Gaji mepet UMR atau bahkan cuma lebih sedikit dari UMR, bisa enggak ya nabung? Hoho, siapa bilang tabungan hanya bisa direalisasikan oleh mereka yang gajinya dua digit! Kamu yang punya gaji bulanan pas-pasan pun tetap bisa kok menyisihkan sebagian uang untuk tabungan. Yup, kunci utamanya adalah mengalokasikan dana agar bisa tepat penggunaannya.

Selama ini Kawan Muda mungkin baru mengambil uang saat membutuhkannya, tanpa dipikirkan berapakah alokasi yang kamu butuhkan untuk keperluan tersebut. Misal nih, untuk belanja bulanan atau membeli pakaian, kamu  mungkin ya asal belanja saja. Apa pun yang kamu butuhkan masuk tas belanjaan tanpa memperhatikan berapa batasan yang dianggarkan untuk dua hal tersebut.


BACA JUGA:


Tanpa disadari, belum sampai akhir bulan uangmu tiba-tiba saja menipis atau bahkan habis. Setelah ditelusuri, kamu ternyata terlalu banyak mengeluarkan uang untuk belanja bulanan dan beli baju. Nah lho, berabe kan kalau begini? Enggak mungkin dong kamu balikin lagi belanja bulanan dan bajunya ke toko semula?

via: viral4real.com

Itulah sebabnya, mengatur alokasi keuangan setelah gajian itu wajib hukumnya. Seperti yang dilakukan oleh cewek asal Filipina, Xopau Mendoza. Beberapa waktu lalu di akun media sosial Facebook miliknya, Xopau membagikan tips bagaimana dia mengalokasikan pendapatan atau gajinya selama ini.

Cara tersebut adalah yang paling ampuh menurut Xopau karena dia bisa menyisihkan sebagian pendapatan ketika menerapkan hal tersebut. Alokasi keuangan ala Xopau ini mudah banget diterapkan, kamu hanya perlu memecah uangmu menjadi 8 bagian:

  • 2 bagian pertama untuk biaya yang harus dikeluarkan tiap bulannya. Misalnya nih, biaya utama untuk membayar keperluan sehari-hari mulai dari makan, bayar listrik, dan sebagainya. Selanjutnya ada uang yang dianggarkan untuk biaya-biaya tak terduga yang muncul.
  • 3 bagian selanjutnya untuk investasi. Nah, Xopau membaginya ke dalam 3 bentuk investasi. Investasi pertama adalah biaya untuk membayar asuransi kesehatan. Kemudian ada biaya yang dianggarkan untuk investasi dalam bentuk saham, obligasi, deposito, atau instrumen investasi lainnya. Xopau juga menyisihkan biaya untuk dana bersama.
  • 3 bagian terakhir adalah uang yang dialokasikan untuk tabungan. Xopau membagi tabungan ini ke dalam tiga slot: slot tabungan, slot uang tak terlihat, dan slot ‘extra money’ (sebenarnya extra money ini sama dengan biaya tak terduga, tapi dia simpan di dalam tabungan yang bisa dia manfaatkan untuk liburan atau membeli sesuatu yang diinginkan).

Jika ingin sukses menerapkan pengalokasian dana di atas, kamu harus benar-benar bisa membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan. Dengan begitu kamu bisa disiplin dalam menggunakan uang dan enggak tergiur untuk membeli sesuatu atau mengeluarkan uang untuk sesuatu yang sebenarnya enggak perlu.

Bagaimana, Kawan Muda pengin mencoba trik Xopau di atas? Atau kamu sudah melakukannya di rumah?

Sumber: Viral4Real