Ora ngapak ora kepenak. Buat kamu yang piknik ke Jawa Tengah, jangan lupa mampir ke Cilacap yak …

pulau nusakambangan cilacap
Source : Instagram @jefri.weli

Cilacap. Mungkin nama ini sedikit asing, khususnya yang dari luar pulau jawa. Tenang Cilacap itu masih di Indonesia, tepatnya ada di Jawa Tengah. Cilacap memiliki daerah terluas di Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, jadi pesona pantai di Cilacap sangat beragam. Selain itu Cilacap juga memiliki perpaduan budaya Sunda dan Jawa Barat karena berada di perbatasan kedua provinsi tersebut.

Masih banyak wisatawan yang belum mengenal pesona wisata di Cilacap. Padahal banyak tempat wisata yang sangat indah disini. Maka dari itu Kita Muda disini akan memberikan rekomendasi tempat wisata di Cilacap yang wajib dikunjungi oleh Kawan Muda semua.

[BACA JUGA : Sihir dahsyat dari 8 air terjun yang hanya bisa kamu jumpai di Jawa Timur]

1. Pulau Nusakambangan, Begitu Menawannya Sang Pulau Penjara.

pulau nusa kambangan
Foto : Instagram @ikmal_420

Pulau ini memang adalah tempat perasingan narapidana dengan kasus besar di Indonesia. Pulau ini terletak di sebelah selatan Cilacap, untuk menuju kesini Kawan Muda bisa menggunakan kapal nelayan dari Teluk Penyu dengan jarak tempuh selama 10 menit.

Walaupun merupakan pulau perasingan, dengan penjara berisi terpidana kelas kakap, pulau ini tetap memiliki daya tarik wisata tersendiri. Daya tarik wisata yang dimiliki oleh pulau ini antara lain hutan cagar alam, keindahan batu karang, hutan belantara, gua, benteng, serta pantai. Disini ada benteng Karang Bolong dan Benteng Pendem, sementara untuk pantai, ada Pantai Karang Pandan.

2. Pantai Teluk Penyu, Manyajikan Ganasnya Ombak Pantai Selatan.

Pantai Teluk Penyu
Foto : Instagram @caturandrias

Pantai Teluk Penyu menjadi pantai yang sangat terkenal di Cilacap, lokasinya sangat mudah dicapai karena berada tidak jauh dari pusat kota atau tepatnya berada di Kecamatan Cilacap Selatan. Disini Kawan Muda akan mendapatkan sebuah pantai dengan ombak yang sangat besar dengan pemandangan Pulau Nusakambangan yang terlihat jelas diseberangnya.

Kawan Muda juga bisa melihat banyak perahu-perahu nelayan di sekitar pantai. Kawan Muda juga bisa membeli hasil tangkapan mereka. Disepanjang pantai juga ada resto yang menyediakan kuliner seafood segar. Selain itu disini juga terdapat banyak toko souvenir yang menjual berbagai kerajinan laut.

3. Kampung Laut, Surga Kuliner Laut Dan Melihat Kehidupan Masyarakat Lokal Yang Hidup Dari Laut.

Kampung Laut
Foto : Lembaranpung.wordpress.com

Kampung Laut adalah tempat yang wajib dikunjungi bagi pencinta kuliner laut. Jadi kampung ini ternyata manjadi tempat berkembangnya lobster dan kepiting Gemes. Tentu saja akan ada berbagai macam sajian seafood yang mantap disini.

Untuk menuju kampung ini Kawan Muda harus melewati Nusa Kambangan dan menyusuri Hutan Bakau terlebih dahulu. Kampung ini terdiri dari rumah-rumah yang berdiri di atas  laut Anak Segara.

Objek wisata yang bisa Kawan Muda nikmati di kampung ini adalah hutan bakau, fauna laut, dan Gua Karst. Selain itu Kawan Muda juga bisa berbaur dengan masyarakat lokal dengan kehidupan unik karena hidup diatas perairan laut dan begitu menjaga laut sebagai tempat penghidupan mereka.

4. Benteng Pendem, Menapaki Benteng Pertahanan Belanda Dijaman Penjajahan.

Benteng Pendem
Foto : Wikipedia

Benteng Pendem di Cilacap ini merupakan peninggalan Belanda saat masa penjajahan dulu. Dalam bahasa Belanda benteng ini sering disebut dengan “Kusbatterij Op De lantong Te Tjilatjap”. Benteng ini terletak 0,5 km ke arah selatan dari Obyek Wisata Teluk Penyu dan berada di atas tanah seluas 6,5 Ha, di kawasan Pantai Teluk Penyu Cilacap.

Benteng Pendem ini merupakan markas pertahanan tentara Hindia-Belanda yang dibangun secara bertahap pada tahun 1861-1879.

Bangunan Benteng Pendem ini masih kokoh berdiri, dengan dikelilingi parit. Selain itu, Benteng Pendem ini juga mempunyai 60 kamar/ barak, benteng pengintai, gudang senjata, terowongan, ruang penjara, ruang rapat, ruang amunisi, ruang tembak dan 13 tempat-tempat penting untuk pertahanan yang dikelilingi oleh pagar dan parit serta tertimbun tanah sedalam 1-3 meter.

Disini Kawan Muda bisa mengamati bagaimana napak tilas Hindia-Belanda membangun pertahanan di Nusantara. Kawan Muda juga bisa menikmati keindahan tempat wisata ini dengan berbagai fasilitas seperti tempat istirahat, gazebo, ayunan, kolam pemancingan dan sejumlah patung dinosaurus. selain itu dari atas benteng pendem, Kawan Muda juga bisa melihat pemandangan Pulau Nusakambangan dengan sangat jelas.

5. Pantai Indah Widarapayung, Pantai Indah Yang Pernah Terimbas Tsunami Pangandaran.

Pantai Indah Widarapayung
Foto : my-cilacap.blogspot.com

Pantai ini ternyata pernah diterjang bencana tsunami pangandaran pada 2006 silam. Letak pantai ini berada di sebelah timur Cilacap, tepatnya di Kecamatan Binangun. Wilayah pantai Widarapayung memang tidak terlalu luas, namun kondisi pantainya sangat landai dan dipagari pohon kelapa, sehingga membuat pantai ini begitu menawan.

Pantai ini memiliki gelombang yang cukup besar dan cocok sebagai tempat berselancar. Karena itu disini terdapat klub selancar bernama WSC (Widarapayung Surfing Club). Bahkan tempat ini pernah dijadikan tempat untuk Surf Contest Nasional dengan tema Widarapayung Surf Contest pada tahun 2010 dan di ikuti oleh para Surfer, Surfgirl nasional dan mancanegara.

6. Pantai Karang Pandan, Pantai Yang Eksotis Di Kawasan Nusa Kambangan.

Pantai Karang Pandan
Foto : ahadatmirza.wordpress.com

Pantai Karang Pandan memiliki keindahan yang tidak kalah dengan Pantai Teluk Penyu. Pantainya cantik dengan pasir putihnya. Tapi Kawan Muda perlu hati-hati jika bermain dipantai ini karena ombaknya relatif besar dan banyak karang.

Untuk sampai di Pantai Karang Pandan, Kawan Muda harus menempuh perjalanan dengan berjalan kaki. Dalam perjalanan ini Kawan Muda akan melewati Benteng Karang Bolong. Jadi Kawan Muda bisa sebentar mampir melihat-lihat keadaan benteng ini sekaligus menikmati sejarah Indonesia dimasa kolonial Belanda.

7. Sedekah Laut, Larungan Ala Cilacap Sebagai Ucapan Syukur Pada Tuhan.

Sedekah Laut
Foto : ariwisatacilacap.wordpress.com

Sedekah Laut adalah salah satu budaya di Cilacap yang sudah turun temurun berlangsung sejak zaman pemerintahan Adipati Cakrawerdaya III pada tahun 1817. Akan tetapi, tradisi tersebut sempat terhenti dan dihidupkan kembali semasa Bupati Poedjono Pranjoto pada tahun 1982 hingga saat ini.

Sedekah laut acara tahunan dengan melakukan pelarungan sesaji berupa makanan dan kepala kerbau ke tengah laut. Acara ini biasa di laksanakan di teluk penyu, biasa nya sebelum di larungkan sesaji di arak terlebih dahulu sepanjang perjalanan menuju teluk penyu.

[BACA JUGA : 18 Foto yang membuktikan kalau Sumatera beruntung punya Lampung yang indahnya kebangetan]

Bagaimana apakah Kawan Muda mulai tertarik untuk mengeksplorasi wisata-wisata indah di Cilacap ini? Ayo mulai kemasi tas dan jalan-jalan ke Cilacap. Ohiya masih ada banyak destinasi wisata tersembunyi di Cilacap. Jika ada Kawan Muda yang tau dan mau memberikan rekomendasi, jangan segan-segan berbagi di komentar (komen pakai bahasa ngapak ya)

Written by Lia Sylvia

Apa ya ???