Buat kalian penyuka mata pelajaran Geografi sewaktu SMA, kalian pasti tahu dong kalau ada sekitar 195 negara yang tersebar di seluruh dunia? Memang negara-negara yang kita kenal merupakan negara maju atau negara tersebut memiliki keunikan tertentu yang membuat kita mengetahui nama negara tersebut. Nah kebanyakan negara memiliki jumlah penduduk dan wilayah geografis yang besar, jadi kalian pasti heran jika mengetahui ada negara yang memiliki penduduk dan geografis yang kecil. Tapi memang ada ya negara seperti itu?

Percaya nggak percaya, ada lho negara yang memiliki luas geografis dan jumlah penduduk kecil, tapi mereka nyata dan berdaulat! Bahkan mereka sampai memiliki kartu pos dan prangko sendiri, lho! Penasaran kan negaranya apa saja? Dilansir dari feedfond, ini dia:

1. The Republic of Molossia

via: feedfond.com

Percaya atau nggak, The Republic of Molossia hanya dihuni oleh 7 orang dan memiliki luar geografis hanya 0.055 km persegi. Negara ini dibangun oleh Kevin Baugh dan terletak di Amerika Serikat. Mau tahu siapa saja penghuni negara ini? Penghuninya adalah Kevin sendiri, kemudian keluarganya, 3 anjing, 1 kucing, dan 1 kelinci. Uniknya nih, The Republic of Molossia memiliki lagu kebangsaan sendiri, emblem negara, bendera, hukuman mati, bahkan paspor dan program ke luar angkasa! Keren!

The Principality of Sealand

via: feedfond.com

The Principality of Sealand menjadi nomor 2 karena negara ini hanya dihuni oleh 27 orang, dengan luas geografis hanya 0.004 km persegi! Terletak sekitar 9.5 km dari Inggris, negara ini memiliki pemimpin yang disebut sebagai Prince Regent, dan uniknya lagi setiap orang bisa memiliki gelar kebangsaan seperti count, baron, bahkan duke! Kerennya lagi, kamu bisa dengan mudah membeli gelar kebangsaan untuk dirimu sendiri seharga ratusan poundsterling melalui website resmi negara ini.

3. The Principality of Hutt River

via: feedfond.com

Negara ini masuk ke peringkat ketiga karena memiliki luas sebesar 75 km persegi dengan penduduk sebanyak 30 orang. The Principality of Hutt River dibentuk oleh Leonard Casley, yang mendeklarasikan peternakannya bebas dari Australia. Negara ini tidak dikenali di Australia, tapi mereka memiliki mata uang, prangko, dan paspor sendiri.

4. The Principality of Seborga

via: feedfond.com

The Principality of Seborga merupakan negara contoh di Italia, yang dipimpin oleh Marcello I. Memiliki luas negara sebesar 4.91 km persegi dengan penduduk sebanyak 312 orang, negara ini merupakan sebuah desa kecil di dekat perbatasan Prancis. Uniknya nih, pasukan militernya hanya terdiri dari 3 orang, seorang menteri pertahanan dan 2 penjaga perbatasan.

5. Niue

via: feedfond.com

Mungkin diantara negara-negara lainnya, Niue bisa dianggap sebagai negara “kecil” karena luas geografis dan jumlah penduduk yang sesuai. Niue merupakan pulau kecil yang berada di kawasan Polynesia. Memiliki luas geografis 261.46 km persegi dengan jumlah penduduk 1190 orang, negara ini memiliki pemandangan yang bagus dan keren banget! Meskipun begitu, Niue termasuk negara yang tidak begitu terkenal di kalangan turis, dan sangat tergantung dengan bantuan luar, terlebih dari New Zealand. Bedanya dengan negara-negara diatas adalah Niue memiliki bandar udara dan supermarket sendiri.

Nah itu tadi adalah 5 negara yang memiliki jumlah penduduk serta luar geografis yang kecil. Nggak pernah membayangkan kan, ada negara seperti ini? Negara mana nih diantara list diatas yang paling unik menurut kalian? Kalau Kita Muda sih nomor 1, kamu yang mana?