7 Alasan Kenapa Orang Jakarta Suka Main ke Bandung

1.516 views
Wisata Bandung
Foto : Job-like.com

Orang Jakarta mainnya ke Bandung. Ini sudah menjadi hal yang lumrah seperti Orang Surabaya mainnya ke Malang. Kenapa ya mereka–atau mungkin kamu suka begitu? Dari hipotesis Kita Muda sih selain karena jarak yang dekat, pesan tiket bus Bandung Jakarta sekarang juga gampang banget via online. Tul gak?

Bahkan sampai ada nih yang punya rumah di Jakarta dan rumah di Bandung. Ada juga orang Jakarta yang sengaja berdomisili di Bandung padahal kantornya di Jakarta. Mereka sama sekali nggak keberatan untuk tiap hari PP Jakarta-Bandung. Apakah kamu termasuk salah satunya?

Buat yang belum tahu, berikut 6 alasan sotoy kenapa orang Jakarta suka main ke Bandung.

1. Ingin menghirup udara sejuk

Lembang Bandung | Hipwee.com

Sudah bukan rahasia kalau polusi Jakarta begitu pekatnya. Polusi Jakarta salah satunya dipicu oleh asap kendaraan bermotor yang begitu banyaknya. Selain polusi yang ‘kurang ajar’, Jakarta juga berada di kawasan dataran rendah sehingga memiliki udara yang cenderung panas.

Kebanyakan orang Jakarta adalah pekerja yang seringkali penat akan pekerjaan. Oleh karena itu, orang Jakarta suka main ke Bandung karena ingin menghirup udara sejuk. Udara yang masih segar dan membuat pikiran dingin. 

2. Incip-incip wisata kuliner

Kuliner Bandung
Kuliner Bandung | Tokopedia.com

Bandung kaya akan wisata kuliner. Hm, Jakarta sebenarnya juga sama sih. Jakarta punya kerak telor, soto betawi, ketoprak, sayur babanci, dan ayam sampyok. Namun nggak dipungkiri kalau kebosanan itu kadang melanda. Orang Jakarta kantoran hobi pesan makanan resto via ojek online.

Nah ke Bandung adalah solusi. Bandung punya aneka ragam kuliner dengan rasa yang juara. Siomay, batagor, seblak, bageur, lotek, cuanki, peuyeum, colenak, cireng, karedok, ambokueh, bala-bala, gehu, combro, misro, gurandil, bubur candil, bandros, kolontong, nasi timbel, uluketek leunca, dan lain-lain. Wow, ramai ya!

3. Liburan ke alam bebas

Maribaya Lembang
Maribaya Lembang | 99.co

Tempat wisata di Bandung pastinya lebih banyak pilihan dibanding Jakarta. Bandung punya banyak destinasi wisata baik yang alam bebas, tempat liburan indoor, maupun taman-taman kota. Ada juga lho yang ke Bandung cuma ingin jalan-jalan sambil hunting foto di area Museum Konferensi Asia Afrika.

Destinasi wisata Bandung boleh dibilang cukup lengkap nih. Ada kawah putih, tangkuban perahu, Jalan Braga, Trans Studio Bandung, Dago Dreampark, Bandung Zoo, De Ranch, Curug Dago, dan masih banyak lagi.

4. Belanja 

Floating Market Lembang
Floating Market Lembang | Fannyahs.com

Dijuluki sebagai Paris van Java, Kota Bandung jelas menjadi destinasi wisata karena surga fashion ada di sana. Mau belanja di distro, factory outlet, hingga pasar pun barang-barang di Bandung tuh oke punya.

Meskipun di Jakarta ada Tanah Abang, tapi belanja di Bandung itu beda rasanya. Di Bandung, kamu bisa menemukan barang-barang branded dengan harga miring. What a stunning Bandung!

5. Nonton konser band indie

Konser Band
Konser Band | Bandung-Merdeka.com

Alasan ini biasanya dimiliki oleh muda-mudi gaul Jakarta. FYI, Bandung banyak menyumbang musisi-musisi terbaik tanah air lho. Masih ingat band Peterpan? Konon katanya nama Peterpan adalah akronim dari “perempatan Antapani”, hm antara masuk akal dan ngawur beda tipis ya.

Well, band indie terbaik Bandung juga banyak banget. Sebut saja The Sigit, Polyester Embassy, Mocca, Pure Saturday,Burgerkill, dan Bottlesmoker. Mereka ini sering bikin konser tunggal di Bandung yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta musik asal Jakarta.

6. Investasi hunian

Bandung
Bandung | Beritagar.id

Gara-gara jaraknya yang dekat dengan Jakarta apalagi sudah ada tol dalam kota, Bandung menjadi salah satu kawasan empuk untuk investasi hunian. Ini adalah alasan bagi orang Jakarta yang ke Bandungnya untuk kepentingan bisnis ya, bukan sekedar main-main.

Apalagi Bandung punya tata kota yang indah. Selain Bogor, Tangerang, Depok, dan Bekasi, Bandung sangat cocok untuk bisnis hunian. Bisa dengan memiliki villa, rumah dikontrakkan, kos-kosan, atau apartemen.

7. Berharap ketemu jodoh

Alun Alun Bandung
Alun Alun Bandung | Antaranews.com

Mojang Bandung teh geulis-geulis euy! That’s why, salah satu alasan orang Jakarta main ke Bandung adalah berharap ketemu jodoh. Ini orang Jakarta yang spesifik ya. Mungkin temanmu. Atau mungkin juga kamu sendiri‒para jomblowan Jakarta yang berbahagia namun kurang asupan kasih sayang. Ups! Maaf keceplosan 🙁

Kalau menurut kamu, apa sih yang membuat orang Jakarta suka ke Bandung?