Tips-tips buat kalian yang suka lupa mengerjakan tugas / PR

4.162 views
Foto : Bacatulisan.com

Hallo Kawan Muda… Membahas tentang pelajaran, nah rata-rata guru kalau jam pelajaran sudah selesai pasti ngasih tugas atau PR, dan mulai tuh pada cekcok sendiri di bawah, nggak terima kalau di kasih PR yang sudah banyak nunggu giliran buat di selesaikan, malah di tambah lagi, makin malas deh buat ngerjainnya.

Nah gue mau bagiin tips nih, buat Kawan Muda yang malas ngerjain tugas, yang malas buka buku kalau di rumah, yang kerjaannya main gadget terus, main game sampai hp lowbat, kerjaannya main ps mulu, yang kerjaannya baca Novel bukan buku pelajaran* gue nih. Pokoknya buat kalian yang ngebuat segala macam alasan biar nggak ngerjain tugas terus tinggal nyalin punya teman.

Nah tanpa membuang waktu lagi, nih gue kasi buat kalian semua:

#1 Catatan Kecil

Buat catatan kecil untuk tugas-tugas kalian lalu temple di kamar, meja belajar, pintu kamar, atau dimana pun yang paling mudah lo liat. Kalau gue mah buat mading di kamar buat nempelin hal-hal yang menurut gue penting.

#2 Alarm & Memo

meremehkan waktu
Foto : enddywinata888.wordpress.com

Menurut kalian ini nggak masuk akal? Sorry bro, jangan berasumsi sebelum mencobanya. Untuk yang malas nulis catatan kecil, lo bisa buat alarm di gadget untuk nentuin waktu dan sebagai pengingat buat ngerjain tugas. Atau lo juga bisa buat memo, tapi menurut gue sih lebih efektif alarm, takutnya lo pada nggak buka memo terus lupa deh ngerjain tugas.

#3 Tanya Sama Teman

Lo juga bisa Tanya sama teman lo yang rajin buat ngerjain tugas, dan yang paling penting nggak pelupa. Lo juga bisa minta di ingetin buat ngerjain tugas.

#4 Kerja Bareng Teman

bekerja
Foto : www.fastcompany.com

Nah buat kalian yang alasannya nggak tau gimana cara buat ngerjain tugasnya, lo bisa kerja bareng teman-teman lo yang tau betul cara kerjanya, yang bisa ngajarin dan ngejelasin tugas lo itu. Tapi lo jangan nyalin saja yah, lo juga harus bisa buat kerja sendiri, supaya kalau di Tanya Guru atau di suruh kerja di papan lo bisa kerja nggak Cuma garuk-garuk kepala dan nyengir nggak jelas. Dan jangan ngegosip, itu juga penting karena biasanya kalau sudah ngumpul jadi ribet ngomongin ini itu.

#5 Mengerjakan tugas di Sekolah

Mengerjakan tugas di sekolah yang gue maksud disini tuh bukan kerja pas tugasnya mau di kumpulin, tapi kerjanya pas guru udah selesai jelasin semuanya, jadi nggak ada alasan lagi buat lupa gimana cara ngerjainnya. Lo juga harus pahami apa yang guru lo jelasin, jangan cuma ngegosip, main game, dengerin musik di bawah.

Beda lagi nih, jika ada ulangan mendadak, gue udah sering menghadapi ulangan macam ini. Guru masuk langsung bilang “Naikkan kertas selembar, kita ulangan”, tapi biasanya ada juga guru yang memberikan waktu untuk baca buku dulu.

Nah disinilah daya ingat lo di uji. Nih gue bagiin Tips:

#a Rajin baca buku

membaca buku di kantor
Foto : intisari-online.com

Ini hal yang penting banget dan nggak boleh di lupain, lo harus baca buku pelajaran dan ngulang-ngulang terus pelajaran lo. Jangan buat buku lo sebagai penjaga lemari. Ini senjata paling ampuh untuk menghadapi ulangan mendadak karena lo nggak harus panik, teriak-teriak nggak jelas karena nggak belajar.

#b Gunakan Waktu Se-efektif Mungkin

Nah buat lo yang nggak belajar dan nggak pernah baca buku, lo bsa menggunakan waktu yang di berikan buat ngebaca dan pahami hal-hal yang menurut lo penting, lo harus bisa ngeringkas apa yang lo baca, kali ini daya ingat dan tingkat pemahaman benar-benar di butuhkan. Gue biasanya baca buku dari belakang ke depan, alsannya karena Guru gue kebanyakan ambil soal dari materi terakhir. Tapi kita beda Guru yah. Gue juga biasa menggunakan cara ini, setidaknya lo bisa ngerjain beberapa soal dari pemikiran lo sendiri. Dan nggak perlu nyontek, karena pada akhirnya lo bakalan nyesel.

Mungkin Cuma segitu tips yang bisa gue bagi buat kalian, gue sering ngelakuin tujuh tips di atas dan Alhamdulillah ngebantu. Pesan gue nih “Jadilah manusia yang terpelajar dan berkualitas.” Karena lo bisa ngelakuin banyak hal positif jika lo berilmu. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat buat kalian, salam hangat dariku.