Kalau kamu traveler sejati, 10 tempat menarik di Samarinda ini harus kamu kunjungi

samarinda
Source : bujangmasjid.blogspot.com

Yang sedang booming nggak cuma Awkarin, tapi juga acara piknik kekinian yang biasanya disebut traveling. Anak muda berbondong-bondong menjelajah pelosok negeri demi mempercantik sosmed mereka. Apa kamu salah satunya?

Kalau iya, coba deh eksplore daerah Samarinda. Di sana kamu akan menemukan beragam wisata baru yang greget abis. Apa aja? Simak ya…

#1. Kenalan dulu sama Air Terjun Tanah Merah.

air-terjun-tanah-merah
Foto : travel.detik.com

Air terjun ini terletak di Tanah Merah, Samarinda Utara. Di sana kamu akan disambut pemandangan indah nan segar dari air terjun setinggi 15 meter. Uniknya, saat kamu melihat ke bawah, airnya akan menghasilkan warna kemerahan dari tanah gambut. Satu hal lagi, ketika kamu lelah menjelajah kamu bisa bersantai di gazebo sambil makan di warung makan sekitarnya.

#2. Bersantai di air terjun Pinang Seribu Sempaja.

air-terjun-pinang-seribu-sempaja
Foto : infosmd.blogspot.com

Air terjun Pinang Seribu Sempaja merupakan wisata baru yang bisa dikunjungi di Samarinda. Air terjun ini terletak di Sempaja Utara, Samarinda Utara, oh iya … Ketika kamu ke sana, pastikan kondisimu fit dan bawa bekal makanan yang cukup. Pasalnya wisata ini masih benar-benar di tengah alam.

#3. Rekreasi sambil belajar menenun di Kampung Tenun.

kampung-tenun-samarinda
Foto : www.kampungukmdigital.com

Kurang sip kalau hanya berlibur saja, harus ada ilmu yang dibawa. Untuk itu kamu bisa berkunjung ke Kampung Baga atau Masjid. Di sana kamu bisa berwisata sambil belajar mengenai kerajinan tenun khas Samarinda.

#4. Ke desa Pampang yuk! Melihat keindahan budaya khas Samarinda.

desa-pampang
Foto : www.lihat.co.id

Namanya terdengar unik yakni desa Pampang. Desa ini merupakan tempat tinggal suku Dayak Apokayan dan Dayak Kenyah. Terletak di Sungai Siring, Kota Samarinda, Kalau beruntung, kamu bisa menyaksikan tari tradisional dari pesta rakyat.

#5. Nggak melulu soal budaya tradisional, kamu juga bisa menikmati kembaran dari London Bridge.

jembatan-mahulu
Foto : id.wikipedia.org

Sebut saja Jembatan Mahulu Samarinda. Untuk mempercantik instagrammu seolah-olah berada di London Bridge, nggak usah jauh-jauh ke London cukup ke sini aja.

#6. Lebih romantis lagi kalau bisa lihat sunset di Sungai Mahakam.

sungai-mahakam
Foto : djehanprakoso.it.student.pens.ac.id

Sungai ini terkenal banget loh, sayang kalau dilewatkan. Karena udah mampir ke jembatan Mahulu otomatis sudah sampai di sungai terbesar di Kalimantan Timur. Lihat sunset sambil bawa pasangan makin romantis.

#7. Jangan lupa untuk mampir di Pulau Kumala.

pulau-kumala
Foto : www.griyawisata.com

Letaknya masih di sungai Mahakam, tepatnya di tengah-tengah sungai. Di sana ada pulau kecil yang terbentuk dari endapan lumpur sungai. Keren banget. Di Pulau Kumala ini kamu bisa melihat representasi budaya Kalimantan melalui bangunan adat dan candi. Selain itu, kamu juga bisa bermain kereta gantung sampi sky tower.

#8. Ingin basah-basahan? Menjelajah ke Pulau Beras Basah adalah solusinya.

pulau-cantik-beras-basah
Foto : blog.sewakost.com

Sekitar 3 jam dari pusat kota, kamu akan menemukan pulau Beras Basah dengan pemandangan pasir putih yang melimpah. Meski terlihat ramai tapi pulau ini tidak ada penghuninya jadi kamu nggak bisa menghabiskan malam di sini. Wah sayang banget ya.

#9. Mau wista keluarga, datangi Kebun Raya Unmul.

kebun-raya-unmul
Foto : www.panoramio.com

Buat kamu yang berlibur bersama keluarga, jangan khawatir nggak bisa kekinian. Kamu bisa mampir ke Kebun Raya Unmul yang letaknya di Kota Samarinda. Selain berfoto dengan tema pepohonan, agar foto narsismu lebih hits, kamu bisa menggunakan background danau besar di tengah kebun raya. Asik bukan?

#10. Mensyukuri nikmat Tuhan boleh melalui wisata religi dengan mengunjungi Masjid Islamic Center.

masjid-islamic-center-samarinda
Foto : uprint.id

Setelah puas menjelajah alam dan pantai, kini saatnya beribadah dengan mendatangi Masjid Islamic Center yang bertempat di Sungai Kunjang, Kota Samarinda. Selain menunaikan ibadah, kamu juga bisa menikmati bangunan ala Turki yang menjadi sumber inspirasi.

Written by Indah Puspita Hardinoto

Profile photo of Indah Puspita Hardinoto

Talk active ll Endel boleh, asal cerdas dan berkelas ll