Suka wisata kuliner? Yuk, cobain jajanan kaki lima terbaik dunia di 9 kota ini!

Selain memanjakan mata dan pikiran, traveling juga bisa memanjakan perutmu. Ya, liburan itu memang kurang lengkap rasanya kalau belum mencoba kuliner khas dari tempat yang kita kunjungi.

Nah, untuk bisa menikmati sajian enak dan otentik dari suatu negara, kamu nggak harus kok datang ke restoran terbaik di wilayah tersebut. Street food atau jajanan kaki lima menjadi salah satu yang nikmat untuk dicoba saat melancong ke suatu tempat.

Jajanan kaki lima itu bisa menggambarkan keunikan suatu negara; nggak ada cara yang lebih baik untuk mengenal kuliner khas suatu negara selain mendatangi kedai pinggir jalan dan mencoba masakan rumahan yang dijual di sana.

 

BACA JUGA: Calon ibu rumah tangga, perlu kamu tahu, ini lho 8 makanan yang bisa beracun kalau dipanaskan kembali

 

Berikut adalah negara-negara dengan street food terbaik dan hidangan khas yang nggak boleh Kawan Muda lewatkan saat berlibur ke sana.

1. Singapura

via: cntraveler.com

Singapura adalah salah satu negara dengan street food paling aman di dunia karena aturan pemerintah yang cukup ketat tentang lokasi dan kebersihan. PKL di Singapura dikumpulkan di pusat-pusat jajanan, beberapa yang terbesar dan populer adalah Lao Pa Sat dan Chinatown Complex Food Center.

Kalau kamu mengunjungi pusat jajanan jangan lupa mencoba nasi Hainan, mi laksa, ice kachang, dan min chiang kueh (pancake kacang).

2. Bangkok, Thailand

via: keitopotato.files.wordpress.com

Masih di kawasan Asia Tenggara, Bangkok juga menjadi surga bagi pecinta jajanan kaki lima. Kamu akan menemukan banyak pilihan makanan dari makanan berat sampai makanan penutup. PKL di Bangkok dapat ditemukan di jalanan padat seperti daerah Victory Monument.

 

BACA JUGA: 3 Kebenaran tentang aturan makanan jatuh sebelum lima menit

 

Kuliner kaki lima rekomendasi di Bangkok antara lain pad Thai (seperti kwetiau goreng),  pad see ew (mie tumis), som tum gai (salad pepaya muda), dan mango sticky rice (ketan dengan mangga dan saus manis).

3. Tokyo, Jepang

via: klook.com

Makan sambil jalan memang dianggap nggak sopan di Tokyo, tapi kamu masih bisa menemukan pusat jajanan kaki lima di sini. Salah satu yang terkenal adalah Pasar Ikan Tsujiki yang dijuluki sebagai surganya seafood.

Selain menikmati olahan seafood yang segar di Pasar Tsujiki, kamu juga bisa menikmati jajanan kaki lima lain yang nggak kalah enak seperti okonomiyaki (omelet Jepang), taiyaki (waffle berbentuk ikan dengan isi pasta kacang merah), takoyaki (bola-bola isi potongan gurita), dan yakitori (sate ayam Jepang).

4. Hong Kong

via: cntraveler.com

Jajanan kaki lima di Hong Kong juga nggak kalah enak dan beragam lho pilihannya. Kalau jalan-jalan ke pusat kota, kamu akan menemukan banyak pedagang yang menjual egg waffle aneka rasa yang sangat populer di sana.

 

BACA JUGA: Ini dia 15 wujud makanan termahal di dunia yang harganya bikin geleng-geleng kepala!

 

Kamu juga nggak boleh melewatkan stinky tofu , cheung fun (mie beras dengan saus manis dan kacang), kari bakso ikan, dim sum, Hong Kong’s toast (roti digoreng dengan telur dan disiram susu kental manis),

5. Sydney, Australia

via: sydneyfishmarket.com.au

Sebagai kota pelabuhan, Sydney memiliki jajanan seafood kaki lima dengan kualitas terbaik. Beragam ikan, udang, tiram, cumi sampai lobster tersedia di Sydney. Makanan kaki lima di Sydney biasanya dijual di foodtruck-foodtruck.

Nah karena masyarakat Sydney beragam, berbagai jenis makanan kaki lima dari beberapa negara juga bisa ditemukan di sini. Misalnya, banh mi atau semacam sandwich dari Vietnam.

6. Istanbul, Turki

via: globalgoodfood.com

Kamu bisa menemukan jajanan khas Turki seperti roti simit di jalanan Istanbul. Selain itu, kamu bisa mencoba kumpir atau semacam kentang panggang dengan berbagai macam topping. Pecinta kebab juga bisa menjajal kebab khas Turki yaitu balik ekmek.

 

BACA JUGA: Cerdaslah memilih makanan! Hindari beberapa makanan ini agar otakmu nggak mengalami kemunduran

 

Beberapa tempat di Turki yang penuh pedagang makanan adalah di area Karakoy dan Ortakoy. Kalau ingin lebih puas jajan lagi, kamu harus mengunjungi Istiklal Caddesi di area Taksim yang merupakan surganya jajanan.

7. Marrakesh, Maroko

via: youtube.com

Marrakesh menjadi kota metropolitan dengan jajanan kaki lima paling menggoda. Nah, surga makanan kaki lima bisa kamu temukan di alun-alun Djeema El Fna. Beragam kuliner khas Timur Tengah, Afrika, Asia sampai campuran dari Eropa ada di tempat ini.

Beberapa rekomendasi street food di Maroko adalah tagine, ghoulal (sup bekicot), b’stilla (pie burung), chebakia (kue wijen).

8. Mumbai, India

via: allclip.net

Mumbai adalah surga jajanan murah dan enak. Ada lebih dari 17.000 pedagang kaki lima berlisensi di Mumbai.

 

BACA JUGA: Bikin lidahmu menari-nari dengan mencicipi 10 kuliner khas Malang ini

 

Makanan kaki lima rekomendasi di Mumbai adalah pav bhaji (roti kari), samosa, pani puri (roti isi sayuran), bhel puri (campuran nasi dan mie sohun yang digoreng garing lalu disiram saus asam) dan es tebu.

9. Mexico City, Meksiko

via: eater.com

Enak, murah dan otentik, itulah ciri khas makanan kaki lima yang dijual di Mexico City. Tempat ini memiliki ribuan kios dengan beragam makanan kaki lima yang siap memanjakan lidahmu.

Makanan khas yang dijajakan oleh pedagang kaki lima yang wajib kamu coba antara lain tirtas de pierna (sandwich isi), tacos al pastor (tortilla isi), churros, dan empanada (semacam pastel berisi daging pedas).

***

Hmmm, bikin ngiler kaaan?!!! Nah, kalau Kawan Muda pernah berlibur ke suatu tempat yang memiliki jajanan kaki lima lezat tapi belum disebutkan di atas, share ke Kita Muda di kolom komentar ya!