3570 views

Setelah mengetahui 7 tempat ini, kamu akan ngebet liburan ke Papua!

Saat mendengar nama Papua, pasti yang terlintas di kepala Kawan Muda adalah Raja Ampat yang luar biasa mempesona dan tersohor hingga mancanegara itu. Hemm, padahal Bumi Cendrawasih ini memiliki banyak potensi wisata lainnya yang nggak kalah indah dengan Raja Ampat.

Eits, bukan berarti Raja Ampat nggak keren. Keren banget malah! Hanya saja, alam Papua yang masih alami dan perawan membuatnya kaya akan tempat-tempat eksotis yang masih “tersembunyi” dan harus kita eksplor lebih dalam lagi. Ya, biar kamu punya banyak alternatif saat berkunjung ke Papua.

 

BACA JUGA: 10 Tempat wisata eksotis di Bogor yang menunggu kehadiranmu

 

Nah, kira-kira tempat wisata mana saja sih yang harus masuk daftar liburanmu selain Raja Ampat?! Kita Muda akan kasih bocorannya di bawah ini. Simak ya!

1. Menikmati keindahan laut Biak Timur dari atas karang terjal bibir Pantai Anggaduber.

via: Instagram @novansetya2

Pantai dengan pasir putih yang indah dan perairannya sangat cocok untuk berenang atau menyelam. Selain itu, kamu bisa menguji adrenalin dengan melompat dari atas batu karang besar di ujung pantai.

Pantai ini terletak di Distrik Oridek, sekitar satu jam berkendara dari Kota Biak. Karena pantai ini masih dikelola secara swadaya dan alami, pengunjung dikenakan tarif parkir sebesar Rp 50.000,00 untuk mobil dan Rp 20.000,00 untuk motor. Uang ini nantinya digunakan untuk merawat fasilitas pantai. Hemm, sepadan lah dengan alamnya yang bersih dan terjaga.

Lokasi: Pantai Anggaduber, Kabupaten Biak Numfor, Papua.

2. Kamu juga bisa menikmati keindahan danau di Papua lho. Ada Danau Sentani yang terbesar di Papua dan memiliki pemandangan ciamik!

via: Instagram @ridhahayat

Kamu wajib banget mengunjungi danau ini kalau sedang berlibur ke Papua. Pemandangan danau dengan 22 pulau yang tersebar di dalamnya akan membuatmu merinding saking takjubnya dan bakal betah deh ada di sana. Akses untuk ke danau ini juga sangat mudah, hanya 2—3 jam perjalanan dari Jayapura.

 

BACA JUGA: Indonesia rasa luar negeri? Ini lho 12 tempat wisata di Indonesia yang mirip di luar negeri!

 

Nah, kalau kamu berencana berkunjung ke Danau Sentani, lebih baik datang pada bulan Juni yang bertepatan dengan diadakannya Festival Danau Sentani. Di festival ini kamu bisa menikmati tarian tradisional Papua, upacara adat, dan tentunya kuliner khas Papua. Seru banget!

Lokasi: Danau Sentani, Pegunungan Cagar Alam Cyclops , Kabupaten Jayawijaya, Papua.

3. Danau Habema atau Danau di Atas Awan juga wajib banget kamu sambangi!

via: Instagram @natgeoindonesia

Mengunjungi danau ini akan memberimu sensasi berbeda karena kamu bisa menikmati pemandangan salju abadi dari sini. Letaknya tepat di kaki Gunung Trikora yang berada dalam kompleks Pegunungan Jayawijaya. Untuk mencapai danau memang nggak mudah sih karena tempatnya yang terpencil.

Kamu harus menempuh jarak 48km dari Kota Wamena untuk kemudian mendaki menuju arah pegunungan Jayawijaya. Kamu harus mendaki sekitar satu jam dari gerbang checkpoint untuk sampai di danau ini. Jalanannya berlumpur dan suhunya dingin banget, 7—8 derajat celcius! Perjuangannya memang berat, tapi kalau sudah sampai di tempat ini rasanya…..nggak bisa berkata-kata mungkin!

Lokasi: Pegunungan Jayawijaya, Kabupaten Jayawijaya, Papua.

4. Kalau masih kurang puas lihat salju, kamu bisa mengunjungi Danau Idenberg yang ada di Pegunungan Jayawijaya juga.

via: Instagram @lukmanhakimramadhan

Kalau Danau Habema ada di ketinggian 3.225 mdpl, Danau Idenberg ini lebih di atas lagi yaitu di ketinggian 4.313 mdpl. Menikmati keindahan puncak tertinggi Jayawijaya memang pas banget dilihat dari danau ini.

 

BACA JUGA: 8 destinasi wisata ekstrem yang harus masuk dalam daftar liburanmu!

 

Tapi, medan yang harus kamu lewati cukup berat karena harus mendaki hingga ketinggian 4.313 mdpl dan medannya juga penuh dengan bebatuan tajam. Kamu harus sabar mendaki selama dua jam untuk bisa menikmati keindahan danau dan kalau beruntung kamu juga bisa menikmati danau yang diselimuti salju.

Lokasi: Pegunungan Jayawijaya, Kabupaten Jayawijaya, Papua.

5. Bergeser ke Papua Barat, kamu harus mengunjungi Danau Uter. Surga tersembunyi yang disebut-sebut sebagai danau terjernih di Indonesia.

via: Instagram @dimas_djati

Danau Uter terletak di kampung Sris, Distrik Aitinyo, Kabupaten Maybarat. Keberadaan danau ini tersembunyi di tengah hutan, tertutup oleh hutan belantara dan belum banyak terjamah tangan manusia. Karena itulah, danau ini masih alami dan sangat bersih. Airnya bening membiru dan tembus pandang hingga ke dasar.

Nah, untuk menikmati pemandangan yang mewah tersebut nggak susah kok. Pertama, kamu harus naik pesawat dari Sorong ke Bandara Kambuaya dengan waktu 30 menit. Dari Bandara Kambuaya dilanjutkan perjalanan darat selama satu jam menuju kampung Sris. Kalau sudah sampai di kampung Sris, untuk mencapai bibir danau kamu tinggal berjalan kaki saja melewati jalan yang sudah disemen.

Lokasi: Danau Uter, Kabupaten Maybrat, Papua Barat.

6. Mumpung masih di Kabupaten Maybrat, jangan lupa melipir ke si cantik Danau Framu ya!

via: Instagram @judikaandaria

Danau Framu adalah bagian kecil dari Danau Ayamaru yang terletak di Kabupaten Maybrat Propinsi Papua Barat. Pemandangan danau ini luar biasa cantik karena berada di tengah tebing-tebing tinggi. Airnya jernih dengan gradasi warna kuning, hijau, dan biru akan memanjakan mata dan membuatmu ingin langsung nyebur ke danau.

 

BACA JUGA: 15 tempat wisata indah di Aceh yang wajib banget dikunjungi!

 

Untuk menuju kesana kamu bisa menggunakan kendaraan roda dua atau empat. Pertama-tama, kamu harus menuju Distrik Ayamaru di Kabupaten Maybrat. Kalau sudah sampai di Ayamaru, kamu tinggal masuk hutan dan melewati jalan setapak yang akan mengarahkanmu ke danau. Kamu hanya membutuhkan waktu 30 menit saja untuk berjalan kaki.

Lokasi: Danau Framu Ayamaru, Kabupaten Maybrat, Papua Barat.

7. Lupakan sejenak Raja Ampat dan buka hatimu untuk surga yang lain di Papua, Pulau Rumberpon.

via: Instagram @adi_uw

Pulau Rumberpon menawarkan suasana yang tenang layaknya berada di pulau pribadi.. Kalau orang-orang menjuluki Raja Ampat sebagai surga besarnya, maka Pulau Rumberpon adalah surga kecilnya. Pulau ini terletak di Teluk Wondama dan kamu butuh waktu 5 jam naik speed boat dari Manokwari untuk sampai ke sana.

Meski perjuangannya berat, kamu nggak akan nyesel deh saat melihat pemandangan laut biru dan keindahan terumbu karang yang akan membuatmu nggak bisa berkata-kata! Di Pantai Rumberpon kamu bisa melakukan segala jenis kegiatan air seperti menyelam, scuba diving, ski air, sampai berselancar.

Lokasi: Pulau Rumberpon, Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat.