Tinggal di Indonesia itu bikin kita bingung; bingung mau liburan ke pulau atau kota mana karena masing-masing pulau dan kota yang ada di Indonesia  semua menawarkan cerita dan pengalaman yang unik. Mungkin Kawan Muda akan memilih Bali, Lombok, Yogya, Sumba atau bahkan Papua sebagai destinasi wisata, tapi pernah enggak kepikiran buat mengeksplor Kalimantan?

Selama ini pulau  terbesar di Indonesia tersebut mungkin tak begitu terdengar gaungnya di kalangan wisatawan. Padahal, Kalimantan memiliki banyak keunikan dan daya tarik wisata. Tak hanya terkenal dengan pasar terapung di Sungai Barito saja, kamu bisa menemukan pantai indah dengan pemandangan laut yang mempesona.

Buat kamu yang suka mengunjungi tempat-tempat antimainstream untuk liburan, Kita Muda bakal kasih rekomendasi tempat wisata epic di Pulau Kalimantan. Siap-siap dibikin penasaran deh sama keindahannya!

1. Danau Labuan Cermin

via: trivia.id

Kalau di Sumatera, tepatnya di Provinsi Jambi, ada Danau Kaco yang memiliki air sebening kaca, Kalimantan punya Danau Labuan Cermin yang menawarkan pemandangan serupa. Saking jernihnya air di Danau Labuan Cermin, dasar danau dan apa pun yang tenggelam di dasarnya bakal kelihatan dari atas.

Nah, ada satu hal unik lagi dari Danau Labuan Cermin yaitu air danaunya yang ternyata perbaduan dari air laut dan air tawar. Bagian atas danau adalah air tawar sedangkan bagian bawahnya adalah air asin, hemm, bisa terbelah begitu ya. Selain menikmati pemandangan danau yang enggak ada duanya, kamu bisa menyewa boat dan berenang di danaunya. Beuh, ini baru liburan yang enggak biasa…

Lokasi: Kec. Biduk-Biduk, Kab. Berau, Kalimantan Timur.

2. Bukit Telang Pelaihari

via: travelingyuk.com

Enggak cuma Sumba kok yang punya pemandangan perbukitan yang breathtaking. Kalau ke Kalimantan, kamu bisa mendapatkan pemandangan indah serupa dari atas Bukit Telang Pelaihari. Dari atas bukit ini kamu bisa menikmati rumput luas hijau yang menghampar dan berbukit-bukit layaknya di serial Teletubbies. Pemandangan dari titik tertinggi di bukit ini benar-benar sayang buat dilewatkan deh!

Ya, meski untuk menikmatinya kamu harus trekking dulu sih sekitar 30—60 menitan. Namun tenang, enggak akan rugi kok perjuanganmu karena selama perjalanan hanya keindahan saja yang kamu lihat. Rasa lelah pasti langsung menguap digantikan dengan rasa takjub. Jadi ngebayangin betapa kerennya pemandangan di atas bukit ini saat malam hari. Wah, bisa nih diagendakan camping di sana!

Lokasi: Kota Pelaihari, Kab. Tanahlaut, Kalimantan Selatan.


BACA JUGA:


3. Pulau Kembang

via: jadiberita.com

Adalah sebuah hutan wisata alam yang ada di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Namanya memang Pulau Kembang, tempatnya pun asri seperti namanya, tapi jangan kaget kalau kamu menemui banyak kera di sana. Yup, pulau ini juga dikenal dengan sebutan kerajaan kera karena terdapat ratusan kera di dalamnya.

Hehe, tenang, keranya enggak galak dan agresif kok. Mungkin awalnya agak was-was ya dikelilingi kera-kera, tapi ada petugas yang siap mendampingi saat kamu berkeliling di sana. Jadi enggak perlu takut ‘digodain’ kera ya, hihi.

Lokasi: Kec. Alalak, Kab. Barito Kuala, Kalimantan Selatan.

4. Pulau Randayan

via: wisatapontianak.com

Setelah puas bermain di alam bersama para kera, kini kita bergeser ke pesisir Kalimantan Barat nih tepatnya di Pulau Randayan. Pulau kecil ini punya pemandangan yang luar biasa indah dan tenang banget, pas banget nih buat kamu yang memang butuh liburan untuk melepas penat.

Dengan air laut yang biru dan jernih, pulau ini tak hanya asyik dijadikan tempat bersantai, kamu bisa snorkeling dan diving karena pemandangan bawah laut di Pulau Randayan juga enggak kalah indah dari daratannya 😉 Oh ya, Pulau Randayan juga cocok dijadikan destinasi wisata bulan madu karena pemandangannya yang romantis dan suasananya yang nyaman.

Lokasi: Kec. Sungai Raya, Kab. Bengkayang, Kalimantan Barat.

5. Pantai Pasir Putih Biduk-Biduk

via: indonesiakaya.com

Selain Pulau Randayan, ada satu lagi nih pantai yang memiliki pesona tersembunyi di Kalimantan yaitu Pantai Pasir Putih Biduk-Biduk. Dengan pasir pantainya yang berwarna putih, air laut biru jernih, terumbu karangnya yang indah, ditambah jajaran pohon kelapa di pinggir pantai; pantai ini benar-benar tempat yang pas deh untuk melarikan diri dari penatnya rutinitas.

Dengan lingkungan pantai yang masih asri dan masih sepi, berlibur ke pantai ini berasa liburan ke pantai pribadi deh. Enggak perlu mikir dua kali, langsung masukin Pantai Pasir Putih Biduk-Biduk ke daftar liburanmu!

Lokasi: Kec. Biduk-Biduk, Kab. Berau, Kalimantan Timur.

Whoa, benar-benar luar biasa mempersona ya Pulau Kalimantan. Buat Kawan Muda yang bosan nih liburan ke tempat-tempat itu saja atau pengin cari suansa baru dan beda, langsung saja deh agendakan untuk mengunjungi 5 tempat epic di atas 😉

Sumber: IDN Times