6 destinasi wisata anti mainstream di pulau terluar Indonesia

Membicarakan tempat-tempat wisata di Indonesia memang nggak ada habisnya. Apalagi kalau membahas tentang destinasi wisata pulau atau laut yang ada di sini! Sebagai Negara kepulauan yang memiliki lebih dari 17 ribu pulau, Indonesia tentunya memiliki potensi wisata yang besar dan tujuan wisata yang beragam.

Destinasi wisata di pulau-pulau besar dan utama di Indonesia mungkin sudah pernah kamu kunjungi. Tapi pernah nggak Kawan Muda kepikiran untuk mengunjungi pulau-pulau yang belum banyak dieksplor atau bahkan nggak berpenghuni?

 

BACA JUGA: Menginap di hotel nggak selalu mahal. Buktinya 11 hotel di Bali ini murah meriah dengan view yang nggak kalah berkelas

 

Nah, kalau kamu suka mengunjungi destinasi wisata yang nggak biasa, pulau-pulau terluar di Indonesia bisa jadi pilihan tempat liburan berikutnya. Emang sih lokasinya lumayan jauh dari pulau-pulau utama, tapi perjuangan untuk sampai di sana akan sebanding dengan keindahan alam yang ditawarkan. Dijamin deh nggak kalah menarik dengan pulau-pulau yang populer di Indonesia!

1. Pulau Asu, surga dunia di Nias Barat yang ombaknya digilai surfer mancanegara

via: lihat.co.id

Pulau kecil nan menawan ini merupakan bagian dari Kepulauan Hinako dan merupakan pulau terluar di Indonesia. Pulau Asu memiliki pantai dengan butiran pasir yang lembut serta air yang sangat jernih. Memiliki ombak setinggi 4—7 meter dan panjang ombak mencapai 200 meter membuat Pulau Asu menjadi destinasi favorit para peselancar.

Buat yang nggak suka berselancar, kamu bisa melakukan aktivitas lain seperti berjemur di pantai, berenang, tracking keliling pulau hingga memancing. Suasana pulau yang sangat tenang— karena hanya memilki penghuni tetap sekitar 20 kepala keluarga—akan membuatmu betah berlama-lama di sini!

Lokasi: Pulau Asu, Kabupaten Nias, Sumatera Utara.

2. Pulau Berhala, pulau perawan dengan kekayaan terumbu karang yang menakjubkan

via: dimedan.co

Pulau terluar yang terletak di perbatasan Indonesia dan Malaysia ini memiliki pantai yang cantik dan eksotis! Pulau seluas 2,5 hektar ini kondisinya masih alami:  berbukit rimbun, kaya flora dan fauna, dihiasi batu-batu cadas, dan hamparan pantai pasir putih yang eksotik.

 

BACA JUGA: Bikin lidahmu menari-nari dengan mencicipi 10 kuliner khas Malang ini

 

Kamu bisa naik ke atas mercusuar lho untuk menikmati keindahan setiap sudut pulau ini. Kamu juga bisa camping atau melihat penyu bertelur di pulau ini. Selain itu, terumbu karangnya yang terkenal bagus akan memuaskan kamu yang memiliki hobi snorkeling. Seru kan?!

Lokasi: Pulau Berhala Serdang Bedagai, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara.

3. Pulau Nusa Manuk, pulau kecil eksotis yang menjadi habitat ratusan burung

via: sawarna.net

Pantai terluar yang berbatasan dengan Australia ini memiliki pasir putih yang bersih. Pantainya yang menjorok ke daratan dengan ombak yang tidak terlalu besar, sangat cocok buat kamu yang ingin bersantai-santai menikmati pemandangan pantai yang indah ditemani deburan ombak. Kamu juga aman untuk berenang atau berselancar di sini.

Selain menikmati pemandangan pantai yang indah, kamu bisa melihat satwa-satwa liar yang ada di sini seperti monyet dan burung. Ya, di sini banyak burung-burung yang sedang singgah dari migrasinya dan mereka berasal dari berbagai negara lho!

Lokasi: Pulau Nusa Manuk, Tasikmalaya, Jawa Barat.

4. Pulau Nusa Barong, pulau terluar di selatan Jawa yang cantiknya nggak kalah dengan Phi Phi Island

via: adventurewisata.blogspot.co.id

Kalau Papua punya Raja Ampat yang memiliki pemandangan cantik mirip dengan Phi Phi Island, Pulau Jawa punya Pulau Nusa Barong yang menawarkan sensasi berlibur layaknya di Phi Phi Island. Pulau ini memiliki gugusan batu-batu yang indah dan hamparan pantai pasir putih. Hutan di pulau ini masih alami dan kaya flora fauna sehingga membuat udaranya sangat sejuk.

 

BACA JUGA: Yakin kamu masih nafsu makan kalau makan di 13 restoran ini?

 

Keindahan bawah lautnya juga nggak kalah memukau. Kamu bisa snorkling di sekitar pantai sambil ditemani ikan-ikan laut dan terumbu karang yang sangat cantik. Lautnya juga sangat biru dan jernih. Tapi, kalau kamu mau berenang nggak disarankan ya untuk berenang terlalu jauh ke tengah.

Lokasi: Pulau Nusa Barong, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

5. Pulau Maratua, pulau dengan eksotisme kehidupan bawah laut dan surga bagi pecinta diving

via: ulinulin.com

Pulau yang terletak di  Kepulauan Derawan  serta berbatasan dengan Malaysia dan Filipina ini memiliki keindahan pantai dan bawah laut yang luar biasa. Pecinta diving akan dimanjakan dengan ratusan jenis ikan dan terumbu karang yang begitu menggoda. Sekalinya menyelam dan menikmati air laut yang sangat jernih, kamu bisa lupa daratan deh!

Nggak hanya itu, pantai yang bersih dengan pasir berwarna putih dan pemandangan air laut yang biru akan membuatmu betah berlama-lama di pulau ini.

Lokasi: Pulau Maratua, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

6. Pulau Alor, pulau yang menawarkan wisata budaya hingga pesona alam bawah laut yang diakui dunia

via: pedomanwisata.com

Pulau yang terletak di ujung timur Kepulauan Nusa Tenggara dan merupakan salah satu pulau terluar yang berbatasan langsung dengan Timor Leste di sebelah selatan. Banyak objek wisata yang dapat kamu  temukan di sini. Mulai dari wisata budaya, religi sampai wisata alam bawah lautnya yang menawan.

 

BACA JUGA: 22 Hotel unik yang bikin kamu betah berlama-lama saat liburan

 

Pulau Alor memiliki keindahan alam bawah laut berupa ikan-ikan langka yang indah serta karang dan tumbuhan-tumbuhan laut yang begitu mempesona. Penyelam dari berbagai negara di dunia pun sepakat bahwa alam bawah laut pulau ini adalah yang terindah nomor dua setelah Kepulauan Karibia! D

Lokasi: Pulau Alor, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur

**

Hayo, pulau mana nih yang bikin kamu penasaran untuk mengunjunginya?!