5 Tips Membuat CV Menarik, Cara Kreatif untuk Curi Perhatian HRD

Heran, sudah apply kerja sana-sini tapi kok masih belum dipanggil juga ya sama HRD? Perasaan prestasi punya, jejak pendidikan bagus, bakat juga ada, terus datanya asli lho bukan kaleng-kaleng. Apanya yang salah?

Hm, itu kah yang jadi pertanyaanmu duhai Kawan Muda? xixixi

Mungkin, CV alias curriculum vitae alias daftar riwayat hidupmu kurang menarik di mata HRD. Hari gini CV masih tulis tangan? O em ji, nggak bisa dibiarkan, Kawan Muda. CV nggak boleh B aja. Selain surat lamaran kerja, CV juga harus kamu siapkan dengan benar, tepat dan kreatif.

Berikut cara membuat CV menarik yang harus kamu perhatikan.

1. Biodata lengkap dan perlu

Namanya juga CV, pasti hal pertama yang dilihat adalah kelengkapan biodatamu. Hal yang harus kamu garisbawahi di sini adalah menulis biodata yang lengkap dan perlu saja. Soal makanan favorit, minuman favorit, zodiac, action figure kesayangan, itu bener-bener nggak usah dimasukin.

Cukup nama, alamat sesuai KTP dan alamat domisili saat ini, nomor hp yang aktif (kalau bisa WhatsApp), tempat tanggal lahir, akun sosial media, email, website (jika ada), agama, kewarganegaraan, status perkawinan, tinggi badan dan berat badan.

Kamu juga bisa menambahkan short bio. Contoh: Digital Creative Enthusiast, Geek Savvy, dan lain-lain. Selain itu, tambahkan hobi dan passion, skill, bahasa, jejak karir dan edukasi, pencapaian dan sertifikasi, serta pengalaman organisasi.

cv creative
via good-resume.com

2. Pasfoto terbaru

Penting tapi seringkali kamu lupa. Sematkan pasfoto terbaru. Terbaru dalam artian itu foto di tahun yang sama dengan kamu apply kerja. Kalau bisa jangan kebanyakan gaya, jangan selfie. Pose normal aja nggak apa-apa kok, nggak harus pose formal.

3. Design sesuai dengan karakter

Ibarat kata, CV itu adalah cerminan dirimu. Cari kerjaan kan berdasarkan apa yang kamu mampu, nah bikin CV juga harus berdasarkan seperti apa dirimu. Design CV menarik harus diusahakan sesuai dengan karaktermu.

Kalau kamu orang yang aktif dan ceria, pilih warna-warna yang cerah. Kalau kamu orang yang tegas dan sederhana, pilh warna-warna yang basic seperti silver, putih, navy, maroon, atau hitam.

4. Pilih maksimal 3 warna

Membuat CV menarik juga bisa tematik. Kalau kamu mau yang bertema abstrak, kamu boleh mencampuradukkan warna. Googling color palette untuk menentukan warna-warna yang senada.

Idealnya, sebuah design sudah bagus dengan kombinasi maksimal 3 warna. Termasuk design CV kreatif milikmu. Kombinasikan warna lagi-lagi sesuai dengan karakter dan jiwamu. Sebab HRD akan menilai kamu dari CV.

contoh design cv creative menarik
via pinterest.com

5. Perhatikan white space

Designer grafis pasti paham banget nih white space. White space adalah area kosong yang membuat sebuah karya design tampil apik, presisi, dan enak dilihat. Design CV yang full content tanpa adanya white space akan membuat HRD sulit membacanya. Lebih dari itu, HRD bisa jadi juga sulit memahami kamu ini orang yang seperti apa.

6. Ukuran kompatibel

Tips terakhir ini sering diabaikan padahal cukup penting. Kalau bisa buatlah CV dengan ukuran yang kompatibel. Bisa terbaca lewat hp, tab, laptop, PC, bahkan jelas jika dicetak. Baik itu CV yang horizontal maupun vertikal.

 

Kalau kamu nggak pengin ribet, sekarang udah banyak banget kok platform yang menyediakan template gratis untuk membuat CV kreatif. Eh tapi kamu jangan asal pilih ya, Kawan Muda. Sesuaikan dengan karakter kamu, itu yang terpenting. Good luck!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *