Tips Menabung Dengan Cermat Agar Wishlist Tercapai

Menabung adalah hal fundamental yang pasti sudah diajarkan oleh orang tua sejak kita masih kecil dengan menyisihkan uang jajan. Menabung itu banyak manfaatnya, kita semua tahu itu. Dengan menabung, setidaknya kamu bisa mengamankan hidup di hari esok.

Namun, banyak dari kamu yang agak-agak boros dan susah banget buat nabung. Tabungan sih ada, tapi rasanya selalu habis terus. Hm, kok bisa ya?

Padahal kebutuhan banyak banget. Mulai dari tabungan pernikahan, untuk beli rumah, mobil, naik haji, biaya pendidikan anak, atau traveling keliling dunia. Widih! Banyak banget ya yang harus dipenuhi di hidup ini :’)

Yuk deh, simak tips menabung ala Kita Muda yang semoga saja bermanfaat bagimu!

1. Pahami betul tujuan menabung

Sisihkan 20% dari pendapatan untuk tabungan masa depan |
via: mashable.com

Biar nggak salah langkah, kamu harus menentukan tujuan dulu nih: kamu nabung tuh mau buat apa sih? Bukan hanya sekedar “buat hidup”, tapi sebaiknya kamu punya jawaban rinci atas pertanyaan ini.

Jika sudah begitu, kamu akan cenderung untuk patuh dan nggak boros karena tujuanmu menabung sudah jelas. Kamu juga akan sadar kalau nggak sebaiknya foya-foya atau hidup boros. Menabung membuat kamu bisa hidup mandiri, nggak bergantung pada orang lain. Gitu~

2. Atur dan gunakan metode menabung sesuai prioritas

Miliki prioritas tabungan untuk jangka waktu tertentu sampai satu wishlistmu itu tercapai. Misalnya kamu akan menikah, maka menabunglah untuk menikah. Khususkan menabung untuk itu hingga sampai datang waktunya. Begituuu seterusnya.

Soal metode menabung, udah banyak banget diulas di website finansial adviser, ada 50:30:20 atau 60:20:20 untuk perbandingan kebutuhan sehari-hari, biaya rekreasi dan tak terduga, serta tabungan. Manakah rumus yang paling tokcer? Jawabannya tergantung kebutuhan kamu.

Kalau saran Kita Muda sih, mending disesuaikan dengan prioritas kamu. Ada kalanya kamu harus menyisihkan gajimu lebih banyak untuk tabungan. Apalagi kalau dapat bonus tuh.

Ibaratnya nih kalau gaji kamu 10 juta dan kebutuhanmu 3 juta, maka tabunganmu bisa senilai 7 juta. Kalau suatu ketika ada tambahan bonus gajimu jadi 15 juta, tetaplah bergaya hidup layaknya kebutuhanmu memang sama 3 juta. Menabungnya ya 12 juta. Begitu, Kawan Muda. Semoga kamu paham ya!

3. Kategorisasi pengeluaran

buku tabungan
via : kfk.kompas.com

Buat cewek-cewek atau ibu-ibu muda biasanya paling hemat dan paling teliti urusan ginian. Menabung bakal lebih cermat kalau kamu bisa mengkategorisasikan pengeluaran kamu. Habis gajian, langsung deh tuh pilah-pilah sesuai arus pengeluaran.

Atur berapa buat makan, berapa buat bayar kosan atau bayar listrik dan air, berapa buat anggaran me-time seperti ke salon, nonton, atau karaoke, berapa harus bayar SPP, dan lain-lain.

Kalau sudah kamu kotak-kotakkan di awal, kamu bakal lebih enak menabungnya. Bakal lebih hemat dan mematuhi aturan batas maksimal pengeluaran untuk satu kategori. Bila perlu, miliki rekening yang berbeda untuk keperluan berbeda.

4. Hindari penggunaan kredit dan utang

Promo dan iming-iming harga murah lainnya memang sering ada di kartu kredit. Pada beberapa hal, penggunaan kartu kredit memang menguntungkan.

Namun, para konsultan keuangan menyarankan untuk sebisa mungkin menghindari penggunaan kartu kredit. Sebab, penggunaan kartu kredit ini secara implisit memaksa kita jadi boros lho.

Sama aja dengan utang, kamu akan berat di tagihan kalau kamu nggak bisa mengimbangi dengan tambahan jumlah tabungan. Hindari pula mengajukan utang apalagi dengan bunga yang tinggi.

5. Jangan pelit ke orang tua

wisuda-bersama-orang-tua
via: muhdhito.me

Tips menabung satu ini mungkin nggak akan pernah kamu temukan di artikel manapun! Yup, kamu jangan pelit-pelit amat ke orang tua, Kawan Muda. Ingatlah bahwa rezeki yang mengalir padamu itu kebanyakan atas doa restu orang tua lho. Hayooo, sudah berapa besar baktimu pada orang tua?

Ingat, orang tua mengorbankan banyak hal mulai dari kamu bayi hingga kamu sukses lho. Jadi kalau orang tua minta beliin ini itu, selama kamu ada, kalau bisa turutin ya! Pasti balik kok, tenang aja!

That’s all, Kawan Muda. Semoga dengan baca artikel ini kamu jadi semangat menabung ya. Cek lagi tuh wishlist kamu, berapa banyak yang belum tercentang? Nabung yuk, biar kamu nggak nyesel nanti-nanti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *