Jawa Timur memiliki banyak destinasi wisata menarik. Selain Surabaya dan Malang, Pacitan menjadi salah satu kabupaten di Jawa Timur dengan pesona wisata yang enggak bisa dipandang sebelah mata. Berada di garis pantai selatan Jawa dan memiliki topografi yang serupa dengan wilayah Gunung Kidul, Yogyakarta; membuat Pacitan dianugerahi sejumlah pantai yang mempesona.

Ya, jika berbicara tentang wisata pacitan, pantai di Pacitan menjadi salah satu topik bahasan yang menarik. Kali ini Kita Muda akan mengajak kamu mengeksplor satu per satu keindahan pantai di Pacitan. Sudah siap untuk bertualang? Yuk, langsung saja kita simak ulasannya berikut ini.

1. Pantai Klayar

via: piknikasik.com

Berbicara tentang pantai di Pacitan, nama Pantai Klayar akan muncul di urutan paling atas. Ya, pantai dengan air mancur alami serta tebing yang menyerupai patung Sphinx ini memang menjadi salah satu ikon pariwisata Pacitan.

Meskipun rute untuk menuju ke sana cukup menantang, siapa yang rela melewatkan pemandangan hamparan pasit putih dan jernihnya laut berwarna biru yang ada di sana? Mending jangan ngaku pernah ke Pacitan deh kalau belum ke sini 😉

Lokasi: Desa Kalak, Kec. Donorejo, Pacitan.

2. Pantai Soge

via: tripjalanjalan.com

Pantai ini berada di pinggir jalan raya, tapi itulah daya tarik utamanya. Rasanya sayang saat melintas di jalur selatan enggak menyempatkan diri untuk melipir dan duduk-duduk sejenak di pinggiran pantai sambil menikmati es kelapa muda, whoa, surga dunia ya!

Oh ya, ada hal yang unik nih dari Pantai Soge yaitu keberadaan danau kecil yang terbentuk akibat air laut tak sepenuhnya tertarik ke tengah ketika air surut. Danau kecil ini seolah-olah dipisahkan dengan lautan luas oleh gundakan pasir putih yang membentang di tengah.

Lokasi: Desa Sidomulyo, Kec. Ngadirojo, Pacitan.


BACA JUGA:


3. Pantai Srau

via: flickr.com

Pantai ini memiliki ciri khas pasir putih yang begitu mencolok dan banyaknya karang di sekitar pantai.  Lokasinya yang tersembunyi membuat pantai ini sangat cocok untuk melepas penat dan menjernihkan pikiran. Berasa liburan di pantai pribadi deh!

Kalau soal pemandangan kamu enggak perlu khawatir. Meski namanya tak setenar Pantai Klayar, keindahan Pantai Srau enggak bisa dipandang sebelah mata! Lembutnya pasir pantai yang putih, damainya air laut yang biru, ditambah keindahan bukit karang di sekitarnya, akan membuatmu lupa kalau lagi galau :”)

Lokasi: Desa Candi, Kec. Pringkuku, Pacitan.

4. Pantai Watukarung

via: tempo.co

Pacitan ternyata memiliki pantai dengan ombak terbaik kelas dunia. Yup, Pantai Watukarung yang memiliki ombak ideal dengan ketinggian mencapai 4 meter ini jadi salah satu spot favorit peselancar dunia, lho! Jadi jangan heran kalau mampir ke sini ketemu orang-orang yang akan menantang ombak.

Buat kamu yang enggak hobi berselancar tak perlu khawatir, karena menikmati pemandangan sambil duduk di pinggir pantai enggak akan membuatmu rugi kok.

Lokasi: Desa Watu Karung, Kec. Pringkutung, Pacitan.

5. Pantai Banyu Tibo

via: ratjoen.in

Banyu tibo atau yang berarti banyu jatuh adalah nama yang disematkan pada pantai ini karena di sana terdapar air terjun yang langsung jatuh ke pantai? Unik bukan? Spot air terjun ini menjadi daya tarik bagi wisatawan dan enggak sedikit yang mengabadikan momen liburannya di bawah air terjun.

Psst…fyi, pantai ini masih perawan lho dan belum banyak dikunjungi orang juga. Whoa, lagi-lagi nemuin pantai umum rasa pantai pribadi ya di Pacitan! Kalau sudah begini mau dilewatkan nih keindahannya?

Lokasi: Desa Wodidoro, Kec. Pacitan, Pacitan.

6. Pantai Kali Uluh

via: tripjalanjalan.com

Surga tersembunyi di Pacitan, itulah  julukan yang diberikan pada pantai ini. Pantai dengan hamparan pasir putih dan bebatuan alami ini memang tergolong pantai perawan. Untuk menuju ke sana juga cukup menantang rutenya, tapi dijamin sebanding deh dengan pemandangan indah yang ditawarkan.

Selain menikmati keindahan pantai di siang hari, Kawan Muda bisa lho berkemah di pinggir pantai dan nikmatilah suguhan yang menakjubkan saat malam tiba; taburan bintang di atas Pantai Kali Uluh saat langit cerah. Menyenangkan bukan?

Lokasi: Desa Klasem, Kec. Kebon Agung, Kab. Pacitan.

7. Pantai Karang Bolong

via: wisatapacitan.biz

Dinamakan Karang Bolong karena pantai ini memiliki tebing yang menjorok ke laut dan tebing tersebut memiliki beberapa lubang tembus di tengahnya akibat kikisan ombak. Jangan berharap kamu menemukan pasir di pantai ini karena pantai ini memang berupa tebing yang menjorok ke tengah laut seperti tanjung.

Dari atas tebing inilah kamu bisa duduk santai menikmati hamparan laut biru  (eits, tapi harus hati-hati ya kalau duduk-duduk di pinggir tebing). Selain itu, pantai ini juga memiliki air terjun yang jatuh ke laut seperti yang ada di Pantai Banyu Tibo.

Lokasi: Desa Sendang, Kec. Donorojo, Pacitan.

Itulah tadi 7 pantai di Pacitan yang layak masuk daftar kunjunganmu. Masa iya sih kamu merelakan begitu saja keindahan yang ditawarkan? Enggak mau merugi kan? Kalau begitu buruan deh agendakan untuk mengeksplor 7 pantai di atas 😉