Menjelang Musim Hujan, Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Dengan Cara Ini!

512 views
Berjemur di bawah sinar matahari pagi atau sore selama 10-20 menit tanpa sunscreen bisa membuat tulangmu sehat dan membantu menurunkan tekanan darah | via: clinia.ca

Musim penghujan tinggal menghitung hari. Itu artinya, kamu harus mulai mempersiapkan diri. Mulai dari cek lagi apakah jas hujan masih layak pakai hingga yang paling penting adalah meningkatkan daya tahan tubuh agar lebih kuat.

Tahu sendiri kan, biasanya musim hujan tuh rentan sakit. Flu, pilek, batuk, bahkan penyakit kulit. Virus dan bakteri memang mudah tersebar saat musim hujan. Tubuh sehat dengan sistem imun yang kuat menjadi benteng dari pertahanan diri.

Hm, gimana sih caranya? Simak yuk tips menjaga daya tahan tubuh berikut ini.

1. Perbanyak makan sayur dan buah

salad-buah-segar
via freepik.com

Sayur dan buah benar-benar kaya akan manfaat. Hampir semua orang berpenyakit tetap dianjurkan untuk mengkonsumsi sayur dan buah.

Vitamin dan mineral yang terkandung dalam sayur dan buah mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. Untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit, perbanyak makan sayur buah ya!

2. Istirahat cukup

Mencukupi kebutuhan tidur sangat penting lho, Kawan Muda. Jangan disepelekan. Eh, apa kamu biasanya malah kebablasan ya?

Waktu tidur normal biasanya 7-8 jam untuk orang dewasa dan 9-10 jam untuk remaja. Tidur sangat baik untuk meningkatkan imunitas tubuh.

3. Rutin olahraga

cara menaikkan berat badan
via: swimming.org

Olahraga tentu saja selalu ada di setiap tips kesehatan. Nggak terkecuali di tips menjaga daya tahan tubuh. Dengan rutin berolahraga minimal seminggu sekali, badanmu akan semakin kuat dan bugar.

Otot-otot tidak lagi kaku, keringat keluar dari tubuh, badan menjadi lebih segar dan bergairah dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Kalau nanti pas musim hujan? Olahraga indoor seperti berenang bisa kamu jadikan pilihan.

4. Tidak merokok dan menghindari alkohol

Meskipun belum diharamkan, tapi secara medis rokok dan alkohol itu emang merusak tubuh lho. Kandungan rokok dan minuman beralkohol sama sekali nggak ada manfaatnya untuk tubuh.

Buat kamu perokok pasif juga harus hati-hati banget, sebisa mungkin hindari asap rokok karena paparan asap rokok dapat merusak sistem kekebalan tubuh.

Lebih-lebih perokok aktif dan peminum minuman beralkohol, banyak banget penyakit yang menunggu seperti infeksi paru, bronkitis, pneumonia, dan lain-lain.

5. Hindari stres

via: rd.com

Stres memang tidak terhindarkan. Kamu hidup sebagai manusia, nggak mungkin nggak punya masalah. Tau nggak baru-baru ini CEO salah satu e-commerce besar Indonesia beropini bahwa Indonesia negara paling bermasalah.

Terlepas dari setuju nggak setuju atas pernyataan tersebut, peneliti menelusuri memang masih banyak orang yang kurang bahagia a.k.a sejahtera di negeri kita ini. Hm, semoga bukan termasuk kamu ya.

Kerjaan dan tugas yang menumpuk seringkali menjadi penyebab stres. Belum lagi si mantan yang udah jalan sama orang lain, gebetan yang susah banget dideketin, duh adaaa aja deh pokoknya masalah manusia.

Alangkah baiknya kalau kamu bisa mengelola emosi dan menghindari stres. Hal ini penting untuk menjaga keseimbangan tubuh dan akan menjaga kestabilan daya tahan tubuh.

Jika perlu, kamu boleh kok mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan imunitas tubuh. Namun lebih baik konsultasikan dulu dengan dokter ya, bagaimana level kesehatan kamu sampai-sampai harus mengonsumsi suplemen.

Adapun suplemen untuk menjaga atau meningkatkan daya tahan tubuh yang baik adalah yang mengadung echinacea, morinda citrifolia, phylantus, dan vitamin B6, C, dan E. Tips menjaga daya tahan tubuh pada intinya adalah menerapkan pola hidup sehat.

Semoga sehat selalu, Kawan Muda!