5 Tempat Liburan Antimainstream di Bandung yang Wajib Dikunjungi

Bandung jadi salah satu destinasi favorit warga ibu kota untuk melepas penat dari rutinitas sehari-hari. Selain udaranya yang segar, Bandung juga menyajikan banyak tempat wisata yang bakal bikin feed Instagram kamu terlihat kekinian.

367 views
Tempat wisata di Bandung

Bandung enggak cuma terkenal karena banyaknya factory outlet dan aneka makanan khas yang bisa bikin lidah bergoyang. Lebih dari itu, Kota Kembang ini juga menawarkan banyak tempat wisata seru yang sayang untuk dilewatkan.

Menariknya lagi, karena lokasinya yang dekat dengan Jakarta, Bandung bisa dijamah dengan beragam moda transportasi yang ada, mulai dari kendaraan pribadi, kereta, hingga bus. Nah, buat yang ingin ‘kabur’ sejenak dari rutinitas sehari-hari tapi malas bawa kendaraan pribadi ke Bandung, kamu bisa membeli tiket bus primajasa di sini.

Apakah kamu sedang berencana berlibur ke Bandung? Berikut rekomendasi tempat liburan antimainstream di Bandung yang wajib dikunjungi. Apa saja? Berikut ulasannya.

1. Gua Pawon

Destinasi liburan antimainstream di Bandung yang wajib dikunjungi pertama adalah Gua Pawon. Salah satu destinasi wisata Geopark yang terletak di daerah Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, ini merupakan sebuah situs purbakala karena pernah ditemukan kerangka manusia di dalamnya.

Undakan tangga batu dan suara cicitan kelelawar akan menyambut kamu saat berada di muka Gua Pawon. Seketika, romantisme zaman prasejarah langsung menyelimuti benak kamu saat ada di sini. Di dalam gua, kamu akan disambut dengan pilar batu paduan stalaktit dan stalagmit sepanjang belasan meter yang akan menyuguhkan pemandangan menakjubkan.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Gua Pawon adalah saat pagi atau menjelang petang, karena kamu bisa menikmati panorama karst Citatah yang indah. Tertarik untuk mengunjunginya? Kamu perlu menyiapkan kocek sebesar Rp10 ribu untuk tiket masuknya.

2. Stone Garden

Setelah puas foto-foto dan menikmati indahnya pemandangan Gua Pawon, kamu bisa mengunjungi Stone Garden. Pasalnya, tempat wisata ini berada pada bukit yang sama. Gua Pawon berada di bagian bawah bukit, sedangkan Stone Garden ada di puncak. 

Sesuai namanya, Stone Garden merupakan daerah wisata yang berisi banyak batu-batu dan di antaranya terlihat seperti batu yang terstruktur. Tempat ini menawarkan banyak spot foto yang Instagramable. Saking banyaknya, kamu mungkin bakal bingung untuk memilih spot foto selfie karena banyaknya tempat yang indah.

Situs purbakala ini bisa dicapai menggunakan kendaraan roda 2 dan roda 4. beberapa rute yang bisa dilewati adalah dari arah Cimahi atau Bandung.

3. Curug Malela

Ingin berwisata ke air terjun Niagara, tapi enggak pernah kesampaian? Santai, kamu bisa pergi ke Curug Malela yang terletak di daerah dekat Waduk Saguling. Destinasi wisata yang satu ini punya lebar yang luas sehingga dijululuki Niagara mini di Jawa Barat.

Curug Malela termasuk salah satu tempat wisata alam di Bandung yang jarang dikunjungi wisatawan. Sebab, untuk mencapai Curug Malela dibutuhkan tenaga dan kesabaran ekstra karena medannya yang penuh tantangan. Meski begitu, semua hal itu bakal terbayar dengan keindahan Curug Malela yang memanjakan mata.

4. Bukit Teletubies

Ingin cuci mata dengan pemandangan yang lanskap yang keren? Kamu bisa mempertimbangkan Bukit Teletubies sebagai salah satu destinasi wisata kamu di akhir bulan ini. Terletak di Cicalengka, Bukit Teletubies menawarkan pemandangan gugusan perbukitan yang cantik seperti tempat bermain Tinky Winky, Dypsi, Lala, dan Po. Menariknya lagi, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk bisa menikmati pemandangannya, alias gratis.

Dijamin, dengan datang ke tempat ini kamu enggak cuma mendapatkan pemandangan yang memanjakan mata, tapi juga foto Instagramable untuk diunggah di akun media sosial. Tertarik?

5. Gunung Hawu

Rekomendasi tempat wisata terakhir yang antimainstream di Bandung adalah Gunung Hawu. Tempat ini cocok banget buat kamu yang gemar memacu adrenalin. Keunikan dari Gunung Hawu adalah banyaknya lengkungan alami yang kerap disamakan dengan lengkungan alam seperti Natural Bridge di Virginia, Amerika Serikat.

Ada banyak hal seru yang bisa kamu lakukan di tempat ini selain nyari foto-foto lucu. Jika datang menjelang subuh, kamu bisa menikmati suasana sunrise yang keren banget. Setelahnya, kamu bisa memanjat tebing yang ada di sekitarnya.

Masih butuh sesuatu yang lebih ekstrem dan menantang? Santai. Kamu bisa menyebrangi dua tebing dengan tali atau memilih menikmati suasana Gunung Hawu sambil hammock-an.