Tinggal atau mengadu nasib di kota besar seperti Jakarta memang ada plus minusnya. Enaknya ya fasilitas dan transportasi di ibu kota sudah memadai dibanding kota-kota lainnya. Hidup di ibu kota juga terasa lebih mudah meski memang banyak tantangannya. Salah satu tantangannya adalah mencari destinasi wisata di Jakarta yang nyaman dan tenang buat lari dari keramaian atau sumpeknya ibu kota.

Well, memang sih Kawan Muda bisa menyeberang ke Kepulauan Seribu kalau pengin lihat pemandangan yang segar-segar atau mungkin ke Bandung seperti layaknya warga ibu kota lainnya. Namun kalau bukan saat liburan, enggak mungkin juga kan pergi jauh-jauh? Bisa bangkrut juga sih kalau tiap minggu harus bolak-balik ke sana!

Eits, tapi kamu enggak perlu khawatir karena Kita Muda bakal kasih tahu nih tempat-tempat asyik di ibu kota yang bisa kamu jadikan tempat pelarian di kala penat dan butuh liburan. Mulai dari tempat yang artsy, homey, hingga alami semua bisa kamu temukan di dalam kota. Penasaran kan? Hayuk lah simak ulasan Kita Muda berikut ini.

1. Mengeksplor China Town-nya Jakarta alias Kawasan Glodok

via: theclassicwanderer.com

Salah satu hal menarik yang bisa dilakukan di Jakarta adalah city tour atau wisata keliling kota. Ya, banyak lho sudut-sudut Kota Jakarta yang menawarkan pengalaman menarik, salah satunya adalah kawasan Glodok yang terletak di kampung Taman Sari, Jakarta Barat.

Di sini kamu bisa menemukan bangunan instagramable dan jalanan kotanya benar-benar epic buat hunting foto. Nah, selain mengeskplor arsitektur bersejarah yang ada di sana, Kawan Muda bisa berwisata kuliner, berburu barang unik, atau mengeksplor kebudayaan masyarakat Tionghoa. Kamu juga bisa berwisata religi dengan mengunjungi Gereja Santa Maria de Fatima yang memiliki desain bangunan unik seperti klenteng.

2. Berkontemplasi dan berburu inspirasi di Art: 1 Gallery

via: harpersbazaar.co.id

Mengunjungi galeri atau museum seni bisa jadi terapi untuk menghilangkan stres. Kamu enggak paham-paham banget seni? Enggak perlu khawatir, cukup nikmati dan apresiasi setiap karya seni yang disuguhkan di sana.

Seperti yang bisa kamu temukan di Art: 1 New Museum and Art Space atau yang dulunya bernama Mon Décor ini. Cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 100.000 saja, kamu bisa memanjakan mata dengan koleksi lukisan, seni patung dan karya instalasi. Ah, dijamin deh kamu bakal terhanyut dengan dan betah berada di museum ini.


BACA JUGA:


3. Butuh yang hijau-hijau? “Museum Tengah Kebun” bisa jadi tempat persembunyianmu.

via: phinemo.com

Merupakan hidden gem yang ada di Jakarta. Terletak di Jalan Kemang Timur No. 66, Museum Tengah Kebun menawarkan pengalaman unik mengunjungi museum. Ya, Kawan Muda bisa menikmati benda seni, benda antik, dan koleksi bernilai historis lainnya, setelah itu kamu bisa bersantai di gazebo yang ada di tengah kebun.

Museum ini dulunya adalah kediaman pribadi pemiliknya yaitu Bapak Sjahrial Djalil, jadi jangan heran kalau museumnya memang tampak seperti rumah. Enggak banyak juga orang yang tahu keberadaannya karena memang dia museum ini tak seperti museum kebanyakan. Untuk masuk enggak dikenakan biaya kok, tapi harus reservasi dulu dengan minimal rombongan 7 hingga maksimal 12 orang.

4. Masih pengin yang bernuansa alam? Piknik atau jalan-jalan santai di Taman Cattleya saja yuk!

via: Instagram @sparkographics

Siapa bilang Jakarta enggak punya ruang terbuka hijau untuk ‘bernapas’ sejenak? Banyak lho sebenarnya, salah satunya ya Taman Cattleya atau Taman Tomang yang terletak di Jalan S. Parman, Tomang, Jakarta Barat. Kamu bisa nih bersantai atau bahkan piknik di ruang terbuka hijau ini.

Dengan luas sekitar 3 hektar, Taman Cattleya memiliki fasilitas seperti danau buatan, jogging track, taman bunga, dan arena bermain anak. Suasananya nyaman dan tenang, sepi dan bebas pedagang asongan atau pengamen. Ah, pokoknya benar-benar bisa ngadem deh di tempat ini 😉

5. Buat kamu pecinta buku, manjakan dirimu dengan mengunjungi Post Santa.

via: rayfienta.blogspot.com

Surga bagi para pecinta buku, toko buku ini menyediakan buku-buku berkualitas dari penerbit indie sekaligus menjadi tempat bertukar pikiran para pecinta buku. Buat kamu yang buku-buku yang enggak mainstream, ya di sini ini tempatnya.

Koleksinya pun beragam, tak hanya buku lokal saja tetapi juga buku karya penulis luar yang berpengaruh. Toko buku unik ini berada di dalam kawasan Pasar Santa di Kebayoran Baru. Dengan konsep yang super asyik dan nyaman, toko buku ini bisa jadi short escape kalau lagi suntuk dengan ramainya ibu kota.

6. Jakarta Aquarium yang lagi hits juga bisa jadi pilihan untuk short escape-mu.

via: Instagram @_iphankpratama

Belakangan ini di Instagram berseliweran orang-orang foto di depan akuarium raksasa, wah di mana tuh ya? Ternyata oh ternyata, tempat unik tersebut adalah Jakarta Aquarium yang berada di dalam Neo Soho Mal. Nah, destinasi wisata edukasi terbaru di Jakarta ini menampilkan sekitar 600 satwa air dan darat di Asia Pasifik.

Yup, kamu tak hanya bisa berpose bersama para ikan yang berseliweran di akuarium raksasa, tetapi juga bisa berinteraksi dengan hewan lainnya seperti Berang-Berang dan Penguin Humboldt. Whoa, cuma lihat dari foto saja sudah kelihatan kalau tempat ini seru banget. Yuk lah cus ke sana!

7. Ingin dapat pengalaman unik? Wisata perbintangan saja yuk di Planetarium Observatory Jakarta!

via: tamanismailmarzuki.jakarta.go.id

Aduh, kayak anak SD saja deh main ke Planetarium. Weitss, jangan salah! Tempat ini dijamin menyenangkan deh untuk melepas penat sekaligus nostalgia masa kecil dulu. Dengan 3 wahana simulasi langit, kamu bakal diajak kabur sejenak mengelilingi ruang angkasa, hehe.

Planetarium Jakarta terletak di Taman Ismail Marzuki (TIM). Untuk menikmati serunya wisata perbintangan di sana kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 7.000 saja! Nah lho, benar-benar tempat nongkrong asyik anti sumpek yang murah meriah bukan?