Mau Tes CPNS? Ini 5 Tips Jitu Agar Lolos CPNS

2.102 views
tips lolos cpns
via detik.com

Mencari pekerjaan memang tak mudah, meski demikian, jalannya sangat banyak. Salah satunya adalah menjadi Pegawai Negeri Sipil alias PNS. Untuk menjadi PNS, otomatis kamu harus mengikuti tes CPNS.

Zaman sekarang banyak di antara kita yang memilih pekerjaan online, tapi masih banyak juga lho yang tertarik dengan kerja kantor khususnya menjadi pegawai negara ini. Nggak ada yang salah dengan keduanya. Yang salah itu, kalau kamu nggak berusaha hingga menjadi tanggungan negara 🙁

Duh, amit-amit jangan sampai ya Kawan Muda!

Anyway, tips lolos CPNS selalu menjadi top search di Google setiap tahunnya. Di sini Kita Muda bakal bahas tips jitu yang dilansir langsung dari ahli yang berpengalaman.

Silakan diikuti, asal jangan tes dengan cara yang haram ya. Kerahkan segala daya dan upaya tapi apalah gunanya kalau kamu mengambil jalan pintas, ceilah. Langsung aja yuk simak tips lolos CPNS sebagai berikut.

1. Pahami Sejarah Indonesia

sejarah Indonesia
via: brightside.me

Seperti yang kita tahu, tes CPNS terdiri dari dua jenis, yakni Tes Kompetisi Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB). TKD dibagi lagi menjadi Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

PNS adalah abdi negara. Oleh karena itu, pengetahuanmu soal sejarah Indonesia benar-benar diuji di TWK. Yuk, banyak membaca tentang sejarah Indonesia. Mulai dari zaman penjajahan sampai zaman sudah merdeka.

Pertanyaan yang muncul biasanya akan seputar sejarah perjuangan Indonesia hingga dasar-dasar negara pasti ada di dalamnya. Soal pasal-pasal, sedikit banyak kamu juga harus hafal nih.

2. Ikut Bimbingan Belajar

Cara lolos CPNS yang satu ini memang cukup mengeluarkan biaya. Namun, itulah yang dinamakan usaha. Kamu sebaiknya mengikuti bimbingan belajar khusus tes CPNS baik privat maupun kelompok bersama teman-teman.

Di bimbingan belajar ini, kamu akan belajar rutin dengan soal-soal maupun wawasan baru atau wawasan lama yang diulang. Nantinya juga akan ada simulasi tes CPNS sehingga kamu nggak kaget saat tes akan berlangsung.

Bimbingan belajar ini pasti ada di setiap kota kok, jangan malas mencari ya!

3. Gigih dalam Belajar

Tips yang ini, dari sejak kamu SD juga sudah terpakai. Gigih dan rajin belajar adalah koentji. Kalau mau lolos, ya harus tekun belajar dong. Jangan hanya mengandalkan faktor keberuntungan karena itu hanya 1% dari 100% keberhasilan.

99% sisanya tentu dengan usaha dan jerih payahmu selama ini. Ecie. Belajar nggak harus di tempat bimbingan belajar aja. Tapi bisa juga di rumah, di kendaraan umum, di sela-sela kamu antre di apotek, dan lain-lain.

4. Pilih Instansi Sesuai dengan Minat atau Jurusan

Agar lolos tes CPNS, kamu juga harus cermat dalam memilih instansi. Pilihlah instansi yang sesuai dengan minat dan bakat atau jurusan kamu. Dengan ini, peluang diterima akan lebih tinggi lho.

Banyak-banyak cari tahu tentang instansi yang kamu tuju. Kesempatanmu untuk diterima sebagai PNS juga lebih besar jika kamu memilih posisi yang memiliki lowongan banyak.

5. Jujur dan Terus Berdoa

berdoa
via: crosswalk.com

Tips dari segala tips tes atau ujian adalah selalu jujur dan tekun dalam berdoa. Jujur itu watak ya, Kawan Muda. Kamu mau menjadi abdi negara yang nggak jujur? Siap-siap deh tanggung jawabmu ke masyarakat Indonesia dan ke diri sendiri.

Tuhan juga akan mendengar doa-doa yang serius. Jangan lupa berdoa sebelum tes dimulai dan jauh-jauh hari secara rutin saat akan mengikuti tes CPNS. Kita Muda juga doain deh, semoga kamu lolos ya!

Buat kamu yang sedang berjuang untuk ikut tes CPNS, have a best luck 😀