7 Tips Efektif Untuk Mengecilkan Perut

312 views
tips mengecilkan perut
via indiatimes.com

Mengecilkan perut bukan hanya urusan orang-orang yang pengin tubuhnya langsing, tapi juga dengan anjuran dokter untuk orang yang memiliki penyakit tertentu. Dengan ukuran perut yang ideal kamu juga bisa makin sehat.

Sehat itu mahal banget. Bayangin kalau kamu menderita sakit perut yang nggak biasa. Yang bukan sekedar mules, tapi juga ada penyakit dalamnya. Aduh, naudzubillah. Semoga kamu dan kita semua sehat selalu ya.

Yuk langsung aja, Kita Muda kasih tau tips mengecilkan perut yang sehat!

1. Menu makanan bergizi

Perut langsing idaman hampir semua orang. Untuk mendapatkannya, kamu harus tetap menjaga tubuhmu dengan makan makanan bergizi.

Penuhi gizimu, jangan makan yang instan-instan terus. Apalagi junk food, fast food, dan kopi setiap hari. Waduh! Hindari atau imbangi dengan makanan bergizi seperti sayur dan lauk-pauk berprotein tinggi ya.

2. Olahraga kardio

Agar perutmu bisa langsing, lakukanlah olahraga secara rutin minimal 30 menit selama 3 kali dalam sepekan.

Olahraga kardio seperti jalan kaki, jogging, dan bersepeda dapat melatih otot-otot perut agar semakin kencang. Cobalah untuk jalan kaki cepat dan bersepeda secepat yang kamu bisa.

3. Angkat besi

Buat yang suka nge-gym, angkat besi juga bisa jadi solusi kalau kamu ingin mengecilkan perut. Angkat besi bisa mengencangkan otot. Otot yang kencang akan melatihmu untuk tidak terlalu berambisi ketika makan.

Otot yang kencang juga akan meningkatkan metabolisme dan membuatmu kurus bahkan ketika kamu tidak sedang melakukan angkat besi. Rutinkan kegiatan ini pada hari di mana kamu tidak melakukan olahraga kardio ya.

4. Tidur cukup

Sepele, tapi ini penting banget. Banyak pekerja di kota metropolitan memiliki waktu tidur yang kurang. Kalau nggak bisa tidur 8 jam di malam hari. Usahakan minimal 4 jam. Lalu tidurlah 4 jam sisanya di waktu-waktu luangmu.

Jaga kualitas tidur dengan berdoa sebelum tidur, minum air putih sebelum tidur, membersihkan kasur atau tempat tidur terlebih dahulu, serta memakai baju tidur agar makin rileks.

5. Hindari stres

Di mana-mana, yang namanya stres itu menyakitkan. Udahlah, udahin aja stresnya. Kuatkan spiritual, ajak dirimu bahagia di kegiatan yang positif. Hindari stres. Masalah kerjaan selesaikan di kantor, jangan dibawa pulang.

Masalah dengan mantan… buang aja. Nggak usah dipikir 😉

Stres dapat mempengaruhi kinerja tubuhmu secara nggak langsung. Meskipun pusatnya di pikiran, tapi efek negatifnya tuh berdampak ke yang lain-lain. Tubuh jadi nggak semangat lah, suudzon lah, dan lain-lain. So, sebisa mungkin hindari stres ya!

6. Tidak mengonsumsi rokok dan alkohol

Ini juga dilarang ya. Kalau mau perutmu mengecil secara ideal. Hindarilah rokok dan alkohol. Selain bikin usaha sehatmu gagal, rokok dan alkohol emang jahat banget lho. Beneran deh ini nggak baik untuk tubuh!

7. Rajin

Tips bonus, tetap Kita Muda cantumkan di sini karena biasanya nih kamu lupa bikin target buat sehat. Kalau sudah kuat tekadmu untuk mengecilkan perut, maka usahanya harus maksimal ya.

Rajin olahraga. Kalau nggak bisa seminggu tiga kali, paling enggak hari Minggu jangan dipakai buat tidur melulu.

Rajin juga buat makan makanan sehat. Kalau nggak bisa makan sayur tiap hari, paling enggak jangan jajan sembarangan. Apalagi jajanan yang banyak mengandung minyak dan saus tomat berlebihan.

Semangat teruslah pokoknya. Jangan kasih kendor!

 

7 tips mengecilkan perut tersebut sudah terbukti efektif lho, Kawan Muda. Segera eksekusi yuk biar badan makin ramping dan sehat.

Agar mudah dalam mengingatnya kamu bisa menyimpan infografik berikut:

7 Tips Efektif Untuk Mengecilkan Perut
via fitnessreporting.com