Ciptakan Kesan Baik Pada HRD, Begini 10 Tips Jitu Melamar Pekerjaan

Setiap bulan di sepanjang tahun, pasti ada fresh graduate yang baru lulus. Pasti ada orang yang baru resign dari kantor lama. Pasti ada orang yang mencari pekerjaan. That’s why, iklan lowongan kerja seolah terus ada sepanjang waktu.

Buat kamu para job seeker, perhatikan yuk tips melamar pekerjaan biar gampang lolos seperti berikut ini.

1. Pilih bidang yang sama

via: iacp.com

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah melamar sesuai bidang. Atau keahlian. Kalau kamu lulusan akuntansi, tiba-tiba ngelamar jadi perawat, nggak heran kalau kamu otomatis ditolak sama HRD.

Pilih sesuai bidang ya. Selain kamu masuk kualifikasi, kerja sesuai bidang juga sebagai penghargaan ke diri sendiri kalau apa yang selama ini kamu tekuni, nggak sia-sia.

2. Gunakan istilah profesi dengan benar

Kamu bisa menggunakan istilah khusus yang hanya dimiliki oleh bidangmu. Tapi pastikan istilah profesi ini benar-benar ada. Contohnya seperti Product Manager, Digital Marketing Officer, UI/UX Designer, dan lain-lain.

3. Jangan ragu memasang angka gaji yang diharapkan

Meskipun kamu fresh graduate, kamu boleh kok mematok gaji yang kamu harapkan. Namun ingat, kalau kerja fresh graduate tanpa pengalaman juga akan memengaruhi besarnya gajimu.

Kalau sudah berpengalaman, nggak masalah kamu mematok di atas UMK. Asalkan, kamu benar-benar bisa bertanggungjawab atas itu. Ingat ya, besar kecilnya gaji bukan ukuran sukses. Yang penting itu Kawan Muda, ba-ro-kah ^^

4. Gunakan foto profesional

Kamu pasti akan diminta lampiran foto terbaru untuk melengkapi berkas lamaran kerja. Gunakan foto terbaru dengan pose yang biasa aja. Baju yang oke, rapi, dan hasil yang jelas. Intinya, profesional.

5. Pastikan semua berkas sudah benar

contoh design cv kreatif
via crella.net

Pastikan nggak ada typo di Surat Lamaran Kerja, berusaha membuat CV terbaik versimu, dan cek lagi lampiran-lampiran berkas lainnya. Nggak perlu diisi dengan kebohongan atas prestasi dan catatan organisasi ya. Percaya aja deh!

6. Riset tempat kerja yang kamu lamar

Lakukan riset kecil di tempat kerja yang akan kamu lamar. Zaman sekarang banyak penipuan, jadi kamu harus hati-hati dalam melamar pekerjaan.

Gunakan google atau referensi dari teman, siapa tahu kamu menemukan info menarik yang dapat mendukung atau malah mengurungkan niatmu untuk melamar kerja di sana.

7. Gunakan situs talent marketplace

Untuk memperbesar peluangmu mendapat pekerjaan, gunakan situs pencari kerja seperti Jobstreet, JobsDB, Karir, dan lain-lain. Di sini kamu bisa melakukan filter sesuai dengan profesi dan lokasi kerja yang kamu inginkan.

Jangan lupa juga memiliki LinkedIn, agar kamu terlihat profesional. Di LinkedIn, kamu juga bisa mencari pekerjaan lho melalui fitur “jobs”. Coba deh!

8. Perbaiki profil media sosial

media sosial
via: cw.iabc.com

Suka nggak suka, mau nggak mau, HRD akan sedikit kepo-in kamu kalau dia tertarik dengan untuk merekrutmu. Oleh karena itu, perbaiki profil media sosialmu ya.

Hati-hati atas kicauanmu di Twitter. Kepribadian sedikit banyak bisa dilihat melalui apa yang kamu bagikan di media sosial lho. Beware!

9. Hindari Job Hopping

Job hopping adalah istilah yang digunakan di lingkungan kerja untuk kegiatan terlalu sering bergonta-ganti pekerjaan. Alih-alih menemukan yang pas di hati, beberapa HRD menilai langkahmu ini kurang baik lho.

Mungkin kamu akan diragukan karena takutnya kalau kamu diterima, kamu akan memperlakukan tempat kerja barumu ini sebagai batu loncatan saja. Lebih baik, selektif dulu di awal dalam memilih tempat kerja.

Ingat Kawan Muda, nggak ada pekerjaan yang 100% enak. Tugasmu hanya menjalankan dan mensyukurinya. Aseeek!

10. Berdoa dan Sabar

Yup! Kamu mesti sabar dan tekun berdoa. Sebab meskipun lowongan pekerjaan begitu banyaknya, tapi pengangguran juga nggak kalah banyak. Selagi itu, teruslah memperbaiki diri, mengasah skill, dan semangat dalam mencari pekerjaan.

 

Apapun pekerjaannya, mau kerja kantoran atau kerja online dari rumah, yang penting, pastikan kehalalannya ya! Semangat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *