Segarnya Air Terjun Oehala, jadi pengen piknik kesini aja

air terjun oehala ntt
Foto : Roypazhakuankefa.blogspot.co.id

Memiliki kondisi alam yang panas, kering dan tandus, menjadi ciri khas Kota Kupang, NTT, Suhunya bisa sampai 42 derajat celcius. Nah saat cuaca yang kurang bersahabat, enaknya jalan-jalan ke pegunungan di daratan timor yaitu kabupaten Timor tengah Selatan (TTS) di SoE.

Kabupaten Timor ini dikenal dengan pesona alamnya yang luar biasa lho, salah satunya adalah air terjun tujuh tingkat Oehala.

Kondisi alam yang panas, tidak berlaku di Air Terjun yang \unik ini, karena kesegaran airnya akan siap membalutmu menuntaskan rasa panas. Keunikan yang dimiliki oleh air terjun Oehala adalah air terjunnya yang bertingkat-tingkat. Jadi dari puncaknya air tidak langsung tumpah ke dasar, melainkan air akan turun secara bertahap pada tebing air terjun yang berbentuk seperti tangga raksasa.

oehala
Foto : Instagram @ang_budi

Air terjun ini memiliki 4 tingkat yang harus dilalui oleh air sebelum bisa mencapai dasar air terjun. Karena ada beberapa tingkat air terjun, maka kamu bisa naik ke atas tingkat air terjun tersebut. Untuk menaikinya, kamu perlu berhati-hati dalam memanjat ya! Karena permukaan batuan yang menjadi lantai pada setiap tingkat air terjun Oehala bisa menjadi snagat licin untuk dipijak.

air terjun oehala
Foto : Instagram @fany_cahyawati

Dinginnya air yang mengalir di air terjun dengan pemandangan yang sungguh indah dari air terjun ini menjadikan salah satu cara untuk ngadem di panasnya udara pulau ini. Banyak wisatawan yang datang untuk bermain air atau sekedar berfoto maupun duduk menikmati keadaan alam disekitar air terjun

Desa Oehala, desa di mana air terjun berada berada sekitar 13 km dari kota SoE (10 km dari dari jalan utama plus 3 km masuk ke dalam). Sebagai salah satu andalan wisata Kabupaten Timor Tengah Selatan, air terjun Oehala termasuk belum mendapat perhatian khusus dari pemerintah setempat. Buktinya, jalan menuju air terjun masih agak sulit untuk dilewati kendaraan pribadi, beberapa ruas jalan masuk ke dalam, aspalnya sudah banyak berlubang. Buruknya kondisi jalan tentu akan menambah lama perjalanan.

oehala waterfall
Foto : Instagram @christnsanam

Untuk memasuki tempat wisata ini, per orang akan dikenakan tarif masuk Rp3.000. Beberapa sarana seperti toilet dan kamar mandi sudah tersedia di tempat ini walaupun kondisinya tidak terlalu bagus. Ada banyak lopo (ruang istirahat khas Timor beralatapkan daun jerami) yang dibangun untuk fasilitas beristirahat. Diluar itu telah ada beberapa warung makanan & minuman di sekitar air terjun ini.

Walaupun fasilitas pendukung yang sempat dibangun di kawasan air terjun Oehala berada dalam kondisi yang baik. Namun hal tersebut tidak menghilangkan pesona air terjun Oehala sendiri. Karena memang tanpa semua fasilitas yang ada, air terjun Oehala sendiri sudah sangat indah.

air terjun oehala nusa tenggara timur
Foto : Instagram @elisabethdjodi

Masyarakat Kupang tentu sangat terbantu dengan adanya Air Terjun ini,  karena Air terjun ini udah pernah melewati beberapa kali musim kemarau terparah yang pernah dialami Kupang. Namun debit airnya selalu stabil mengalir melewati hutan yang ada didekat air terjun. Ditambah lagi dengan kondisi airnya yang begitu jernih. Sehingga kawasan ini bisa menjadi daerah cadangan air bagi penduduk kota Kupang. Terutama pada saat musim kemarau. Nah, tertarik mengunjungi Air Terjun yang keren ini? Jangan lewatkan waktumu untuk mampir kesini ya bila sedang berada di Kupang.