9 Tempat wisata di Brebes yang harus segera kamu kunjungi

curug putri
Foto : Saniarifa.wordpress.com

Kalo ngomongin Bawang sama Telor Asin udah pasti ingetnya sama Kabupaten Brebes lah. Brebes adalah sebuah kabupaten di Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Cirebon di Jawa Barat. Brebes merupakan kabupaten dengan jumlah penduduk paling banyak di Jawa Tengah.

Sebagian besar penduduk di Brebes ini bermata pencaharian sebagai petani bawang, ya makanya di sini terkenal banget sama bawangnya.

Tapi selain bawang dan telur asin yang terkenal itu, Brebes juga punya tempat wisata yang asik-asik lho. Apa aja? Ini dia …

#1. Kaligua, Tempat Kalian Bisa Menikmati Sejuknya Kebun Teh.

kaligua brebes - friskanoviani27
Foto : Instagram @friskanoviani27

Kaligua adalah sebuah kebun teh. Di sini merupakan obyek wisata yang sangat cocok buat kamu yang hobby melihat pemandangan. Di sini kamu bakalan mendapati pemandangan landscape yang indah banget, dipadukan dengan udara yang sejuk.

Lokasi Kaligua ini ada di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan. Yah, namanya kebun teh pasti ada didataran tinggi lah yah. Di sini udaranya cukup dingin, jadi kamu bisa mempersiapkan jaket, inget disini kalian gak bisa saling pelukan sama pasangan buat saling menghangatkan. Dosa, dilihat banyak orang.

Di areal ini, kamu tidak cuma bisa menikmati pemandangan kebun teh saja, tapi juga ada beberapa tempat lainnya seperti Telaga Ranjang, Goa Jepang, Dan Mata Air Tuk Bening. Selain itu, di tempat ini juga terdapat beberapa permainan outbond yang bisa kamu coba. Kalo ngaku lakik harus berani nyoba.

Kaligua ada di wilayah Brebes bagian selatan. Agrowisata Kaligua ini dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara IX (Persero) Jawa Tengah dan merupakan diversifikasi usaha untuk meningkatkan optimalisasi aset perusahaan dengan cara menjadikannya tempat wisata.

Pihak pengelola sudah menyediakan fasilitas penginapan buat kamu yang ingin menginap. Di sini terdapat villa-villa juga yang bisa disewa. Selain itu untuk fasilitas penunjangnya juga ada gedung pertemuan, area outbond, area perkemahan, lapangan olahraga, kafe, pusat layanan kesehatan, sarana ibadah, dan lain-lain.

Untuk masuk kawasan Agrowisata, kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 8.000,-. Selain itu, di sini juga ada banyak paket wisata yang bisa kamu coba.

#2. Curug Putri, Buat Kalian Yang Suka Main Air Di Air Terjun Alami.

curug putri brebes
Foto : Instagram @donnyd08_

Curug Putri berlokasi di Dukuh Padanama, Desa Mandala, Kec. Sirampog, Kab. Brebes. Curug Putri ini memiliki ketinggian kurang lebih 35 meter. Jika kamu melihat tebing yang ada di sekitar air terjun ini, kamu akan mendapati sebuah ukiran alami di tebing ini membentuk ornamen yang epik.

Lokasi Curug Putri ini bisa dibilang cukup sulit. Jalannya masih belum diaspal, selain itu kendaraan pun tak bisa masuk sampai lokasi curug. Kamu harus melakukan tracking untuk sampe lokasi air terjunnya.

Untuk masuk ke sini, kamu tidak perlu biaya masuk, hanya perlu membayar parkir. Tapi jangan berharap banyak dengan fasilitas penunjangnya yah.

#3. Ciblon Waterboom, Wisata Air Yang Asik Dikunjungi Dengan Keluarga.

ciblon waterboom brebes
Foto : lampionku.com

Di Brebes sudah ada Waterboom lho. Namanya adalah Ciblon Waterboom. Di sini kamu bisa merasakan berwisata bareng keluarga sambil mainan air. Lokasi Waterboom ini ada di Jalan Yos Sudarso, Kota Brebes.

Ada berbagai jenis permainan air yang bisa dinikmati baik oleh anak-anak maupun orang dewasa seperti kolam renang, slider yang mempunya ketinggian mencapai 12 meter, sampai dengan permainan ember tumpah. Untuk tiket masuk ke tempat wisata ini kamu hanya perlu membayar sekitar Rp. 13.000,-

#4. Pemandian Air Panas Tirta Husada, Buat Kalian Yang Pengen Berendam Air Panas Sekaligus Terapi Kesehatan.

pemandian air panas tirta husada
Foto : okzonenews.blogspot.com

Pemandian Air Panas Tirta Husada terletak di Desa Kedungoleng, Kecamatan Bantarkawung yang berjarak sekitar 75 km dari pusat kota. Di sini kamu bukan cuma bisa merasakan berendam di air panas, tapi kamu juga bisa merasakan suasana nyaman karena lokasi ini dikelilingi hutan pinus dan perbukitan yang hijau.

Buat kamu yang pengen terapi kesehatan, bisa mengunjungi tempat ini. Di sini dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit seperti penyakit kulit dan rematik.

Obyek wisata ini dilengkapi dengan fasilitas kolam renang anak, kamar mandi dan kamar mandi VIP, bahkan juga ada Cafe dan family karaoke. Tiket masuk ke sini adalah sekitar Rp. 6.000,-

#5. Waduk Malahayu, Memikat Dengan Suasana Waduk Yang Nyaman Dinikmati Dengan Keluarga.

waduk malahayu brebes - dede_kurnia1
Foto : Instagram @dede_kurnia1

Perlu kamu tau, Waduk Malahayu ini ternyata peninggalan kolonial Belanda. Lokasi tempat wisata ini ada di desa Malahayu, Kec. Banjarharjo, kab. Brebes. Selain sebagai tempat rekreasi, waduk Malahayu ini juga difungsikan sebagai pengontrol banjir dan irigasi.

Di sini kamu selain bisa melihat pemandangan waduk, kamu akan dimanjakan dengan panorama pegunungan dan hamparan hutan jati. Buat kamu yang hobby berkemah, di sini juga disediakan tempat untuk berkemah.

Tiket masuk untuk berwisata ke waduk ini adalah Rp. 5.000,-

#6. Pantai Randusanga, Spot Terbaik Melihat Sunset.

pantai randusanga brebes
Foto : Instagram @syukurbayu

Pantai Randusanga terletak di Randusanga kulon, Brebes, atau 7 km dari kawasan jalan raya pantura. Pemandangan pantai ini cukup keren. Di kawasan pantai ini dimanfaatkan untuk membudiyakan rumput laut dan ikan bandeng.

Di pantai ini kamu bisa menikmati pemandangan pantai yang berpasir putih dengan ombak yang tidak terlalu besar. Di sini juga terdapat makanan khas yaitu rujak uleg, bisa dicoba tuh.

Fasilitas yang ada disini adalah mainan anak, panggung gembira, arena balap motor (grass track), camping ground, kafe dan rumah makan khas ikan laut bakar serta kios-kios yang menjual oleh-oleh khas Brebes berupa telur asin dan bawang merah.

Tiket masuk kepantai ini cuma Rp. 10.000,-

#7. Candi Pangkuan, Tempat Kalian Bisa Bercengkrama Dengan Kera-Kera Yang Dibiarkan Liar.

candi pangkuan
Foto : panoramio.com

Candi Pangkuan terletak di desa Cilibur, kec. Paguyangan, Kab. Brebes. Candi Pangkuan konon sudah lama sekali keberadaannya, hampir ratusan tahun yang lalu. Candi pangkuan ditemukan oleh penduduk pribumi pada sekitar tahun 1965. Berbeda dengan candi pada umumnya, Candi Pangkuan berupa sebuah Alas tua yang berisai banyak pepohonan yang usianya ratusan tahun.

Selain candi yang mempesona, kamu bisa mendapati banyak kera-kera berkeliaran di sini. Untuk ke sini, kamu bisa masuk secara bebas karena tidak ada penarikan tiket masuk.

#8. Desa Wisata Cisereuh Yang Masih Menjaga Tradisi Leluhur Tetap Hidup.

Desa Wisata Cisereuh
Foto : 7jiwanusantara.com

Desa wisata Cisereuh ini letaknya di kaki gunung Kumbang, tepatnya di pedukuhan Jalawastu, desa Ciseureuh, Kec. Ketanggungan, Kab. Brebes. Di desa ini masih sangat kental sekali dengan budaya dan tradisi lokal daripara leluhur yang masih masyarakat sini jaga.

Setiap selasa kliwon, di sini akan diadakan upacara adat budaya, atau disebut juga upacara adat Ngasa. Upacara Ngasa ini merupakan simbol ucapan syukur pada Tuhan oleh penduduk setempat.

Di sini kamu akan bisa melihat tradisi unik yang sudah mendarah daging dengan masyarakat asli sini. Beberapa hal unik lainnya adalah seluruh rumahnya beratap seng dan berdinding kayu, seluruh rumah di kawasan ini dilarang beratap genting dan dilarang berdinding tembok, dilarang menggunakan semen juga keramik. Selain itu, penduduk di sini juga pantang menanam bawang merah.

#9. Ranto Canyon, Eksotisme Air Terjun Di Pegunungan Yang Asik.

ranto canyon
Foto : Instagram @amirestu

Jika kamu meluncur ke wilayah pegunungan di Kabupaten Brebes bagian selatan, Jawa Tengah, kamu akan menemukan sejumlah pesona wisata eksotis dengan sejuta keindahan alam yang dimiliki. Salah satunya adalah Ranto Canyon yang terletak di Desa Winduasri, Kecamatan Salem, Brebes.

Untuk menuju lokasi air terjun ini kamu hanya bisa menggunakan kendaraan pribadi selama dua setengah jam perjalanan dari Kota Brebes.

Setelah sampai di lokasi, kalian masih harus berjalan melalui jalan setapak sejauh 200 meter. Saat memasuki Ranto Canyon, kamu akan disambut sejuknya hawa pegunungan dan pemandangan indah di antara tebing yang terjal. Dari dasar sungai, terlihat pemandangan yang indah serta aliran air yang mengalir di antara tebing bebatuan dengan ketinggian 10 hingga 20 meter. Ranto canyon memiliki track sepanjang 769 meter. Di tengah perjalanan, kamu akan menemui air terjun yang begitu menakjubkan.

Untuk bisa menikmati menyusuri Ranto Canyon ini, kamu hanya perlu membayar pemandu wisata sebesar Rp30 ribu per orang, termasuk sewa helm dan pelampung.

Baca Juga : Buat kamu yang baru menikah, 11 destinasi ini cocok untuk bulan madumu sebagai pengantin baru

***

Masih ada banyak wisata di Brebes yang belum di eksplorasi. Jika kamu ada yang tau, silahkan menambahi di kolom komentar yah. Ingat jika berwisata jangan merusak dan mengotori yah.

Written by Mariam G.P. Aulia

Cewek biasa-biasa aja | Suka menyendiri | Suka makan bakso dan minum coklat anget.