Si kecil masih susah makan? Mungkin kamu perlu menerapkan beberapa tips ampuh agar anak mau makan yang akan kita bahas berikut ini.

Memiliki anak adalah anugerah, sangat menyenangkan dan membuat kamu sebagai orang tua harus terus belajar termasuk hal-hal sepele seperti membuatnya betah makan atau nyaman ketika makan.

Lebih-lebih pada usia tertentu, anak balita harus diajarkan untuk bisa makan sendiri. Di sinilah tantangan kamu sebagai orang tua untuk membiasakannya makan dengan benar dan semangat. Caranya? Yuk intip tips ampuh ajak anak mau makan berikut!

1. Terapkan Pola Makan Teratur

Pola makan teratur harus kamu terapkan setiap hari. Tunggu di jam-jam anak akan semangat untuk makan. Lihat jam mandinya, jam bermain, jam istirahat, dan lain-lain. Dengan menerapkan pola makan yang teratur ini kamu bisa menandai kapan anak mulai lapar.

Tips ini juga sangat dianjurkan oleh dokter dan psikolog anak. Jika kamu membuat pola yang teratur, anak akan lebih tertarik untuk makan karena sudah dibiasakan untuk makan pada jam-jam tertentu.

2. Variasikan Menu Makanan

makanan bayi
makanan bayi | via momtastic.com

Nah ini mungkin sudah selalu kamu coba ya? Tapi kok gagal terus?

Begini, Kawan Muda. Kamu juga harus sabar dan nggak boleh nyerah. Teruskan membuat makanan anak dengan menu yang bervariasi. Dengan ini, kamu bisa berkesperimen masakan mana yang paling disukai sang anak.

Ada kalanya kamu bisa mencoba menu-menu baru yang tidak ada di buku resep makanan bayi. Kamu boleh kok mencoba-cobanya. Asalkan sesuaikan dengan gizi dan takarannya ya. Akan lebih baik jika kamu mencoba hasil masakanmu lebih dahulu sebelum memberikan pada anak.

Mungkin agak-agak hambar dan sudah nggak cocok dengan seleramu. Tapi begitulah sikap orang tua sebaiknya untuk memastikan kualitas makanan sang buah hati.

3. Sediakan Alat Makan Favoritnya

Cara jitu agar anak lahap dalam makan adalah menyediakan alat makan favoritnya. Entah itu sendok, piring, garpu atau dengan warna yang sangat disukainya. Kamu juga bisa meletakkan mainan kecil di meja makan sang anak untuk membantunya tertarik makan.

Namun hati-hati, jangan sampai si anak malah keasyikan bermain daripada makan. Kamu juga bisa bergonta-ganti alat makan anak, sama seperti gonta-ganti menu. Tujuannya adalah agar anak tidak bosan.

4. Sajikan dalam Porsi Kecil

bayi makan
via eggs.ca

Porsi anak-anak jelas beda dengan orang dewasa. Kalau anak masih susah makan, mungkin karena kamu terlalu banyak memberinya makanan. Coba kurangi porsinya atau sajikan dalam porsi yang kecil saja. Hal ini untuk mengimbangi kemauan dan ketertarikan ketika sedang makan.

Batasi juga memberi air minum di tengah-tengah makan. Memberi air minum dengan sering di sela-sela makan akan membuat anak hilang ketertarikan untuk menghabiskan makanan.

Meskipun sang anak sedang makan sendiri, sebaiknya kamu tetap mengawasi ya. Jaga-jaga kalau di kala asyik makan ia tiba-tiba hilang mood.

5. Ajak Anak Ikut Menyiapkan Makanan

Dengan melibatkan anak dalam menyiapkan makanan, anak akan excited untuk segera memakannya. Selain itu, ini juga salah satu momen kedekatan ibu dan anak yang bisa kamu terapkan, Kawan Muda.

Saat mempersiapkan makanan, anak bisa bebas memilih sendiri apa yang ia mau makan. Namun tetap, sebagai orang tua kamu harus mengawasi dan mengarahkan ke menu makanan yang tepat ya. Tepat di makan saat pagi, siang, atau malam dan lihat juga takaran gizinya. Jangan selalu menuruti kemauan sang anak.

Memang agak berantakan ketika anak turut menyiapkan, tapi tips ini layak dicoba!

 

Begitulah beberapa cara agar anak mau makan. Segera terapkan dan semoga berhasil ya!

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *