Salah satu aplikasi pesan singkat yang tengah populer di kalangan pengguna smartphone di Indonesia adalah WhatsApp. Selain praktis dan mudah digunakan, WhatsApp kini memiliki banyak fitur baru yang semakin membantu komunikasi antar penggunanya.

Sayang, para pengguna WhatsApp kini harus mulai berhati-hati karena oknum-oknum tak bertanggung jawab berusaha menghalalkan segala cara untuk bisa menyadap dan membobol pesan yang ada di  aplikasi WhatsApp orang lain. Bahkan ada aplikasi yang bisa digunakan untuk menyadap WhatsApp, lho!

Ngeri banget enggak, sih?

Oleh karena itu, biar Kawan Muda bisa terhindar dari ‘mata-mata’ yang kurang kerjaan dan enggak bertanggung jawab ini, simak yuk cara mudah mengetahui WhatsApp kamu disadap di bawah ini.

Apakah chat WhatsApp kamu tiba-tiba terbuka secara otomatis (atau terbaca) padahal kamu tak merasa membuka/membacanya?

Ciri-ciri WhatsApp kamu disadap adalah chat terbuka atau terbaca otomatis | via: jalantikus.com

Kalau kamu bukan tipe pelupa, bisa jadi ini adalah tanda WhatsApp kamu tengah dibajak oleh orang lain. Untuk memastikannya, kamu bisa mengingat-ingat lagi apakah ada orang yang kebetulan atau tak sengaja membukanya saat memegang ponselmu. Jika tidak, ini berarti ada orang lain yang memiliki akses ke akun WhatsApp kamu.

Ciri-ciri lainnya akun WhatsApp disadap adalah WhatsApp kamu aktif di perangkat lain, yang mungkin kamu juga sedang tidak menggunakan WhatsApp web dan semacamnya.

Bagaimana cara mengetahui hal tersebut? Kawan Muda bisa menerapkan langkah-langkah di bawah ini:

1. Petama-tama, buka aplikasi WhatsApp kamu, lalu di bagian kanan atas klik ikon tiga titik.

Ada perangkat lain yang bukan milik kamu tengah aktif | via: jalantikus.com

2. Pilih opsi WhatsApp Web

Ada perangkat lain yang bukan milik kamu tengah aktif | via: jalantikus.com

3. Nantinya akan muncul dialog box seperti ini, yang menunjukkan WhatsApp kamu tengah aktif di perangkat lain yang tertulis di sana. Kalau tak ada apa pun, berarti aman. Jika ada perangkat lain terhubung dan merasa itu bukan milikmu, bisa jadi itu adalah si penyadap!

Ada perangkat lain yang bukan milik kamu tengah aktif | via: jalantikus.com

Bagaimana cara mengatasinya?

Sebagai pemilik, kamu bisa segera menonaktifkannya dengan cara berikut:

1. Pilih ‘log out from all computers’

Cara menonaktifkan perangkat yang tidak dikenali di WhatsApp | via: jalantikus.com

2. Klik opsi ‘log out’ dan akun WhatsApp kamu akan otomatis keluar dari perangkat yang ada dalam daftar tersebut.

Cara menonaktifkan perangkat yang tidak dikenali di WhatsApp | via: jalantikus.com

Karena kejahatan bisa dilakukan oleh siapa pun dan terjadi pada siapa saja, coba deh kamu periksa apakah ada perangkat lain yang terhubung ke aplikasi WhatsApp kamu.

Jangan-jangan ada orang iseng yang sudah lama menyadap akun WhatsApp kamu lagi! Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!