Kala patah hati melanda, pergilah ke 6 tempat wisata yang bisa membuatmu pulang dalam keadaan bahagia!

raja ampat papua
Foto : Instagram @dmc_sitorus

Patah hati ialah keadaan paling tidak diinginkan dalam sebuah hubungan asmara. Patah hati menandai harus berpisahnya dua insan yang satu sama lain pernah memadu kasih, namun mau tidak mau harus kandas karena beragam alasan.

Patah hati itu pedih. Mengobatinya tidak cukup hanya dengan memutar semua video Mario Teguh di youtube lalu akan menjadi semangat lagi menjalani hidup. Tidak. Selalu ada titik-titik manusiawi yang harus dilampaui terlebih dahulu sebelum sesuatu yang rapuh bisa kembali seperti sedia kala.

Sedih itu lumrah. Tapi sebagai bentuk upaya, kamu harus melakukan penanganan. Salah satunya bisa dengan rajin-rajin menonton video Mario Teguh itu, meski tidak serta-merta membuat langsung hilang seketika kesedihannya. Kamu mungkin bisa melakukan langkah lain untuk memberi terapi kepada perasaanmu yang tengah tersayat-sayat. Kita Muda merekomendasikan kepadamu untuk piknik. Tempat yang disarankan pun bukan tempat biasa, namun tempat yang memang sengaja dipilih agar mampu meminimalisir rasa sakitmu. Ini dia:

1. Jika teknologi membuatmu terus stalking dia, maka pergilah ke Baduy: membaur dengan masyarakat dan menjauhkan diri dari teknologi.

kampung baduy
Lokasi : Baduy Luar, Banten. Foto : Instagram @arya_octavianus278

Tahukah kamu, bahwa patah hati di era seperti ini akan menjadi semakin pedih apabila pasca hubungan kandas, satu sama lain masih suka saling stalking akun. Bagaimana mau move on kalau masih saja memikirkan tentang dia?

Jika kamu sungguh ingin mengurangi penggunaan gadget, pergilah ke Desa Kanekes, sebuah tempat bermukim masyarakat Suku Baduy. Dengan menjauhkan diri dari teknologi bersama masyarakat Baduy, kamu bisa belajar hidup penuh harmoni dan berdampingan dengan masyarakat sekitar.

BACA JUGA : Buat kamu yang baru menikah, 11 destinasi ini cocok untuk bulan madumu sebagai pengantin baru

2. Alihkan fokus pikiranmu dengan mendaki Gunung Semeru, puncak tertinggi di Pulau Jawa.

oro-oro ombo
Lokasi : Oro Oro Ombo, Semeru, Lumajang, Jawa Timur. Foto : Instagram @dynadewi

Sudah saatnya bagi kamu untuk menghapus bayangan tentangnya di puncak para dewa. Melakukan pendakian ke puncak Gunung Semeru mungkin memang melelahkan, namun yang jelas proses itu akan membuatmu mampu melupakannya.

Sesampai di atas, selain berfoto-foto dengan indahnya pemandangan yang Tuhan sajikan, kamu juga bisa merenung sejenak. Introspeksi tentang apa yang sudah terjadi selama ini. Menasihati diri, bahwa apa pun yang terjadi, hidup harus terus berjalan.

BACA JUGA : 10 Gunung di Indonesia dengan puncak terindah ini wajib banget kamu singgahi. Minimal seumur hidup sekali

3. Bila patah hati membuat hatimu panas, maka dinginkanlah dengan cara pergi ke dataran tinggi Dieng.

gunung prau
Lokasi ; Gunung Prau, Wonosobo, Jawa Tengah. Foto : Instagram @melanialvina

Patah hati membuat hati dan kepala kerap kali panas. Panas yang tidak cukup hanya diatasi setelah minum es. Karena setelah es habis, bisa jadi sakit itu akan tumbuh lagi. Butuh terapi pendinginan yang cukup lama.

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk mendinginkan pikiran, hati dan suasana ialah dengan menghirup udara di dataran tinggi Dieng agar pikiranmu segar. Menetaplah di sana sampai hatimu kembali normal.

4. Berpisah satu sama lain juga kadang soal siapa yang paling kuat. Menaklukkan padang savanna di Baluran juga bisa jadi bukti kalau kamu lebih kuat darinya.

taman nasional baluran
Lokasi : Baluran, Situbondo, Jawa Timur. Foto : Instagram @ditaanggraeni_7

Menghadapi perpisahan itu berat. Tak jarang kalau bahkan dalam beberapa kisah ada yang sampai bunuh diri lantaran tak kuat menghadapi hal tersebut. Orang yang meninggalkanmu pasti akan kaget kalau sampai ia mendapati bahwa kamu lebih kuat, lebih cepat move on daripada dia.

Untuk membuktikannya, kamu bisa melakukannya dengan menjelajah padang savana di Taman Nasional Baluran di Banyuwangi, Jawa Timur yang memang terkenal sebagai daerah dengan medan yang menyiksa. Bagaimana tidak? Selain jaraknya yang jauh dari pusat kota, hutan savana bernuansa Afrika ini juga membutuhkan tenaga yang ekstra untuk mencapai ke sana. Sama seperti proses move on kamu yang juga membutuhkan tenaga ekstra agar bisa bangkit seperti sedia kala. Namun percayalah, bahwa sensasi menjelajah Baluran akan membuatmu mampu melupakannya. Menaklukkan padang savanna, merupakan pembuktikan kepadanya bahwa kamu adalah sosok bermental baja. Bahwa keputusannya meninggalkanmu, sedikit pun tak akan membuatmu lemah.

5. Kuat saja tidak cukup, kamu juga perlu bahagia. Maka, selami lautan indah di Kepulauan Komodo yang akan memberimu kebahagiaan.

pulau komodo
Lokasi : Gili Lawa Darat, Komodo, NTT. Foto : Instagram @mirzaeka

Kuat, tapi kadang masih baper, ya masih ada yang kurang itu berarti. Kuat itu juga harus bahagia. Kamu bisa mewujudkannya dengan melihat dari dekat hewan-hewan langka berkeliaran dengan bebas, seperti: Komodo, Paus, Elang, Pari Manta, Duyung, Lumba-Lumba, Gagak, Kakaktua, dan lain sebagainya. Berfotolah dengan mereka disertai ekspresi wajah yang riang gembira. Hal itu akan membuatmu paham bahwa kuat menghadapi patah hati akan jauh lebih baik bila dibarengi dengan perasaan bahagia.

6. Buat dia merana dengan memamerkan fotomu di puncak nirwana Raja Ampat, Papua.

raja ampat
Lokasi : Misol Island, Raja Ampat, Papua. Foto : Instagram @fachranipasha

Mungkin jika Kita Muda menyebut ‘kunjungan ke Raja Ampat di Papua adalah simbol pencapaian terbaik seorang manusia’ agak lebay ya. Tapi memang fakta di lapangan berkata demikian. Jadi, sama sekali tak berlebihan. Raja Ampat memang sungguh mempesona. Pesonanya mungkin sama dengan dia yang akan kamu lihat beberapa tahun kemudian, yang entah kenapa, kok jadi makin cakep. Hahaha. Tapi pastikan saja, kamu melihat itu saat sudah move on ya.

Agar move on kamu lebih mantap, pergilah ke Raja Ampat di Papua. Menujulah ke puncak nirwana. Foto dengan raut penuh kepuasan. Raut muka bahagia bahwa kamu telah benar-benar mampu melupakannya. Selamat mengunjungi 6 tempat keren di atas, dan semangat melupakannya, lalu mencari yang baru!

Written by Ahmad Mufid

Profile photo of Ahmad Mufid

Baru rilis buku novel komedi 'Pharmacophobia', lagi bikin podcast 'Teman Becandamu' dan masih berusaha meyakinkan orangtuamu agar beliau jangan menikahiku.