Kamu Tidak Pernah Menang Kompetisi Menulis? Ternyata Ini loh Rahasianya Bagi Para Juri untuk Mencari Pemenang

1.077 views
via studybreaks.com

Kawan Muda suka menulis? Punya blog? Apa menulis hanya sebagian dari hobi atau ada tujuan lain seperti memenangkan kompetisi menulis?

Kalian pernah ikut lomba kompetisi menulis? Bagaimana? Kawan Muda memenangkan perlombannya kah? Tidak? Tenang, nggak usah kecil hati! Nggak mesti jadi anak sastra kok buat memenangkan lomba menulis.

Kali ini Kawan Muda akan memberikan tips tentang memenangkan perlombaan menulis.

  1. Mem-follow akun kuis di media sosial

instagram
via jackadvise.com

Kalau kamu adalah pengguna aktif social media, mulai sekarang kamu harus mulai memanfaatkan social media-mu sebagai sumber yang bermanfaat. Coba follow akun-akun yang sering mengadakan perlombaan menulis, jangan cuman follow akun gosip ya, Kawan Muda.

Dengan kalian memfollow akun-akun tersebut kalian akan lebih up-to-date dengan berbagai kompetisi menulis.

  1. Mengetahui target pembaca kompetisi yang diikuti

via: albertandme.co.uk

Sebelum kalian mulai menulis untuk mendaftarkan suatu lomba, coba diperhatikan dulu tentang siapa yang akan membaca tulisanmu nanti. Hal ini akan memberikan nilai tambah dari para juri jika kamu mengetahui target pembacamu.

Kamu nggak boleh terlalu idealis atau egois dengan menuliskan apa yang kamu inginkan. Coba posisikan dirimu sebagai mereka yang akan membaca hasil karyamu.

  1. Membaca dan mengikuti peraturan sedetail mungkin

follow the rules
via flatpackdemocracy.co.uk

Para juri tidak peduli siapa kamu dan dari mana asalmu. Jika kamu mengingkan tulisanmu dibaca oleh para juri, kamu harus melakukan semua peraturan yang sudah ditetapkan oleh pembuat acara untuk diteruskan ke para juri.

Jangan menyepelekan peraturan pertama ini ya, Kawan Muda!


BACA JUGA:


  1. Membuat tulisan yang realistis, unik, dan original

via: blogzest.com

Bagaimana cara bikin tulisan yang unik dan menarik? Judul juga menjadi hal yang penting untuk membaca tulisanmu. Bikinlah judul yang menarik orang ingin membaca, namun harus sesuai dengan isinya ya. Seperti “Stop membuang uang untuk membeli parfum mahal! Mending pakai ini untuk membuat parfum kesukaanmu.”

Artikel yang tidak ada unsur plagiasi memiliki peluang lebih besar. Eitss! Jangan coba bohongin para juri yaa, karena mereka bisa tahu loh. Dan jangan memaksan tulisanmu untuk bagus. Maksudnya bagusnya jangan dibuat-buat dan jangan hanya mengikuti arus.

Jujur dengan karyamu sendiri, karena setiap penulis meiliki ciri khasnya masing-masing.

  1. Jangan mengirimkan tulisan di hari terakhir

no deadline
via blogs.city.ac.uk

Jika kamu mengirimkan tulisan sehari sebelum penutupan pendafataran, biasanya kamu akan dianggap tidak siap dan membuat tulisanmu kurang dihargai. Juri sangat suka dengan seseorang yang disiplin dan semangat dalam mengikuti kompetisi, apa lagi jangka waktu penutupan pendaftaran itu cukup lama loh.

  1. Berusaha sampai akhir!

bejuang
via zahhiraccounting.com

Menurut para juri, ketika kamu sering menulis kamu jadi mengenal gaya penulisanmu dan terbiasa dengan bidang tulis menulis. Jadi usaha terus sampai titik darah penghabisan ya, Kawan Muda!

Jangan banyak mengeluh dan bertanya sana-sini tentang tulisanmu, kecuali untuk mendapatkan feedback yang dapat membangunmu. Cukup kerjakan dan percaya diri dengan mengikuti banyak perlombaan. Semangat, Kawan Muda!

Sumber : Hipwee