Menikmati birunya mata air umbul cokro Klaten, segernya kebangetan!

Foto : Instagram @andrechristian9

Ada banyak sekali sumber mata air di Jawa Tengah yang menjadi tempat wisata tujuan para traveller. Siapa tidak tahu Umbul Ponggok? Sebuah kolam dengan sejuta keindahan didalamnya. Jika sebelumnya traveller berbondong-bondong ingin menyelam di umbul ponggok karena indahnya isi kolam tersebut, maka kini ada destinasi baru yang bisa kamu pilih untuk bermain dinginnya sumber mata air Klaten, yakni Umbul Cokro.

Umbul Cokro, terletak di Desa Cokro, Kecamatan Tulung, Klaten, Jawa Tengah. Tempat wisata pemandian mata air ini tak pernah sepi dari pengunjung. Selain kolam mata air yang jernih dengan nuansa kebiru-biruan saat menyelam, Udara sejuk langsung menyambut siapa saja yang datang. rimbunnya pepohonan yang mengelilingi kolam ini serta gemercik air yang mengalir deras dari Sungai Cokro menjadikan tempat ini sangat cocok untuk tujuan travellingmu.

umbul cokro
Foto : Instagram @endy_langobelen

Menurut sejarah, Umbul Cokro ini memiliki nama Umbul Ingas, dinamakan Umbul Ingas karena sumber mata airnya berasal dari pepohonan Ingas yang berada di dekat sumber mata air ini. Sumber mata air ini sudah ada sejak zaman pemerintahan Raja Keraton Kasultanan Surakarta SISKS Paku Buwana ke- IX. Kolam mata air di sini tidak terlalu dalam, yakni sekitar 80cm. Kolam mata air tersebut dihiasi oleh bebatuan kali, dan jangan khawatir karena arus air di Umbul Cokro sangatlah tenang.

umbul cokro klaten
Foto : indischemr

Selain menyajikan birunya mata air Umbul Cokro, kamu bisa menikmati wahana arung jeram disini. Tersedia juga berbagai macam wahana air seperti water sliding, flying fox dan juga arena bermain anak.

Untuk fasilitas penunjang seperti kamar ganti dan bilas juga sudah tersedia di tiap sudut tempat wisata ini. Disini juga sudah terdapat warung – warung penjual makanan dan minuman, sehingga kamu nggak perlu khawatir kelaparan saat sedang berada di tempat ini.

umbul cokro klaten jawa tengah
Foto ; Instagram @dzakwanfadilz

Untuk menuju kolam ini, kamu harus menyebrang sebuah jembatan gantung yang lumayan panjang. Pada saat menaiki jembatan ini, mungkin akan membuatmu merinding pada awalnya, karena setiap ada orang yang melewati jembatan ini akan terasa bergoyang. Namun kamu tidak perlu khawatir, karena sudah dipastikan keamanannya oleh pengelola Wisata Umbul Cokro.

Tiket masuk Umbul Cokro seharga Rp.10.500,- namun jika kamu ingin menikmati wahana lainya, ada biaya tersendiri. Bagi kamu yang lebih memilih tenang dan sepi, sebaiknya datang disaat weekday. Tertarik mengunjungi Wisata Umbul Cokro ini? Kesini Aja!