Waspada Hacker! Inilah 10 Cara Mudah Mengetahui Apakah Komputermu Telah Dibobol Hacker

4.640 views
komputer di hack
via: brightside.me

Kemajuan teknologi itu bagaikan pisau bermata dua. Di satu sisi, kemunculan komputer atau laptop hingga smartphone canggih membuat kehidupan kita semakin mudah dan praktis. Namun di sisi lain, perkembangan teknologi juga membawa kecemasan tersendiri karena perilaku cyber crime yang semakin marak.

Tentunya kita masih ingat dong peristiwa peretasan situs pemerintahan beberapa waktu lalu. Jangan mengira hanya situs pemerintah saja yang jadi sasaran. Karena hacker-hacker iseng di luar sana enggak pilih-pilih korban saat beraksi.  Kamu juga enggak pernah tahu kalau komputermu ternyata sudah dibobol oleh seseorang.

Eits, tapi jangan panik dulu. Ada beberapa cara mudah untuk mengetahui apakah komputermu telah di-hack oleh seseorang. Kira-kira apa saja? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

1. Antivirus mati sendiri padahal kamu enggak pernah menonaktifkannya. Yup, hal pertama yang akan diserang hacker adalah sistem keamananmu sehingga mereka bisa dengan mudah mengakses file-mu.

komputer di hack
via: brightside.me

2. Selanjutnya adalah password yang berubah sendiri. Kalau kamu mengalami hal ini, ada dua kemungkinan yang terjadi. Entah itu akun-mu yang di-hack atau layanan online yang kamu gunakan yang di-hack.

komputer di hack
via: brightside.me

3. Coba deh cek jumlah teman yang ada di media sosialmu. Kalau kamu menemukan banyak akun asing di sana, ini tandanya akun kamu telah di-hack dan digunakan oleh hacker untuk mengirim spam.

komputer di hack
via: brightside.me

4. Ketika membuka browser dan kamu melihat ada ikon toolbar baru yang muncul di sana, ini mungkin pertanda kalau seseorang telah memasukkan kode berbahaya ke dalam komputermu!

komputer di hack
via: brightside.me

5. Kursor yang bergerak sendiri juga patut diwaspadai karena kemungkinan komputermu sedang di-hack.

komputer di hack
via: brightside.me

6. Tahukah kamu kalau serangan siber enggak hanya berpengaruh pada komputer saja, tetapi juga bisa menyerang perangkat printer-mu? Saat komputermu di-hack, printer akan menolak untuk mencetak sesuatu. Nah, ini bisa jadi peringatan buatmu.

komputer di hack
via: brightside.me

7. Jika pencarian internet terus-menerus dialihkan, itu bisa jadi tanda bahwa komputermu telah di-hack. Selain itu, kalau kamu sering melihat jendela pop-up muncul, kemungkinan itu bukan berasal dari situs internet, tapi dari virus yang sengaja ditanamkan.

komputer di hack
via: brightside.me

8. Tanda berikutnya adalah program atau file yang hilang sendiri. Wah, ini sih bau-bau ada oknum nakal yang berhasil meretas komputermu!

komputer di hack
via: brightside.me

9. Coba deh, buka mesin pencarian Google dan tuliskan data pribadimu yang enggak pernah kamu bagikan di dunia maya. Kalau ternyata kamu menemukan data-datamu, wah, ini tandanya ada seseorang yang mencuri informasi pribadimu!

komputer di hack
via: brightside.me

10. Tahu enggak sih, saat ini virus maupun malware bisa menyamar sebagai antivirus, lho! Mereka akan menginformasikan bahwa komputermu terinfeksi virus dan membutuhkan antivirus khusus untuk menghilangkannya. Jangan pernah percaya dengan pesan antivirus palsu seperti ini, ya!

komputer di hack
via: brightside.me

Itulah tanda-tanda komputer yang telah di-hack oleh seseorang. Coba deh, periksa komputermu sekarang. Mungkin saja selama ini kamu enggak menyadari kalau data-data pribadimu telah diambil diam-diam oleh oknum yang enggak bertanggung jawab.

Semoga tips di atas bermanfaat dan selamat mencoba, Kawan Muda 🙂