10 Wisata Air Terjun Yang Sedang Hits Ini Bisa Mempercantik Feed Instagram-mu. Buruan Kesini!

Berbicara tentang pesona alam di Indonesia memang enggak ada habisnya, ya, Kawan Muda. Negeri kita ini tak hanya terkenal keindahan alamnya, destinasi wisatanya pun jempolan. Tak hanya pantai dan gunung, salah satu yang enggak boleh dilewatkan adalah air terjun.

Yup, akhir-akhir ini banyak bermunculan wisata air terjun yang ciamik di akun instagram traveling. Hal ini membuat banyak orang berbondong-bondong berwisata air terjun, yang membuat wisata air terjun menjadi hits di kalangan travel.

Kali ini, Kita Muda telah merangkum 10 air terjun yang sedang banyak diperbincangkan karena tempatnya instagramable banget. Penasaran apa saja? Yuk lah langsung kita lihat daftarnya, seperti yang dilansir dari Idntimes.com.

1. Air Terjun Cikanteh

Air Terjun Cikanteh
foto : backpackerjakarta.com

Curug Cikanteh yang berada di kawasan Ciletuh Geopark ini memiliki pemandangan bak surga tersembunyi. Meskipun untuk sampai ke tempat tersebut dibutuhkan waktu perjalanan yang lumayan, semua akan terbayar oleh eksotisme air terjun Cikanteh. Formasi bebatuan yang indah, suara derasnya air terjun di tengah kesunyian, serta suasana alami di sekitarnya akan membuatmu betah berlama-lama.

Lokasi: Ciletuh Geopark, Desa Ciwaru, Kec. Ciemas, Kab. Sukabumi, Jawa Barat. 

2. Air Terjun Luhur Cibinong

foto : panduanwisata.id

Cianjur ternyata menyimpan sejuta pesona wisata, salah satunya adalah Curug Luhur yang berada di Desa Cimaskara. Tempat ini masih sangat sepi, Kawan Muda, dan liburan di sana berasa air terjun milik sendiri. Ya, meskipun perjalanan menuju curug ini enggak mudah. Namun, jangan dilwewatkan lah kalau enggak pengin nyesel. Oh ya, untuk menikmati keindahan curug ini kamu hanya perlu membayar parkir dan tiket masuk seikhlasnya.

Lokasi: Desa Cimaskara, Kec. Cibinong, Kab. Cianjur Selatan, Jawa Barat. 

3. Air terjun Cibareubeuy

Air terjun Cibareubeuy
foto : instagram.com/heriand

Kalau yang satu ini adalah wisata air terjun yang sedang naik daun di Subang. Disamping kemegahan air terjun dan keasrian alamnya, keberadaan menara selfie di sana ternyata menarik banyak wisatawan untuk berkunjung. Karena tempatnya cukup terpencil, jangan lupa untuk mengandalkan GPS, ya, alias Gunakan Penduduk Setempat buat tanya-tanya letak curug ini. Untuk menikmati keindahan alam curug cibareubeuy sahabat traveler cukup merogoh kocek sebesar Rp 5.000 untuk tiket masuk dan parkir Rp 5.000.

Lokasi: Desa Cibeusi, Kec. Citer, Kota Subang, Jawa Barat. 

4. Air Terjun Lojahan

Air Terjun Lojahan
foto ; Instagram.com/khirza_fauzan

Banyak air terjun yang bisa kamu temukan di daerah Batang, tapi yang sedang hits di kalangan traveler ya Air Terjun Lojahan. Keindahan air terjun setinggi 40 meter lebih ini tidak perlu diragukan lagi. Apalagi wilayahnya yang masih sangat alami karena masih jarang dijamah oleh wisatawan. Soal fasilitas juga tak perlu khawatir karena sudah ada musala, MCK, penginapan, dan masih banyak lainnya di sekitar air terjun.

Lokasi: Desa Kali Tengah, Kec. Blado, Kab. Batang, Jawa Tengah. 

5. Tumpak Sewu

Air Terjun Tumpak Sewu
foto : instagram.com/donilaksono dan instagram.com/jejakbayuubay

Selanjutnya ada air terjun Tumpak Sewu yang jadi bahan perbincangan sejak tahun 2015 lalu. Bagaimana tidak, air terjun ini bahkan dijuluki Niagara-nya Indonesia karena ketinggiannya yang mencapai 180 meter. Akses menuju air terjun ini terbilang mudah, lho, karena letaknya tepat di pinggir jalan antar kota dalam provinsi. Nah, untuk menikmati air terjun ini, Kawan Muda harus membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000.

Lokasi: Desa Sidomulyo, Kec. Pronojiwo, Kab. Lumajang, Jawa Timur. 

6. Air Terjun Kapas Biru, Pronojiwo

Air Terjun Kapas Biru
foto : instagram.com/cahyoa_bas

Selain Tumpak Sewu, Lumajang masih punya air terjun menakjubkan lainnya yaitu Air Terjun Kapas Biru, yang juga terletak di Kecamatan Pronojiwo. Di air terjun ini, kamu bisa melakukan aktivitas seru seperti tubing atau arung jeram menggunakan ban karet. Seru bukan? Untuk menikmati keindahan air terjun ini, Kawan Muda harus membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000. Murah meriah banget!

Lokasi: Desa Pronojiwo, Kec. Pronojiwo, Kab. Lumajang, Jawa Timur. 

7. Air Terjun Kanto Lampo

Air Terjun Kanto Lampo
foto : instagram.com/josiahwg

Kalau kebanyakan air terjun terletak di kawasan perbukitan, air terjun ini berada di dekat pemukiman penduduk. Eits, tapi pemandangannya dijamin enggak mengecewakan deh! Karena panorama alam di sekelilingnya masih tertata alami dan jauh dari hiruk pikuk kehidupan perdesaan. Meskipun ketinggiannya hanya 15 meter, air terjunnya terbilang unik sehingga banyak wisatawan yang penasaran untuk berkunjung ke sini.

Lokasi: Desa Beng, Kec. Gianyar, Kab. Gianyar, Bali. 

8. Air Terjun Sekumpul

Air Terjun Sekumpul
foto : instagram.com/wahego

Masih di Pulau Dewata, Kawan Muda bisa mengunjungi Air Terjun Sekumpul yang ada di Kabupaten Buleleng. Sesuai dengan namanya, air terjun ini terdiri dari 7 buah air terjun. Wisatawan asing menjulukinya seven point waterfall sedangkan warga desa Sekumpul menyebutnya dengan nama Air Terjun Pemuatan. Meskipun untuk mencapai tempat ini dibutuhkan waktu sekitar 2,5 jam perjalanan dari Denpasar, keindahannya tak boleh dilewatkan.

Lokasi: Desa Sekumpul, Kec. Sawan, Kab. Buleleng, Bali. 

9. Air Terjun Bissappu

Air Terjun Bissappu
foto : instagram.com/noidstedja

Air terjun yang memiliki ketinggian 80 meter ini terletak sekitar 5 km dari ibu kota Kabupaten Bantaeng. Berwisata ke air terjun ini, kamu akan dibawa menelusuri hutan alami yang memiliki suasana romantis. Untuk bisa menikmati keindahan Air Terjun Bissappu, kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 saja. Oh ya, waktu terbaik untuk datang ke sini adalah di pagi hari biar kamu bisa dapat foto kece.

Lokasi: Desa Bonto Salluang, Kec. Bissappu, Kab. Bantaeng, Sulawesi Selatan. 

10. Air Terjun Penimbungan, Gunung Rinjani

Air Terjun Penimbunga
foto : instagram.com/donilaksono

Terakhir ada Air Terjun Penimbungan yang berada di jalur pendakian Gunung Rinjani. Air terjun setinggi 100 meter tersebut bisa ditempuh selama 2 jam perjalanan dari pintu masuk Torean. Pemandangannya begitu menenangkan dan pendaki biasa menjadikan air terjun ini sebagai tempat peristirahatan.

Lokasi: Taman Nasional Gunung RInjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat. 

Bagaimana, cantik-cantik kan pemandangannya? Selain bisa me-refresh pikiran, Kawan Muda juga bisa berfoto ria untuk mempercantik feed Instagram.

Dari daftar di atas, mana nih air terjun yang pengin kamu kunjungi? Oh ya, kalau Kawan Muda punya rekomendasi lain, jangan sungkan untuk menambahkannya di kolom komentar, ya 🙂