sejarah. Konon, pulau ini sering dijadikan tempat liburan Pangeran Jayakarta dan para petinggi kerajaan. Kamu juga akan menemukan benteng pertahanan yang berdiri kokoh di pulau ini. Hemm…paket wisata lengkap, ya!


BACA JUGA :


4. Pulau Macan

via: thecoraltriangle.com

Tenang-tenang, pulau ini bukan sarang macan, kok, hehe. Pulau yang bisa dicapai selama 1,5 jam perjalanan dengan speed boat ini dijamin enggak seseram namanya. Malahan Kawan Muda akan terlena dengan kecantikan dan keindahannya.

Pasir pantainya yang putih dan lembut serta air lautnya yang jernih, bakal bikin kamu lupa daratan deh, hehe. Kamu enggak akan menyangka kalau kamu masih ada di Jakarta. Soalnya pemandangannya mirip pantai-pantai di Lombok sih! Kebayang, kan, bagaimana keindahannya?!?!

5. Pulau Kotok

via: simplyindonesia.wordpress.com

Pulau lain yang bisa jadi tempat pelarianmu adalah Pulau Kotok. Meskipun di pulau ini belum ada fasilitas water sport seperti jet ski, banana boat, atau wahana permainan lainnya, kehidupan biota laut di sini masih terjaga sehingga pemandangannya masih indah dan alami.

Vegetasi di pulau ini juga masih terjaga dan belum terjamah tangan jahil manusia. Oh ya, Pulau Kotok termasuk pulau yang enggak berpenghuni. Cocok banget kan buat kamu yang pengin menyepi dan cari ketenangan?

6. Pulau Bira

via: anythingjakarta.com

Salah satu pulau yang  “tersembunyi” di Kepulauan Seribu ini memiliki pemandangan yang luar biasa eksotis dan enaknya lagi belum banyak dikunjungi wisatawan. Walaupun jaraknya cukup jauh dari daratan utama Jakarta, keindahan pantainya itu, lho, enggak boleh terlewatkan. Berkunjung ke pulau ini dijamin deh kamu bakal malas buat balik ke pusat kota lagi, hehe.

Nah, untuk menuju pulau cantik yang satu ini, Kawan Muda harus naik kapal dulu dari Muara Angke dengan lama perjalanan sekitar 3—4 jam dan kamu harus transit dulu di Pulau Pramuka. Ah, enggak masalah jauh yang penting bisa cuci mata, setuju enggak?


BACA JUGA : Suntuk dan butuh liburan? Yuk, kabur sejenak sambil menyelami keindahan alam Makassar…


7. Pulau Putri

via: raja-wisata.com

Pulau ini menjadi salah satu destinasi favorit di Kepulauan Seribu. Ya, meskipun jaraknya cukup jauh dari daratan Jakarta, pulau ini enggak pernah sepi pengunjung, lho! Oh ya, Pulau Putri juga punya akuarium bawah laut (terowongan bawah laut sepanjang 100 meter).

Jadi kamu bisa menikmati terumbu karang yang eksotis dan ikan-ikan cantik dengan jalan-jalan cantik melintasi akuarium ini. Waduh, ini sih pecah banget alias seru abis! Yuk lah, agendakan ke pulau ini.

***

Gimana Kawan Muda, enggak perlu jauh-jauh terbang ke Bali atau Lombok kan buat wisata cantik di akhir pekan? Buat kamu yang bekerja atau tinggal di Jakarta, buruan masukin 7 pulau di atas dalam bucket list liburanmu 🙂