Siapa sih yang enggak pengin punya postur tubuh yang baik ideal?!? Selain bisa mendukung penampilan dan membuat Kawan Muda lebih percaya diri, postur tubuh yang baik bisa menjaga kesehatan tubuh dan pikiran, lho. Kawan Muda bakal terhindar deh dari gangguan sakit punggung atau leher, sakit kepala, dan letih.

Nah, postur tubuh kita sekarang ini pada dasarnya dipengaruhi oleh cara kita memperlakukan tubuh seperti bagaimana cara kita berdiri, berjalan, duduk, atau tidur. Sekarang, coba Kawan Muda berdiri normal dan lihat ke kaca, kalau tubuh tampak bungkuk berarti kamu harus memperbaiki kebiasaan duduk atau berdiri yang salah.


BACA JUGA :


Dilansir dari Brightside.me, berikut  beberapa trik mudah yang bisa diterapkan biar postur tubuh Kawan Muda selalu tegak sempurna.

1. Lakukan olahraga ringan yang bisa memperbaiki postur tubuhmu seperti peregangan atau senam ringan. Enggak perlu lama-lama kok, cukup 10—20 menit setiap harinya.

via: brightside.me

2. Kalau pekerjaan menuntutmu duduk lama di depan komputer, pastikan tinggi meja dan kursi pas sehingga jarak pandang mata ke komputer juga tepat. Duduk pun jadi nyaman deh!

via: brightside.me

3. Usahakan posisi ponsel berada lurus di depan wajah biar kita bisa melihatnya dengan tubuh tegak. Saking asiknya main smartphone, secara enggak sadar kita terlalu menunduk. Ini karena, kita suka memengang ponsel sejajar perut atau dada. Karena itulah, sejajarkan ponsel dengan wajah biar enggak bungkuk!

via: brightside.me

4. Sekarang kan serba canggih nih, download dong aplikasi yang bisa memonitor postur tubuhmu. Misalnya aplikasi Nekoze yang menggunakan kamera ponsel untuk memonitor postur tubuh. Kalau kamu membungkuk, alarm-nya bakal bunyi untuk menegurmu, hihi.

via: brightside.me

5. Bernafaslah dengan benar! Yap, bernafas dengan benar dan tepat menggunakan diafragma juga bisa lho membantu membentuk postur yang baik secara natural.

via: brightside.me

6. Selalu perhatikan posisi tubuhmu, entah itu sedang duduk, berdiri, masak, mengemudi, atau bahkan tidur. Kamu harus memastikan bahwa punggungmu harus tetap tegak.

via: brightside.me

7. Posisi duduk yang paling baik adalah membentuk sudut 135o. Dengan duduk pada posisi yang tepat, kamu bakal lagi deh ngeluh sakit punggung atau leher gara-gara duduk kelamaan.  

via: brightside.me

8. Latihan yoga juga baik, lho, untuk memperbaiki postur. Selain itu, kamu juga bisa nyoba pilates atau aerobik biar postur tubuh tegak tetap terjaga.

via: brightside.me

9. Cobalah untuk berdiri dan berjalan dengan posisi tegak. Hindari berdiri atau berjalan yang membungkuk atau membuat tulang punggung melengkung seperti kurva.

via: brightside.me

Nah, itu dia 9 trik mudah yang bisa diterapkan biar postur tubuh Kawan Muda selalu tegak sempurna. Kalau melakukannya secara rutin dan konsisten, secara alami postur tubuh Kawan Muda akan menjadi tegak ideal. Selamat mencoba, Kawan Muda 🙂