6 Destinasi Asia Rasa Eropa di Macao, Banyak Spot Instagramable!

18.085 views
Macao Cathedral
Macao Cathedral | Foto : MGTO

Liburan di dua benua sekaligus dalam satu waktu? Memangnya bisa? Hoho, Kawan Muda sepertinya harus mulai melirik Macao sebagai destinasi berlibur selanjutnya. Ya, Macao merupakan kota yang kaya akan warisan budaya.

Uniknya, warisan budaya Macao memadukan tradisi Asia dengan warisan budaya Portugis sehingga banyak arsitektur kota, seni, tradisi, hingga makanan yang mencerminkan perpaduan epic antara kedua budaya tersebut.

Nah, perpaduan budaya Timur dan Barat yang begitu harmonis itulah yang akan membuat liburanmu di Macao semakin berkesan. Kapan lagi kan bisa liburan di Negara Asia, yang lokasinya juga masih dekat dengan Indonesia, tapi membuatmu seolah-olah menginjakkan kaki di benua Eropa karena kemiripan aristektur dan suasananya.

Buat Kawan Muda yang penasaran dan tertarik untuk mengeksplor destinasi Asia rasa Eropa di Macao, Kita Muda bersama Wego dan Macao Government Tourism Office (MGTO) telah merangkum beberapa di antaranya untukmu. Apa saja?

1. Awali petualangan Asia rasa Eropa di Macao dengan menjelajahi kompleks St. Augustine’s Square

Macao St Augustine Church
Macao St Augustine Church | Foto : MGTO

St. Augustine’s Square merupakan kompleks alun-alun yang di sekitarnya terdapat beberapa destinasi wisata sejarah dan budaya yang bisa kamu kunjungi. Letak destinasi tersebut sangat berdekatan dan bisa kamu jelajahi hanya dengan berjalan kaki.

Destinasi pertama yang bisa kamu eksplor adalah Gereja St. Agustine yang pertama kali dibangun pada tahun 1591. Gereja ini masih berdiri kokoh dan bangunannya tetap eksotis. Nuansa Portugis pun terasa begitu kental di sini.

Dari Gereja St. Augustine kamu bisa berjalan kaki menuju Teater Dom Pedro V, sebuah teater dengan desain neoklasik dan menjadi salah satu landmark penting Macao. Di dalam teater ini terdapat ruang pesta, perpustakaan, ruang bilyar, dan restoran yang dibuka untuk umum.

Selanjutnya kamu bisa melipir ke Perpustakaan Sir Robert Ho Tung. Perpustakaan bergaya Eropa ini dulunya adalah sebuah mansion yang kemudian disumbangkan ke pemerintah dan kini menjadi perpustakaan terbesar di Macao.

Terakhir, kamu bisa mengunjungi St. Joseph’s Seminary and Church, bangunan gereja dan seminari yang dibangun sejak abad ke-18 ini merupakan markas para seminari yang ditugaskan di Cina dan sekitarnya. Gereja dan seminari ini menyimpan relik religi paling berharga.

2. Setelah itu, mari mengintip keindahan bangunan Gereja Katedral Macao yang menjadi salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO

Macao Cathedral
Macao Cathedral | Foto : MGTO

Katedral ini dibangun pada tahun 1622 dan saat ini terdaftar sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO di Macao. Sebelum semegah sekarang, gereja ini dulunya hanya sebuah kapel kecil yang dibangun dari campuran tanah dan jerami. Barulah pada tahun 1850-an bangunan gereja ini dibangun kembali.

Ciri khas dari bangunan Cathedral di Macao adalah penggunaan pilaster yang khas, mengingatkan kita pada bangunan-bangunan kuno di jalanan Eropa. Foto dengan latar belakang Gereja Cathedral akan membuatmu seolah berada di Eropa sungguhan.

3. Kemudian ada St. Dominic’s Church yang memiliki bangunan unik dan klasik. Salah satu gereja di Macao yang tak biasa, karena bangunannya menyerupai kastil atau rumah megah!

St Dominique Church
St Dominique Church | Foto : MGTO

Gereja yang didirikan pada tahun 1587 ini tak hanya menjadi wadah untuk kegiatan rohani saja, St. Dominic’s Church juga sering menggelar acara kesenian dan menjadi salah satu gereja yang aktif di Macao.

Bangunan gereja ini terbilang unik, karena bagian depannya tak seperti bagunan gereja pada umumnya. Ya, bangunan Gereja St. Dominic’s Church tampak seperti kastil atau bangunan rumah yang megah. Apalagi perpaduan warna kuning, hijau, dan putih yang membuat gereja ini terlihat cantik dan unik jika dilihat dari kejauhan.

Oh ya, di belakang gereja ini terdapat menara lonceng yang telah dimodifikasi menjadi Museum of Sacred Art, museum kecil yang memamerkan koleksi sekitar 300 artefak.

4. Setelah menikmati bangunan gereja bergaya Eropa, sekarang saatnya menjelajah benteng Guia Fortress yang terletak di atas bukit.

Guia Chapel
Guia Chapel | Foto : MGTO

Benteng Guia— termasuk di dalamnya terdapat Kapel Guia dan sebuah mercusuar yang telah berdiri selama lebih dari 140 tahun—adalah lambang masa lalu kelautan, militer, dan misionari Macao.

Ketiga destinasi wisata ini terdapat di puncak Bukit Guia dan dari sini kamu bisa menikmati pemandangan semenanjung Macao yang begitu spektakuler.

Selain keindahan alamnya yang membius, kompleks Benteng Guia juga menawarkan jejak sejarah dan budaya yang begitu kental. Melalui mural yang terdapat di Kapel Guia, kamu bisa menyelamai sejarah multikultural Macao.

5. Masih wisata benteng di atas bukit, kali ini kita akan berkunjung ke Mount Fortress. Pemandangan pusat Kota Macao terlihat epic banget dari benteng ini!

Mouant Fortress Macao
Mouant Fortress Macao | Foto : george photo cm / Shutterstock.com

Mount Fortress menjadi salah satu benteng pertahanan Macao di masa lalu. Destinasi wisata yang berada di puncak Semenanjung Macao ini tak hanya menampilkan kemegahan benteng bergaya Eropa saja, di sekitar bangunan benteng terdapat area taman yang unik dan indah.

Oh ya, dari Mount Fortress kamu bisa menikmati pemandangan pusat Kota Macao dari ketinggian dan lanskap semenanjung yang indah. Nah, setelah puas berjalan-jalan di sekitar benteng, jangan lupa mampir ke Museum Macao yang masih berada di dalam area benteng untuk melihat sejarah Macao sekaligus berburu cinderamata di Museum Shop.

6. Masih kurang puas wisata ala Eropa di Macao? Casa Garden akan menjadi penutup petualanganmu yang spektakuler 😉

Casa Garden Macao
Casa Garden Macao | Foto : psgxxx / Shutterstock.com

Casa Garden yang dibangun pada tahun 1770 awalnya merupakan rumah seorang pedagang kaya asal Portugis, Manuel Pereira. Saat ini Casa Garden dikelola oleh lembaga swasta yang bergerak di bidang masyarakat dan budaya lokal serta regional, dan diubah menjadi destinasi wisata dengan nuansa Eropa yang sangat kental.

Kawasan Casa Garden ini berisi rumah tua bernuansa art deco, kuburan tua, dan sebuah galeri seni. Di depan rumah terdapat taman dengan kolam kecil dan beberapa patung, yang semakin menambah kesan klasik pada bangunan di sekitarnya.

Bagaimana? Setelah melihat ulasan destinasi wisata Asia rasa Eropa di atas, Kawan Muda jadi tertarik buat liburan ke Macao, kan? Buruan, deh, buat rencana liburanmu ke Macao dari sekarang biar enggak jadi wacana doang.

Biar enggak ribet nyari tiket pesawat atau hotel murah, kamu bisa menggunakan layanan dari Wego biar dapat penawaran harga terbaik. Lumayan, kan, kalau dapat hotel dan tiket pesawat murah buat liburan di pertengahan atau akhir tahun ini 😉