Gadget asli tapi palsu alias “gadget aspal” atau “gadget KW” bukanlah suatu fenomena yang baru dan langka lagi. Dengan banyaknya produk smartphone yang beredar di pasaran, Kawan Muda harus semakin jeli nih ketika akan membeli smartphone baru, kenapa?

Karena menurut data dari Organization for Economic Co-Operation and Development (OECD), satu dari lima ponsel yang terjual ternyata enggak berasal dari pabrikan aslinya, lho! OECD juga menemukan bahwa dari 400 adaptor iPhone yang mereka periksa, hanya tiga saja yang lolos tes keamanan dasar!


BACA JUGA :


Waduh, bahaya banget kan! Apalagi sekarang agak tricky gitu membedakan mana yang asli dan mana yang palsu – saking miripnya kedua barang tersebut! Kalau dijual dengan harga murah banget sih kita bisa curiga, kalau harganya mahal ternyata imitasi kan enggak banget!

Tapi tenang, Kita Muda punya beberapa trik jitu biar Kawan Muda enggak salah beli gadget aspal. Yuk, langsung disimak saja!

1. Trik 1: Kawan Muda coba periksa packaging-nya dulu.

via: brightside.me

Semirip-miripnya produk palsu, mereka pasti ada cacatnya kok. Karena perusahaan pembuat produk asli pastinya memperhatikan setiap detail packaging-nya dan hal ini biasanya “terlewatkan” oleh produk-produk imitasi.

Untuk mengetahuinya, Kawan Muda bisa melihat kerapian bungkusnya. Kalau ada yang rusak atau cacat, kamu patut curiga. Karena plastik pembungkus produk asli itu sudah sangat dikondisikan sehingga menghindarkannya dari kerusakan selama pengiriman. Kawan Muda juga bisa memastikan keasliannya dengan melihat kualitas print tulisan yang ada di box smartphone tersebut.

2. Trik 2: Periksa user manual alias petujuk penggunaan.

via: brightside.me

Setiap gadget pasti menyertakan user manual di dalamnya (kalau ini enggak ada sudah bisa dipastikan gadget kamu palsu, hehe). Nah, bahasa di user manual itu umumnya menggunakan bahasa negara tempat produk tersebut dipasarkan atau biasanya informasi dimuat dalam beberapa bahasa sekaligus.

3. Trik 3: Perhatikan materialnya.

via: brightside.me

Produk imitasi yang harganya jauh lebih murah pasti memakai material yang berbeda dengan produk asli. Kawan Muda harus jeli memeriksa setiap material mulai dari plastik, kualitas karetnya, alumunium, dan sebagainya. Misalnya nih charger, kalau yang asli desainnya pasti rapi dan halus. Beda dengan yang palsu yang terlihat kaku dan kurang rapi plus ada sedikit cacat.

4. Trik 4: Lihat font yang ada pada logonya.

via: brightside.me

Logo adalah bagian yang krusial bagi sebuah produk karena merupakan identitas dari produk tersebut. Produk yang asli tulisannya akan lebih tahan lama dan tidak terlihat “luntur”. Selain itu, warna pada font-nya juga khas dan tidak terlalu tajam seperti produk palsu. Kalau Kawan Muda jeli, pasti kamu bisa menemukan “kejanggalan” pada produk tersebut.

5. Trik 5: Periksa charger-nya.

via: brightside.me

Soket charger didesain sesuai dengan soket yang biasanya digunakan di negara bersangkutan. Kawan Muda harus memastikan soket charger gadget yang kamu beli telah sesuai dengan desain untuk soket charger di Indonesia untuk memastikan barang tersebut asli atau palsu.

6. Trik 6: Lihat dengan jeli kabel dan colokan produk tersebut.

via: brightside.me

Asli atau tidaknya gadget tersebut juga bisa dilihat dari kondisi kabelnya. Kalau yang asli, kabel masih sedikit kaku dan belum ada bekas lipatan layaknya kabel yang keseringan digulung. Berbeda dengan kabel palsu, mereka biasanya longgar dan bentuknya sudah tidak wajar. Selain itu, coba lihat warna pada simbolnya. Produk asli warnanya tidak begitu tajam.


BACA JUGA : 13 sosok misterius yang tertangkap kamera ini asli bikin merinding! Penampakan hantu atau …..?!?


Oh ya, kamu juga bisa melihat panjang colokannya. Kadang ada lho yang ukurannya enggak sesuai dengan port smartphone kamu.

***

Nah, itu tadi 6 trik jitu untuk mengetahui sebuah smartphone asli atau palsu. Kira-kira, smartphone Kawan Muda sekarang sudah asli atau jangan-jangan…..?!? Buruan deh dicek dulu dan jangan lupa share ya di kolom komentar 🙂