Jogja adalah salah satu tujuan wisata terpopuler (dan bisa dibilang sangat mainstream!) karena semua orang pengin banget ke sana dan mereka mungkin sudah puluhan kali juga ke sana. Uniknya, meskipun sudah menginjakkan kaki berkali-kali di tanah Jogja, tak ada wisatawan yang bosan untuk berkunjung lagi dan lagi. Ya, Kota Gudeg ini memang memiliki banyak destinasi wisata menarik, mulai dari cagar budaya, museum, sampai wisata alamnya yang luar biasa eksotik.

Selain itu, keramahan orangnya dan nuansa kotanya punya makna tersendiri bagi masing-masing wisatawan yang pernah berkunjung ke sana. Ah, Jogja memang selalu punya cerita dan tetap paling istimewa. Meskipun banyak lokasi-lokasi wisata kondang lainnya yang menawarkan keindahan tiada tara, Jogja tetap menjadi tempat untuk “pulang”.

Alasan mengapa orang enggak pernah bosan wisata di Jogja

Banyak sekali destinasi wisata alam menarik di Jogja | Foto: Instagram @aldoasaa

Jogja tak hanya menjadi rumah untuk warganya, tetapi juga rumah bagi mereka yang pernah tinggal atau menginjakkan kaki di sana. Itulah mengapa, berkunjung ke Jogja rasanya enggak cukup sekali atau  dua kali deh, karena kamu bakalan rindu dengan hal-hal ini…

Kesederhanaan dan keramahan orang Jogja

Setiap berpapasan dengan orang Jogja di perumahan warga, senyuman dan sapaan yang begitu tulus, membuatmu seolah-olah menjadi bagian tak terpisahkan dari mereka. Sungguh menyenangkan bisa menghabiskan waktu demi waktu di kota ini.

Belum lagi pantai-pantainya yang eksotik, harus dieksplor semua sampai puas!

Surganya pantai-pantai cantik, itulah sisi lain dari Kota Budaya ini. Dari pantai berpasir lembut hingga pantai karang yang cadas, semuanya ada di sana. Suguhan bentang alam yang indah dan begitu dramatis yang ditawarkan pantai-pantai di sepanjang pesisir selatan Jogja tersebut, benar-benar bikin siapa pun susah move on!

Makanan yang enak-enak dan murah meriah macam nasi kucing juga bikin kangen :”)

Meskipun  pariwisata di Jogja terbilang aktif, biaya hidup di sana terbilang cukup murah (apalagi kulinernya!).  Menyebut nama angkringan saja sudah mampu membuat kita teringat akan nasi kucing, gorengan, aneka sate yang ditata rapi berjejer, serta kopi jos atau wedang jahe yang setia menjadi teman dalam setiap obrolan sekaligus menghangatkan tubuh di kala malam. Hemm, siapa sih yang enggak kangen dengan suasana ini?

Dan enggak tahu kenapa Jogja tuh romantis banget, sepakat? Siapa sih yang rela berpaling? Mau ratusan kali ke sana kayaknya enggak ada bosannya :”)

Jogja itu romantis, apalagi saat senja. Karena itulah tempat ini enggak hanya asyik buat para mahasiswa atau backpacker, tapi juga buat para pasangan yang tengah di mabuk cinta.

Buat kamu yang berencana liburan ke Jogja di tahun 2018 ini dan bingung pengin kemana atau ngapain aja, Kita Muda bakal kasih rekomendasi wisata di Jogja yang wajib banget kamu datangi. Rasanya belum puas saja wisata di Jogja kalau belum menjajal destinasi yang tengah banyak digandrungi.

16 Destinasi Wisata di Jogja yang Harus Kamu Kunjungi

Eits…tenang, meskipun sedang digandrungi, pemandangannya masih terjaga dengan apik, kok, karena beberapa memang letaknya masih mblusuk. Ya, meskipun perjuangan banget ya untuk menuju ke destinasi wisata tersebut, perjuanganmu dijamin akan terbayar deh sesampainya di sana.

Nah, kira-kira destinasi apa saja yang harus buru-buru Kawan Muda eksplor saat liburan di Jogja? Yuk, langsung saja kita simak ulasannya berikut ini.

1. Pertama-tama kita eksplor daerah Bantul dulu kali, ya. Karena sekarang lagi hits banget wisata hutan pinus, kita melipir dulu lah ke Hutan Pinus Pengger. Di sini kamu bisa menikmati keindahan dan kesegaran hutan pinus sekaligus berfoto ria di lokasi selfie yang sudah disediakan di sana seperti rumah pohon, jembatan kayu dari pohon ke poho, dan tangan raksasa.

wisata di Jogja
Hutan Pinus Pengger | Foto: Instagram @nurulaini24_

Lokasi: Desa Terong, Kec. Dlingo, Kab. Bantul

Tiket masuk: Rp 2.500/orang | Parkir motor Rp 2.000 ; mobil/bus Rp 20.000

2. Selanjutnya adalah Pantai Goa Cemara. Nah, sisi menarik dari pantai ini adalah adanya tumbuhan di sekitaran pantai yang memberikan suasana sejuk dan segar. Kalau foto di jalan setapak dengan tumbuhan di samping kanan-kiri berasa foto-foto yang ada di desktop Windows atau film-film koboi gitu. Whoa, menarik nih!

wisata di Jogja
Pantai Goa Cemara | Foto: Instagram @fawwazalkautsar

Lokasi: Desa Gadingsari, Kec. Sanden, Kab. Bantul

Tiket masuk: Rp 5.000/orang | Untuk naik mercusuar dikenakan biaya Rp 5.000/2 orang


BACA JUGA:


3. Masih berhubungan dengan wisata air, tapi kali ini kita mengunjungi sungai hits yang ada di Bantul. Adalah Kali Oyo Selopamioro  atau Sungai Oyo yang disebut-sebut sebagai Amazon dari Jogja. Sebenarnya sih ini hanya sungai biasa, tapi belakangan ini banyak yang menjadikannya spot foto karena pemandangan di sekitarnya yang breath taking di waktu-waktu terntentu. Boleh lah masuk bucket list 😉

wisata di Jogja
Kali Oyo Selopamioro | Foto: Instagram @andaa

Lokasi: Desa Selopamioro, Kec. Imogiri, Kab. Bantul

Tiket masuk: –

4. Pengin berwisata di hamparan bunga matahari? Melipir saja deh ke Kebun Bunga Matahari yang enggak jauh dari Pantai Samas. Di kebun pribadi milik Etik Purwanti ini kamu bisa menikmati keindahan bunga matahari yang tengah bermekaran, pas banget nih buat kamu yang doyan selfie karena tempatnya memang instagramable bangeeet! Psst…cocok buat tempat foto pre-wed juga!

wisata di Jogja
Kebun Bunga Matahari | Foto: Instagram @azka_asad

Lokasi: Desa Srigading, Kec. Sanden, Kab. Bantul

Tiket masuk: Rp 5.000 | Parkir motor Rp 2.000 | Jika ingin membeli bunga matahari dikenakan biaya Rp 10.000

5.  Setelah puas lihat bunga matahari, kita main ke hutan pinus lagi nih. Selain Pinus Pengger, Bantul juga punya Seribu Batu Songgo Langit. Apa sih istimewanya hutan pinus yang satu ini? Di sini kamu bakalan menemukan ribuan batu yang sangat indah dan bisa dijadikan spot selfie. Oh ya, di tempat ini juga ada rumah kurcaci yang super keren yang jadi favorit orang buat ber-selfie ria 😉

wisata di Jogja
Seribu Batu Songgo Langit | Foto: Instagram @rezasatyap

Lokasi: Jalan Hutan Pinus Nganjir, Kec. Dlingo, Kab. Bantul

Tiket: – | Parkir motor Rp 3.000; mobil Rp 10.000

6. Kalau ke Pantai Timang kamu bisa uji adrenalin dengan naik gondola, di Pantai Pulau Kalong atau Pantai Sinden kamu bisa uji nyali dengan berjalan di jembatan gantungnya! Memang sih panjangnya hanya 100 meter, tapi lumayan bikin bergidik juga kalau lihat ke bawah. Kamu bernyali enggak menyeberangi jembatan ini?

wisata di Jogja
Pantai Pulau Kalong | Foto: Instagram @brisiajodie96

Lokasi: Desa Jepitu, Kec. Girisubo, Kab. Gunung Kidul

Tiket: Rp 6.000 (sudah termasuk tiket masuk ke Pantai Jungwok) | Untuk menyeberangi jembatan gantung dikenakan biaya Rp 25.000

7. Menikmati Jogja, Parangtritis, dan laut selatan dari ketinggian 900 mdpl? Whoa, pasti jadi pengalaman yang menakjubkan, ya! Kamu bisa nih melipir Bukit Paralayang Parang Endong atau yang disebut juga dengan Bukit Gupit. Dengan pemandangan yang fenomenal banget dari atas sini, rugi sih kalau kamu enggak menyempatkan diri berkunjung atau berkemah di sini!

wisata di Jogja
Bukit Paralayang Parang Endong | Foto: Instagram @wahyu_hf

Lokasi: Desa Giricahyo, Kec. Purwosari, Parangtritis, Kab. Gunungkidul

8. Coba bayangkan rasanya bisa berdiri di atas padang rumput luas yang langsung menghadap ke pantai lepas? Wuidih, berasa liburan ke New Zealand, ya! Hemm, kejauhan, di Jogja ada kok destinasi wisata yang menawarkan keindahan serupa, yaitu Bukit Pengilon. Rasanya enggak seru deh kalau enggak mencoba berkemah di atas bukit ini. Enggak bisa ngebayangin gimana epic-nya bukit ini di malam hari saat langit cerah, pasti bertabur bintang deh :”)

wisata di Jogja
Bukit Pengilon | Foto: Instagram @lenafelis

Lokasi: Desa Balong, Kec. Girisuno, Kab. Gunungkidul

Tiket: Rp 5.000 | Parkir motor Rp 2.000; mobil Rp 5.000

9. Melihat yang hijau-hijau bisa menjadi terapi tersendiri ya buat hati dan pikiran. Kalau kamu masih pengin lihat yang hijau-hijau lagi, dari Pengilon kita banting stir dulu deh ke Green Village Gedangsari. Landscape perbukitan di tempat ini bakal bikin kamu betah berlama-lama deh. Apalagi di sini sudah ada fasilitas gazebo sehingga kamu bisa duduk manis menikmati pemandangan dan udara perbukitan yang sejuk. Kamu bisa uji adrenalin juga dengan naik flying fox.

wisata di Jogja
Green Village Gedangsari | Foto: Instagram @denantymustika_

Lokasi: Desa Mertelu, Kec. Gedang Sari, Kab. Gunungkidul

Tiket: – | Parkir motor Rp 2.000; mobil Rp 5.000

10. Pantai di Gunung Kidul memang jempolan banget, salah satunya Pantai Ngitun. Sebenarnya tempat ini adalah sebuah teluk yang diapit dua bukit tinggi. Dengan pasir putihnya yang indah serta panorama bukit karang di sisi-sisinya (plus pantai ini masih jarang dikunjungi wisatawan), rasanya sayang kalau kamu enggak menyempatkan diri ngebolang ke sini.

wisata di Jogja
Pantai Ngitun | Foto: Instagram @pamuji.w

Lokasi: Desa Purwodadi, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul

Tiket: –

11. Selanjutnya ada Pantai Nguluran, masih di Gunungkidul juga. Nah, pantai ini cukup unik nih karena memiliki jembatan kaca. Yup, lantai jembatannya tembus pandang dan bisa dijadikan spot keren untuk ber-selfie. Meskipun banyak yang datang ke sini untuk ber-selfie di atas jembatan kaca, pemandangan pantainya enggak kalah epic kok!

wisata di Jogja
Pantai Nguluran | Foto: Instagram @lenayuaan

Lokasi: Desa Girikarto, Kec. Panggang, Kab. Gunungkidul

Tiket: Rp 5.000

12. Menikmati sunrise di Gunung Ireng juga harus masuk bucket list-mu saat berlibur ke Gunung Kidul. Dari atas sini, kamu bisa menikmati keindahan perbukitan kapur yang dihiasi petak-petak sawah hijau, dan kalau pagi juga dihiasi kabut seperti cotton candy, menyiratkan unsur magis dan terlalu indah untuk dilewatkan begitu saja…

wisata di Jogja
Gunung Ireng | Foto: Instagram @werdyak

Lokasi: Desa Pengkok, Kec. Patuk, Kab. Gunungkidul

Tiket: Rp 3.000

13. Dari gunung melipir ke pantai lagi nih, kali ini kita akan mengunjungi Pantai Nguyahan. Destinasi wisata ini mungkin kedengarannya masih asing, tapi keindahannya itu, lho, bak surga tersembunyi! Karena enggak sepopuler pantai di daerah Gunungkidul lainnya, pantai ini masih terlihat perawan banget. Berasa ke private beach deh kalau ke sini :”)

wisata di Jogja
Pantai Nguyahan | Foto: Instagram @ahmad_nento

Lokasi: Desa Kanigoro, Kec. Saptosari, Kab. Gunungkidul

Tiket: Rp 5.000

14. Puas main di pantai, saatnya kita sambangi air terjun keren yang ada di Gunungkidul, yaitu Air Terjun Gedad Banyusoco. Air terjun ini berada di sekitar perbukitan kapur, tapi airnya benar-benar jernih dan bersih. Derasnya air terjun yang jatuh menghantam batuan besar membuatnya tampak seperti kilauan cahaya.

wisata di Jogja
Air Terjun Gedad Banyusoco | Foto: Instagram @wantoro_47

Lokasi: Desa Banyusoco, Kec. Playen, Kab. Gunungkidul

Tiket: Rp 5.000 (sudah termasuk parkir kendaraan)

15. Dari Gunungkidul kita melipir ke Kulon Progo untuk menyambangi air terjun tertinggi di Yogyakarta yaitu Air Terjun Sidoharjo. Derasnya air yang jatuh dari ketinggian 75 meter, ditambah dengan pepohonan rindang di sekitarnya dan suasana yang masih tenang dan sejuk, bakal bikin kamu betah deh dan enggak pengin beranjak dari tempat ini.

wisata di Jogja
Air Terjun Sidoharjo | Foto: Instagram @anjueka_ss

Lokasi: Desa Sidoharjo, Kec. Samigaluh, Kab.Kulon Progo

Tiket: – | Parkir motor Rp 2.000; mobil Rp 5.000

16. Last but not least, ada ekowisata Taman Sungai Mudal. Di sini kamu bisa menemukan wisata sungai, kolam, dan air terjun. Pokoknya paket lengkap deh. Di sini juga ada area camping-nya, hemm, pasti seru banget nih liburan rame-rame sama teman atau keluarga ke sini.

wisata di Jogja
Taman Sungai Mudal | Foto: Instagram @adit_nugraha

Lokasi: Desa Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kab. Kulon Progo

Tiket: Rp 4.000

Bagaimana? Cukup menggiurkan bukan rekomendasi wisata di Jogja versi Kita Muda? Hayoloh, dari 16 destinasi wisata di atas, mana saja nih yang sudah kamu kunjungi? Kalau masih banyak yang belum, buruan deh diagendakan buat pergi ke sana, daripada nanti gigit jari lihat teman-teman lain sudah pada ke sana duluan 😉