Malang Raya menjadi kawasan yang memiliki potensi wisata yang sangat tinggi di Jawa Timur. Bisa dibilang sih saat ini kawasan Malang Raya adalah primadona-nya wisata Jawa Timur. Kita Muda enggak melebih-lebihkan, lho, karena seperti yang dilansir dari Kompas.com, wisatawan yang datang ke Malang Raya berjumlah lebih dari 5 juta orang per tahunnya!

Bahkan tiga daerah yang masuk ke dalam wilayah Malang Raya, yaitu Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu, meraup miliaran rupiah pendapatan asli daerah dari sektor wisata yang ada di sana. Meskipun ada di kawasan yang sama, ketiga daerah tersebut menawarkan pengalaman berwisata yang berbeda-beda bagi wisatawan dan masing-masing memiliki ‘kelebihan’ tersendiri sehingga bisa menjadi magnet bagi wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.

Beragam jenis objek wisata bisa ditemukan di kawasan Malang Raya

Kalau berkunjung ke Kota Malang, Kawan Muda bisa melakukan city tour, menikmati keindahan kota yang sudah terkenal sejak zaman kolonial. Meski enggak seperti Jakarta yang punya kompleks Kota Tua, Kota Malang masih memiliki bangunan pertokoan kuno yang bisa jadi spot foto kekinian.

Buat Kawan Muda yang suka wisata ke theme park atau taman bermain, kamu bisa melipir ke Kota Batu. Setelah puas main di dua kota tersebut, kamu bisa mengeksplor  objek wisata alam (mulai dari air terjun  hingga pantai) yang banyak ditemukan di Kabupaten Malang. Pokoknya, liburanmu di Malang bakalan epic dan memuaskan deh kalau menyempatkan diri mengunjungi objek wisata di tiga daerah tersebut.

Nah, karena objek wisata di Malang Raya tuh buanyak banget jumlahnya, apalagi banyak objek wisata baru yang bermunculan, Kita Muda bakalan kasih tahu nih tempat wisata di Malang terbaru yang sedang digandrungi alias nge-hits lah kalau bahasanya kids zaman now. Beberapa mungkin sudah banyak dikenal masyarakat, tapi ada juga yang mungkin belum Kawan Muda dengar sama sekali (tapi enggak perlu diragukan lagi keindahannya!).

Semoga setelah baca rekomendasi tempat wisata di Malang terbaru dan paling keren versi Kita Muda, kamu jadi punya bayangan ya pengin ke mana saja kalau liburan di Malang. Biar enggak makin penasaran, langsung saja yuk kita lihat daftarnya di bawah ini.

20 tempat wisata di Malang terbaru dan kekinian versi Kita Muda

1. Wisata lokal rasa luar negeri, di mana lagi kalau bukan di Kampung Warni-Warni Jodipan. Psst, tahu enggak kalau ada yang baru di kampung yang diresmikan sejak tahun 2016 ini? Sekarang kamu bisa uji adrenalin dan ber-selfie ria di jembatan gantung yang berlantai kaca!

tempat wisata di malang terbaru
Kampung Warna-Warni Jodipan | Foto: medium.com

Lokasi: Jodipan, Kec. Blimbing, Kota Malang

2.  Selain kampung warna-warni ala Brazil, Malang juga punya Kampung Topeng Malang. Baru diresmikan tahun 2017 kemarin, Kampung Topeng menjadi salah satu spot yang wajib dikunjungi kalau kamu mampir ke Kota Malang. Oh ya, ada fasilitas flying fox-nya juga, lho! Seru kan?

tempat wisata di malang terbaru
Kampung Topeng Malang | Foto: ilovemalang.net

Lokasi: Desa Tlogowaru, Kec. Kedungkandang, Kota Malang


BACA JUGA:


3. Jangan lupa menikmati kemegahan Masjid Tiban Turen kalau berkunjung ke Malang. Selain bangunan masjid yang begitu menakjubkan, masjid ini sih katanya menyimpan misteri sekaligus keajaiban. Nah lho, penasaran kan? Buruan masukin ke bucket list kamu 😉

tempat wisata di malang terbaru
Masjid Tiban Turen | Foto: ilovemalang.net

Lokasi: Jalan Anggur, Sananrejo, Turen, Kab. Malang

4. Wisata petik apel mungkin bagi sebagian orang sudah mainstream, kalau wisata ‘petik’ madu? Hehe, maksudnya mengamati proses pengumpulan madu secara langsung gitu dari sarang lebah. Belum pernah kan? Kamu bisa nih datang ke Rimba Raya Bee Farm kalau lagi liburan ke Malang. Dijamin jadi pengalaman tak terlupakan, deh!

tempat wisata di malang terbaru
Rimba Raya Bee Farm | Foto: malangwisata.com

Lokasi: Jalan Dr. Wahidin No. 8, Kec. Lawang, Kab. Malang

5. Buat Kawan Muda yang suka main air, kamu bisa mencoba berendam di Pemandian Kalireco yang letaknya masih di daerah Lawang juga. Kalau biasanya main air di pantai, coba deh sesekali menikmati kesegaran air dari sumber alami. Ditemani dengan angin semilir, pemandian ini benar-benar cocok buat kamu yang mencari ketenangan.

tempat wisata di malang terbaru
Pemandian Kalireco | Foto: backpackermalang.com

Lokasi: Jalan Sumber Waras 2 No. 97, Kec. Lawang, Kab. Malang

6. Masih pengin main air di sumber air yang enggak kalah keren lainnya? Mata air Sumber Jenon harus masuk bucket list kamu, kenapa? Di bawah airnya terdapat fosil kayu jenu, kalau dilihat dari atas nih berasa ada terumbu karang gitu. Cocok banget deh buat jadi spot foto underwater.

tempat wisata di malang terbaru
Mata air Sumber Jenon | Foto: amazingmalang.id

Lokasi: Desa Gunung Ronggo, Kec. Tajinan, Kab. Malang

7. Liburan ke tempat yang masih ‘perawan’ dan belum dikunjungi banyak orang pasti seru banget. Nah, buat kamu yang suka wisata-wisata yang anti mainstream begini, coba deh berkemah di perbukitan perawan Budug Asu.  Matamu akan dimanjakan oleh hamparan kebun teh dan megahnya Gunung Arjuna yang menjulang tinggi. Sangat sayang untuk dilewatkan!

tempat wisata di malang terbaru
Perbukitan Budug Asu | Foto: pinterest.com

Lokasi: Budug Asu, Wonosari, Kec. Lawang, Kab. Malang

8. Malang memang terkenal dengan pantainya, tapi pesona air terjunnya juga enggak boleh diremehkan. Coba deh kunjungi Coban Tundo, surga tersembunyi yang ada di Selatan Malang. Namanya memang belum seterkenal air terjun lain, tapi pemandangannya itu lho benar-benar jempolan. Di air terjun ini terdapat kolam air terjun dengan air berwarna biru kehijauan, ah, indah banget deh pokoknya 😉

tempat wisata di malang terbaru
Air Terjun Coban Tundo | Foto: infomalang.co.id

Lokasi: Desa Sidoasri, Kec. Sumbermanjing Wetan, Kab. Malang

9. Masih ngobrolin air terjun, ada lagi nih yang panoramanya enggak kalah oke yaitu Coban Gintung. Objek wisata ini masih alami banget dan air terjunnya juga punya kolam yang bisa digunakan untuk tempat berenang. Di pinggir air terjun ada rumah pohon sederhana yang dibangun masyarakat setempat, bisa dibuat santai-santai sambil menikmati gemericik air terjun. Seru deh pokoknya!

tempat wisata di malang terbaru
Air Terjun Coban Gintung | Foto: amazingmalang.id

Lokasi: Desa Sidorenggo, Kec. Ampelgading, Kab. Malang

10. Kurang puas dengan keindahan Coban Gintung? Kamu bisa melipir ke Coban Nirwana. Seperti namanya, pemandangan di sekitar air terjun ini bak surga tersembunyi. Coban Nirwana memiliki air terjun bertingkat, biasanya wisatawan  selfie ria dengan background air terjun bersusun. Selain pemandangan air terjunnya yang indah, pemandangan di sekitar lokasi air terjun juga enggak kalah jempolan. Bikin orang betah berlama-lama singgah di sini :”)

tempat wisata di malang terbaru
Air Terjun Coban Nirwana | Foto: explorewisata.com

Lokasi: Desa Gedangan, Kec. Gedangan, Kab. Malang

11. Coban Kedung Malang juga lagi diperbincangkan nih di kalangan pejalan. Pasalnya, kolaborasi air terjun dan aliran sungainya menghasilkan perpaduan yang menakjubkan. Hal yang unik dari air terjun ini adalah bentuk alirannya yang seakan-akan merambat di tebing. Meskipun pemandangannya begitu indah dan airnya juga menyegarkan, kamu harus berhati-hati karena dasar sungainya dalam sekali.

tempat wisata di malang terbaru
Air Terjun Coban Kedung Malang | Foto: Ngalam.co

Lokasi: Desa Bantur, Kec. Bantur, Kab. Malang

12. Masih kurang puas ekslpor air terjun tersembunyinya? Coba deh mampir ke Coban Jidor. Air terjunnya memang enggak terlalu tinggi, tapi pemandangannya itu lho bak surga tersembunyi! Buat kamu yang pengin kabur dari hiruk pikuk kota, objek wisata ini jelas harus masuk dalam bucket list. Pemandangan sekitarnya bakal jadi terapi yang menenangkan jiwa deh 😉

tempat wisata di malang terbaru
Air Terjun Coban Jidor | Foto: kanalmalang.net

Lokasi: Desa Ngadirejo, Kec. Jabung, Kab Malang

13. Kalau sebelumnya kita eksplor air terjun yang ada di Kabupaten Malang, sekarang kita ke Coban Putri yang ada di Kota Batu. Di tempat ini kamu enggak hanya bisa menikmati keindahan air terjun saja, tersedia spot foto unik di sini, yaitu ayunan dan tangan dewa. Boleh nih selfie kekinian bareng sahabat di sini…

tempat wisata di malang terbaru
Air Terjun Coban Putri | Foto: visiter.org

Lokasi: Desa Tlekung, Kec. Junrejo, Kota Batu

14. Menikmati udara sejuk Kota Batu dengan pemandangan hutan pinus kayaknya seru banget, ya. Buat kamu si selfie addict atau yang gemar fotografi, Goa Pinus adalah objek wisata yang enggak boleh kamu lewatkan 😉

tempat wisata di malang terbaru
Goa Pinus Batu | Foto: photomalang.com

Lokasi: Gunungsari, Kec. Bumiaji, Kota Batu

15. Tahu enggak sih kalau di Kota Batu ada museum berbentuk tubuh manusia? Yup, Museum Tubuh namanya. Mengunjungi museum ini kamu bisa menjelajahi ‘isi’ tubuh manusia, seperti bagian mata, telinga, mulut, dan lain sebagainya. Objek wisata ini cocok banget dikunjungi bareng keluarga, apalagi kalau kamu punya adik atau anak kecil. Bisa liburan sekaligus belajar deh. Menarik bukan?

tempat wisata di malang terbaru
Museum Tubuh Manusia Bagong Adventure | Foto: Metrotvnews.com

Lokasi: Jalan Kartika No. 2, Kota Batu

16. Selain Museum Tubuh, ada lagi nih objek wisata yang enggak kalah seru yaitu Jatim Park 3 Dino Park. Tempat ini terbilang baru sih karena baru dibuka akhir tahun 2017 lalu. Apa sih bedanya Jatim Park 3 dengan dua Jatim Park sebelumnya? Jatim Park 3 menggabungkan konsep dino park dan teknologi. Jadi kamu bisa merasakan suasana ala-ala film Jurassic Park gitu deh. Selain berpetualang melihat dinosaurus, di Dino Park ini ada fasilitas menarik lain seperti museum patung lilin ala Madame Tussauds, museum musik, serta 12 zona unik (mulai dari Istana Negara hingga lorong Harry Potter).

tempat wisata di malang terbaru
Jatim Park 3 Dino Park | Foto: explorewisata.com

Lokasi: Jalan Raya Ir. Soekarno No. 144, Kec. Junrejo, Kota Batu

17.  Liburan ke Malang kalau enggak ke pantai kok sayang ya? Apalagi kalau ada pantai seunik Pantai Mbehi & Teluk Bidadari, masa sih kamu rela melewatkannya? Letaknya sih masih tersembunyi, tapi fenomena alam berupa lubang menyerupai kawah di tepian karang itu lho yang bikin banyak orang penasaran untuk datang ke sini. Enggak jauh dari kawah tersebut, kamu akan menemukan surga lain yang enggak kalah indah yang dinamakan Teluk Bidadari. Ceruk pada batu karang berisi air laut yang jernih ini tampak seperti kolam pribadi, kamu bisa berendam sambil menikmati keindahan alam sekitar.  

tempat wisata di malang terbaru
Pantai Mbehi dan Teluk Bidadari | Foto: PhotoMalang.com

Lokasi: Desa Sumberbening, Kec. Bantur, Kab. Malang

18. Masih pengin ngebolang di pantai? Yuk cus ke Pantai Wedi Awu, yang jadi surga para peselancar.  Kalau kamu enggak bisa berselancar enggak usah khawatir, pemandangan alam sekitar yang eksotis dan naturan bisa jadi alasan kuat kok kenapa kamu harus mengunjungi pantai yang satu ini. Jangan sampai gigit jari ya gara-gara melewatkannya, hihi.

tempat wisata di malang terbaru
Pantai Wedi Awu | Foto: amazingmalang.id

Lokasi: Desa Purwodadi, Kec. Tirtoyudo, Kab. Malang

19. Pengin ke Raja Ampat tapi kejauhan? Di Malang ada, lho, pantai yang disebut-sebut Raja Ampat-nya Malang, yaitu Pantai Wedi Putih. Surga tersembunyi yang ada di Kabupaten Malang ini wajib banget masuk dalam bucket list kamu. Jalan yang bakal dilalui untuk menuju ke sana memang enggak mudah dan penuh tikungan tajam, tapi bakal terbayarkan setelah sampai di sana. Dijamin enggak bakal nyesel, deh!

tempat wisata di malang terbaru
Pantai Wedi Putih | Foto: malang-guidance.com

Lokasi: Desa Purwodadi, Kec. Tirtoyudo, Kab. Malang

20. Last but not least, ada Pantai Savana yang begitu cantik dan indah. Tahu enggak sisi epic dari pantai ini? Pantainya dimeriahkan dengan hamparan padang savanna dan bukit-bukit cantik yang ada di sekitarnya. Kalau sudah ke sini, Kita Muda yakin deh kamu enggak kepengin pulang saking betahnya!

tempat wisata di malang terbaru
Pantai Savana | Foto: jalanwisata.id

Lokasi: Desa Tambak Rejo, Kec. Sumberwanjing Wetan, Kab. Malang

Nah, itulah tadi rekomendasi tempat wisata di Malang terbaru dan yang sedang digandrungi. Bagaimana, Kawan Muda sudah tahu belum pengin berkunjung ke mana kalau liburan ke Malang?