13 spot diving terbaik di Nusantara yang harus banget kamu jelajahi!

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar dengan garis pantai terpanjang kedua di dunia. Tak heran bila wilayah ini sangat kaya akan wisata bawah lautnya. Hal ini juga membuat Indonesia memiliki banyak sekali objek wisata bawah laut dengan keindahan terumbu karang dan keanekaragaman biota laut.

Hmm, rasanya rugi kalau kamu nggak menyempatkan untuk menikmati keindahan bawah laut dengan snorkeling atau bahkan mencoba scuba diving. Wisatawan mancanegara saja berbondong-bondong datang untuk menyelam di spot-spot terbaik di Indonesia—yang beberapa di antaranya dinobatkan sebagai spot diving terbaik di dunia.

 

BACA JUGA: Setelah mengetahui 7 tempat ini, kamu akan ngebet liburan ke Papua!

 

Nah kalau ada rencana liburan dan belum menentukan mau kemana, Kawan Muda mungkin bisa mencoba snorkeling atau diving di tempat terbaik di Indonesia ini. Hmm, penasaran apa saja? Yuk langsung saja kita lihat satu per satu di bawah ini.

1. Lokasi: Pulau Weh, Kota Sabang, Aceh.

via: akolodnerphotography.com

Pulau Weh merupakan pulau yang terletak di bagian barat laut ujung Pulau Sumatra dan masuk dalam wilayah Provinsi Aceh. Di sini terdapat 20 spot diving yang bisa kamu coba. Beberapa spot diving terbaik adalah Bate Tokong, Seulako Barat, serta The Canyon.

2. Lokasi: Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

via: paketbackpackerkarimunjawa.com

Karimunjawa adalah gugusan kepulauan yang terletak di Laut Jawa yang ditetapkan menjadi Taman Nasional sejak 15 Maret 2001. Kepulauan Karimunjawa memiliki sedikitnya 30 spot diving yang bisa kamu coba.

 

BACA JUGA: Sebelum traveling ke 13 negara ini, kamu wajib tahu peraturan aneh yang ada di sana!

 

Pesona bawah laut yang bisa kamu temukan antara lain tutupan terumbu karang yang rapat, berbagai jenis satwa laut seperti ikan napoleon, penyu sisik, dan penyu hijau.

3. Lokasi: Pulau Menjangan, Kabupaten Buleleng, Bali.

via: wiranurmansyah.comPulau Menjangan terletak di ujung barat laut Pulau Bali dan merupakan bagian dari Taman Nasional Bali Barat (TNBB ). Pulau Menjangan dikenal oleh para diver sebagai tempat wall diving terbaik di Bali .

4. Lokasi: Pantai Tulamben, Kabupaten Karangasem, Bali.

via: goodlandbalitour.com

Diving di Tulamben memiliki keunikan tersendiri karena di kedalaman 30 meter terdapat bangkai kapal US Liberty yang karam akibat ditorpedo Jepang pada Perang Dunia II.

 

BACA JUGA: 10 surga terindah di Gorontalo yang wajib dikunjungi saat liburan

 

Keragaman biota laut seperti terumbu karang, ikan-ikan hias, plankton, rumput laut dan kehidupan alam laut lainnya menjadikan tempat ini sebagai salah satu spot diving terbaik di dunia.

5. Lokasi: Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

via: derawandivelodge.com

Kepulauan Derawan, dengan pulau-pulaunya yang terkenal seperti Derawan, Maratua, Sangalaki, dan Kakaban, ini memiliki surga bawah laut yang luar biasa cantik. Di 28 titik penyelaman yang tersebar, kamu akan menemukan 460 jenis karang dan lebih dari lebih dari 870 jenis ikan!

6. Lokasi: Pulau Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

via: jayakartakomodoflores.com

Selain terkenal dengan hewan purbanya, Taman Nasional Komodo juga dikenal sebagai jantung Segitiga Terumbu Karang dengan keanekaragaman hayati laut paling kaya di dunia.

 

BACA JUGA: Biar gak ke situ-situ aja, 10 destinasi wisata baru di Yogya ini wajib kamu coba!

 

Kurang lebih terdapat 42 spot diving yang bisa kamu temukan di pulau ini.

7. Lokasi: Pulau Alor, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur.

via: bargedoctor.com

Di Alor setidaknya terdapat 50 titik menyelam yang tersebar sampai ke Pulau Pantar. Nah, di beberapa titik penyelaman Pulau Alor, kamu bisa menemukan beragam biota laut langka. Titik-titik terbaik diving di wilayah ini dikenal dengan sebutan Baruna’s Dive Sites at Alor.

8. Lokasi: Pulau Bunaken, Kota Manado, Sulawesi Utara.

via: divefroggies.com

Laut Bunaken adalah rumah bagi lebih dari 390 spesies koral serta ratusan jenis ikan, reptil, dan makhluk laut lainnya.

 

BACA JUGA: Trenggalek mungkin terdengar asing. Tapi Kabupaten ini menyimpan segudang pantai yang wow banget!

 

Di sini terdapat 20 titik penyelaman yang bisa kamu jelajahi, antara lain Tembok Lekuan, Mandolin, Bunaken Timor, Tanjung Kopi, dan reruntuhan kapal di Manado.

9. Lokasi: Selat Lembeh (Pulau Lembeh), Kota Bitung, Sulawesi Utara.

via: kaskus.co.id

Selain Bunaken yang terkenal dengan keindahan taman lautnya, masih ada lagi tempat yang nggak kalah keren yaitu Pulau Lembeh. Spot diving di Selat Lembeh ini sudah nggak asing lagi bagi para wisatawan mancanegara. Selat Lembeh memiliki 88 lokasi titik penyelaman yang bisa memanjakan mata setiap penyelam yang menjelajah ke sana.

10. Lokasi: Taman Nasional Wakatobi, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

via: tourism-spot.com

Wakatobi sangat terkenal di kalangan penyelam baik lokal maupun mancanegara sebagai salah satu tempat dengan biota laut terkaya di dunia dan memiliki topografi bawah laut yang bervariasi.

 

BACA JUGA: Kreatif! Orang ini merangkai bebatuan pantai menjadi karya seni bernilai tinggi

 

Hmm, tapi kamu harus berhati-hati ya karena arus di spot ini cukup kuat.

11. Lokasi: Kepulauan Banda, Maluku.

via: marischkaprudence.blogspot.co.id

Kepulauan Banda adalah kumpulan pulau vulkanis yang terletak di Laut Banda dan masuk wilayah Provinsi Maluku. Kepulauan ini memiliki taman laut yang ciamik sehingga menyelam menjadi daya tarik utama di sini. Kepulauan Banda memiliki 25 spot menyelam, yang paling terkenal adalah Sonegat, Pulau Keraka, Pulau Syahrir Batu Kapal, Pulau Hatta, dan Pulau Ai.

12. Lokasi: Teluk Cendrawasih, Kabupaten Teluk Wondama, Papua.

via: octbela.blogspot.co.id

Selain menjadi surga bagi aneka ragam biota laut, tempat ini menjadi pusat penelitian hiu paus atau whale shark lho!

 

BACA JUGA: Gak hanya pantai dan gunung saja, danau-danau di Indonesia juga luar biasa indahnya!

 

Tenang, hiu ini jinak kok jadi kamu aman berenang-renang dan menyelam di sini.

13. Lokasi: Kepulauan Raja Ampat, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat.

via: pindito.com

Surga menyelam yang paling terkenal nggak cuma di Indonesia, tapi juga di dunia. Kekayaan biota lautnya membuat Raja Ampat dijuluki sebagai “Live Library” dari koleksi terumbu karang dan biota laut yang sangat beragam di dunia. Siapa pun pasti takjub dengan pesona terumbu karang di tempat ini.