Puaskan liburanmu dengan mengunjungi 6 destinasi wisata di kawasan Dieng berikut ini

gunung-prau
Source : Instagram @_meizda

Surga wisata di Indonesia memang tidak ada habisnya. Dari Sabang sampai Merauke, banyak tempat-tempat indah yang belum dieksplorasi. Di tempat-tempat yang sudah terkenal saja masih banyak objek wisata rahasia. Oleh karena itu, tidak jarang jika terus bermunculan lokasi-lokasi baru yang bisa dikunjungi.

BACA JUGA : Cuma pengen kasih tahu aja, baiknya kamu jangan liburan ke Belitung. Kenapa? Cari disini alasannya

Salah satu kota wisata yang mulai dieksplorasi adalah Wonosobo. Kabupaten ini terkenal dengan komplek wisata alamnya yaitu dataran tinggi Dieng. Dieng menawarkan pemandangan alam yang cantik. Wisatawan yang datang kemari tak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk bisa menikmatinya.

Di bawah ini Kita Muda sajikan daftar tempat wisata yang nggak boleh kamu lewatkan ketika kamu melancong ke Dieng. Apa aja? Simak daftarnya yuk di bawah.

1. Telaga Warna

telaga-warna-dieng
Foto : Instagram @helena_angelina

Jika kamu ingin berkunjung ke Danau Kelimutu tapi belum ada kesempatan, mampir dulu aja ke Telaga Warna di Dieng. Lokasi telaga ini berada di Jalan Wisata Dieng, Kejajar, Wonosobo. Dari pusat kota Wonosobo, kamu harus menempuh jarak sejauh 30 kilometer. Kurang lebih sekitar 45 menit.

Telaga ini diberi nama Telaga Warna karena warna airnya yang berubah-ubah. Kadang kuning, kadang hijau, kadang biru. Kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp5.000-7.500/orang sebagai tiket masuk.

BACA JUGA : Kalau kamu ke Magelang, 12 tempat wisata ini wajib banget kamu kunjungi

2. Bukit Sikunir

sikunir
Foto : infowisatadieng.wordpress.com

Para wisatawan berbondong-bondong datang ke bukit Sikunir untuk menikmati golden sunrise. Sunrise yang dilihat dari sana sangat memukau. Medannya pun tidak susah. Sudah ada tangga yang disediakan untuk naik ke atas bukit.

Waktu terbaik untuk berkunjung kemari yaitu sekitar bulan Juli-Agustus. Bukit Sikunir letaknya berada di Desa Sembungan. Waktu yang dibutuhkan untuk kemari sekitar 15.20 menit dari kawasan wisata Dieng. Tebak berapa harga tiketnya? Cuma Rp6.000 saja!

3. Gunung Prau

gunung prau
Lokasi ; Gunung Prau, Wonosobo, Jawa Tengah. Foto : Instagram @melanialvina

Ada satu gunung yang terkenal di kawasan Dieng. Namanya Gunung Prau. Jika kamu suka pendakian, kamu harus datang ke Gunung Prau. Buat kamu yang belum pernah mendaki, tidak ada salahnya untuk mencoba.

Aslinya, gunung ini berada di wilayah 3 kabupaten yaitu Kabupaten Kendal, Kabupaten Batang, dan Kabupaten Wonosobo. Namun jalur pendakian yang paling terkenal ialah jalur Wonosobo. Dari puncak, kamu bisa menikmati sunrise di antara lima gunung yaitu Slamet, Sindoro, Sumbing, Merbabu, dan Merapi. Harga tiketnya lagi-lagi murah banget! Cuma Rp6.000!

readmore

 

 

 

Written by Mariam G.P. Aulia

Cewek biasa-biasa aja | Suka menyendiri | Suka makan bakso dan minum coklat anget.