10 Tips Edit Lightroom, Fotografer Wajib Tahu!

703 views
Tips-Edit-Lightroom
via pexels.com

Adobe Lightroom merupakan software photo editing yang sudah masyhur di kalangan fotografer. Pemula wajib menguasai nih, sebab fotografer yang sudah pro banyak membagi ilmu editingnya melalui software ini. Dibandingkan dengan Adobe Photoshop, Lightroom dianggap software atau tools yang lebih mudah digunakan untuk melakukan editing foto.

Mengedit foto tentu bukan pekara yang mudah ya, Kawan Muda. Kalau kamu bener-bener mau jadi fotografer yang pro, kamu harus mengantongi ilmu coloring dan editing. Nggak sekedar mencerahkan foto, tapi juga ada seninya gitu.

So here we go, 10 tips edit lightroom yang semua fotografer wajib tahu!

1. Auto tone

Auto Tone Lightroom
Auto Tone Lightroom | via petapixel.com

Pada proses awal pengeditan foto menggunakan Lightroom, coba klik di bagian Auto Tone. Ini akan memberikan kesan warna yang sesuai di fotomu. Kamu nggak harus terima jadi dengan fitur ini, melainkan bisa kamu atur lagi sesuai yang kamu mau atau sesuai ilmu editing yang sudah kamu pelajari.

2. Angle tool

Di dalam Top Tool, ada bagian kecil yang dinamakan Angle Tool. Pada dasarnya Angle Tool adalah garis yang dapat kamu gambar dengan panjang tanpa batas pada garis lurus apapun. Dengan ini, gambar atau fotomu akan sejajar baik secara horizontal atau vertikal.

3. Crop overlays

Ketika kamu mau nge-crop foto, kamu nggak cuma bakal dikasih grid sederhana yang memudahkan proses cropping di Lightroom. Kamu juga bisa menggilir banyak overlays dengan menggunakan huruf ‘o’. Tekan shift + o untuk dapat memutar overlays tersebut.

4. Lightroom Radial Brush

Radial Filter Lightroom
Radial Filter Lightroom | via petapixel.com

Fitur atau tools pada bagian ini bener-bener emejing gila. Kamu bisa mengatur fokus foto menggunakan Lightroom Radial Brush dan putar ketajaman ke bawah hingga -100, ini bakal membuat fotomu jadi blur. Lalu klik pada bagian yang ingin kamu tajamkan. Duplikasikan efek untuk membuatnya lebih terlihat menonjol. Istilahnya ini tuh bikin efek bokeh gitu lo.

5. Reset

Reset editing di Lightroom gampang banget. Cukup klik dua kali pada nama slider apa saja dan setel ulang ke 0. Ini merupakan cara yang sangat cepat untuk mengatur ulang berbagai hal dengan mudah. Kamu juga dapat mematikan seluruh bagian dengan menggunakan toggle di sebelah kiri module title.

6. Backslash (\)

Simbol backslash di Lightroom ini penting banget buat kamu tahu. Tekan backslash (\) untuk melihat before-after pada hasil editanmu. Ini nggak akan menghapus apapun kok, cuma menyembunyikan aja.

7. Luminance

Salah satu fitur paling kuat. Ini terlihat pada cahaya atau reflektif terhadap cahaya pada rentang warna tertentu. Dengan menggunakan Luminance, kamu bisa dengan mudah memengaruhi alias coba-cobain warna di sebuah gambar atau foto. Biasanya fitur ini diaplikasikan pada langit, pohon, atau warna kulit.

8. Lightroom Classic

Healing Brush Lightroom
Healing Brush Lightroom | via petapixel.com

Lightroom CC Classic memberimu kemudahan untuk menggambar garis lurus secara sempurna. Cukup tekan tombol shift ketika menggambar di local adjustment tools apapun dan klik lagi ketika kamu selesai. Sebuah garis yang sempurna di antara dua titik. Tahan pegangan dan klik untuk menggabungkan garis.

9. Lightroom Virtual Copies

Buat duplikasi banyak atau multiple copies dari gambar yang sama tanpa melakukan duplicate di hard drive-mu. Hal ini akan memberi lebih banyak variasi tanpa membuang lebih banyak ruang penyimpanan. Bagus digunakan untuk memberikan editing dari gambar yang sama.

10. Lights out (L)

Tips edit lightroom gampang yang terakhir adalah Lights out (L). Fokuskan dirimu ketika kamu mengedit foto dengan menggunakan mode Lights Out di Lightroom. Hanya dengan tekan ‘L’ dan semuanya kecuali foto yang akan kamu edit akan berubah menjadi gelap. Ini adalah trik kecil yang luar biasa untuk menghilangkan kekacauan dalam sekejap.

Nah, kalau selama ini kamu baru melakukan edit foto ala kadarnya menggunakan aplikasi edit foto di hp, setelah melihat tips ini kamu jadi bisa bayangin kan, mudahnya edit foto pakai Lightroom? Cus deh, coba mulai beralih mengedit foto dengan cara yang lebih keren pakai Lightroom.

Semoga bermanfaat ya!