Yuk, latihan plank secara rutin! Cukup 10 menit sehari dan rasakan 7 manfaat menakjubkan ini!

Olahraga plank yang hampir mirip dengan push-up kini sedang jadi primadona, lho, Kawan Muda. Bagaimana tidak, selain bebas biaya dan bisa dilakukan di mana saja, plank adalah olahraga yang paling efektif untuk membakar kalori.

Kawan Muda juga tak membutuhkan banyak waktu untuk melakukannya, cukup 10 menit saja setiap harinya. Langkah-langkahnya pun sangat mudah, mulai dengan ambil posisi tengkurap seperti push-up dan gunakan lengan bagian bawah serta siku untuk menahan berat tubuh.


BACA JUGA : 8 Gerakan yoga untuk mencegah sakit punggung


Kemudian, angkat pinggul dengan kedua lengan dan gunakan ujung tumit sebagai tumpuan. Usahakan kepala Kawan Muda tetap rileks dan melihat ke lantai. Pertahankan posisi tersebut selama 30 detik (kalau Kawan Muda baru mencobanya dan durasi bisa bertambah jika sudah terbiasa).

Wah, mudah sekali ya. Lalu, manfaat apa saja sih yang bakalan kita dapatkan kalau rutin melakukan plank? Yuk, simak bareng penjelasannya.

1. Membentuk dan mengencangkan otot inti

via: indianexpress.com

Otot inti adalah rangkaian kompleks yang terdiri dari otot bagian bawah dada dan meluas ke tulang panggul. Nah, melakukan plank akan melibatkan  semua otot inti ini, seperti otot perut, bokong, bahu, punggung, dan trisep. Kamu pun bisa meratakan perut yang buncit, punya perut six pack, punggung dan bahu jadi kuat, serta mengencangkan bokong.

2. Menurunkan risiko cedera di punggung dan tulang belakang

via: myfave.com

Meskipun latihan ini bersifat melatih dan membentuk otot, plank enggak akan menyiksa tulang belakang dan pinggulmu. Malahan, dengan latihan plank secara teratur rasa nyeri di punggung bisa berkurang, lho.

Tak hanya itu, plank juga menguatkan otot punggung dan membuat punggung lebih kuat menyangga tubuh.  Aktivitas harian seperti berjalan, berlari, naik-turun tangga, bahkan menggendong anak jadi lebih mudah dilakukan deh.

3. Meningkatkan metabolisme tubuh

via: inbodyusa.com

Plank yang lebih memfokuskan pada penguatan otot perut membuat Kawan Muda membakar energi lebih banyak. Energi yang terbakar tersebut membuat metabolisme tubuh meningkat sehingga memudahkan kamu untuk cepat menurunkan berat badan. Kalau kamu rutin melakukan plank setiap harinya, metabolisme tubuhmu akan tetap tinggi lho meskipun kamu enggak melakukan apa-apa.


BACA JUGA : 10 Cara agar kesehatan otak tetap terjaga. Harus kamu coba, agar nggak pikunan di masa tua


4. Memperbaiki postur tubuh

via: rockhardtr.com

Seiring dengan berjalannya waktu, beberapa bentuk postur tubuh seseorang menjadi berubah. Biasanya, kebiasaan yang salah seperti saat duduk dan berdiri menjadi penyebab kenapa postur tubuh bisa berubah (menjadi bungkuk misalnya). Nah, Kawan Muda bisa melakukan plank agar postur tubuhmu menjadi tegak dan stabil.

5. Melatih keseimbangan tubuh

via: pedsgh.com

Kawan Muda pasti pernah dong mencoba berdiri dengan satu kaki? Beberapa di antara kamu pasti langsung oleng atau goyang-goyang kan pas mencobanya? Ini tandanya tubuhmu kurang seimbang yang diakibatkan oleh ketidakmampuan otot perut untuk menyeimbangkan tubuh. Yuk, rutin latihan plank biar otot perut lebih kuat dan tubuh jadi lebih seimbang tentunya.

6. Meningkatkan fleksibilitas tubuh

via: yogauonline.com

Fleksibilitas adalah kemampuan tubuh untuk melakukan gerakan melalui ruang gerak sendi secara maksimal. Nah, fleksibilitas tubuh yang baik memudahkan Kawan Muda dalam menjalankan berbagai aktivitas sehari-hari serta mengurangi kemungkinan terjadinya cedera atau sakit di area-area tubuh tertentu seperti punggung. Untuk melatih fleksibilitas, Kawan Muda bisa melakukan latihan plank secara rutin setiap harinya.


BACA JUGA : 10 Manfaat Buah Kersen yang harus kamu tahu!


7. Memperbaiki mood

via: expertrain.com

Ternyata oh ternyata, plank tak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik tetapi juga untuk kesehatan mental.  Latihan plank memiliki efek tertentu pada saraf kita karena berfungsi mengencangkan kelompok otot penyebab stres. Dampaknya, stres dan ketegangan tubuh bisa berkurang dan suasana hati pun jadi membaik. Oh ya, menjadikan plank sebagai kebiasaan bisa membantu menyembuhkan kecemasan berlebih dan depresi, lho!

**

Ternyata banyak juga ya, manfaat yang bisa didapat dari latihan plank. Yuk, mulai sekarang luangkan waktu 10 menit saja untuk melakukan olahraga ringan ini. 🙂

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *