Pengin liburan nih, tapi lagi enggak ada promo tiket pesawat murah. Padahal mau pergi lintas pulau atau benua, enggak mungkin, kan, cari moda transportasi lain?!?

Kalau sudah begini, Kawan Muda mungkin menunda niatan berlibur hingga menemukan promo tiket pesawat yang sesuai dengan budget-mu. Namun kalau beli tiket promo, kamu terkadang harus booking jauh-jauh hari.

Masalahnya, iya kalau enggak ada halangan apa pun di bulan-bulan berikutnya atau tahun depan. Kalau ternyata lagi banyak kerjaan di kantor dan mendadak ada urusan mendesak lainnya? Sia-sia dong sudah nunggu lama! Mending sedari dulu saja, kan, liburannya?

Biar Kawan Muda enggak mengalami hal pahit seperti itu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tiket pesawat murah tanpa harus menunggu tiket pesawat  promo. Emang bisa?

BISA DONG!

Kita Muda bakal membeberkan cara-cara mendapatkan tiket pesawat murah tanpa menggantungkan nasib pada tiket pesawat promo. Dilansir dari Kompas.com dan IDN Times, intip yuk langkah-langkahnya berikut ini!

1. Menentukan waktu terbang yang tepat

Menentukan waktu terbang yang tepat agar mendapatkan tiket pesawat murah | via: lapetuz.biz

Tahu enggak sih? Tiket pesawat yang dijual di atas tanggal 20-an tuh biasanya dijual dengan harga lebih murah, lho. Pengecualian kalau itu tanggal merah, ya, Kawan Muda. Selain momen liburan atau tanggal merah, hindari pula hari-hari sibuk untuk perjalanan bisnis dan akhir pekan.

Kamu bisa nih membidik bulan-bulan landai seperti September—November atau Februari—April. Pada bulan-bulan tersebut, harga tiket pesawat rata-rata lebih murah meskipun sedang enggak promo.

2. Tidak sekedar menentukan waktu terbang, tapi juga tujuan wisata

Tujuan wisata juga mempengaruhi harga tiket pesawat | via: cntraveler.com

Kalau pengin liburan ke tempat-tempat populer seperti Bali, Surabaya, Yogyakarta, Kuala Lumpur, atau Singapura, tanganmu harus gesit kalau pengin dapat tiket murah. Yup, karena harga tiket pesawat menuju tempat-tempat populer seperti itu biasanya sangat fluktuatif dan dalam hitungan menit biasanya sudah naik!

Karena itulah, kamu harus sudah mengantungi barometer harga terendah maskapai pesawat dan sesuaikan periode kunjunganmu. Kalau sudah dapat tanggal yang pas dan maskapai yang pas, langsung deh buka situs booking tiket pesawat dan lakukan pemesanan.

3. Mempelajari harga tiket terendah maskapai

Pelajari harga terendah maskapai agar mendapatkan harga tiket pesawat terbaik | via: Unsplash.com

Seperti yang Kawan Muda singgung sebelumnya, strategi terbaik untuk mencari tiket pesawat murah tanpa promo adalah mempelajari harga terendah maskapai penerbangan yang ada. Kamu harus melakukan riset dan membandingkan harga dari maskapai tertentu, baik saat promo maupun tidak.

Rajin-rajinlah mengecek harga tiket di website atau Online Travel Agent (OTA). Mungkin kamu akan kebingungan pada awalnya. Lama-kelamaan kamu akan terbiasa dan bisa langsung paham dengan perubahan harganya.

4. Memilih maskapai penerbangan yang sesuai

Memesan tiket dari maskapai Low Cost Carrier (LCC) | via: Unsplash.com

Kalau pengin dapat harga tiket pesawat yang murah, Kawan Muda bisa memesan tiket dari maskapai Low Cost Carrier (LCC). Tapi ya gitu, kamu harus melakukan pemesannya jauh-jauh hari dari tanggal keberangkatan, misalnya dalam hitungan bulan. Karena maskapai LCC biasanya mengalami pergantian harga yang sangat cepat.

Salah satu maskapai LCC yang cepat banget berubah harganya adalah Lion Air. Coba deh amati tiket pesawat Lion Air dari hari ke hari atau dari jam ke jam, dia bahkan bisa berganti nominal tiap 2—3 jam sekali!

5. Memilih tempat duduk

Memilih tempat duduk yang dekat dengan mesin | via: huffingtonpost.com

Ada yang berpendapat bahwa letak tempat duduk juga ikut andil menentukan harga. Bangku dengan tiket murah cenderung berada dekat dengan mesin, yang suasananya relatif lebih bising.

6. Menjadi member dan aktif update info terbaru terkait tiket pesawat

Menjadi member dan aktif update info terbaru terkait tiket pesawat | via: awardwallet.com

Kamu juga bisa nih mendapatkan tiket pesawat murah tanpa promo dengan  bergabung menjadi member maskapai penerbangan. Hampir semua maskapai penerbangan memiliki program member seperti ini. Dan dengan menjadi member, kamu akan mendapatkan beragam informasi produk dan promosi terkini, termasuk pengumpulan poin reward dan penawaran menarik lainnya.

Dengan menjadi member, kamu juga berkesempatan mendapatkan diskon, penukaran poin, atau bahkan harga khusus untuk pembelian tiket pesawat. Kalau kamu memang hobi traveling, enggak ada salahnya, lho, mencoba trik ini!

7. Gunakan layanan atau aplikasi Online Travel Agent yang memiliki fitur khusus

Gunakan layanan atau aplikasi Online Travel Agent yang memiliki fitur khusus | via: thenextweb.com

Online Travel Agent (OTA) atau aplikasi/situs penyedia tiket murah kini berlomba-lomba untuk jadi yang terbaik dengan mengembangkan fitur pada aplikasinya. Misalnya saja kalau kamu akan memesan tiket pesawat traveloka, mereka punya fitur price alerts yang memungkinkan kita mengontrol dan menyesuaikan harga tiket.

Yup, kamu tinggal input berapa budget yang kamu punya dan notifikasi akan muncul secara otomatis saat ada tiket pesawat yang cocok dengan budget. Lebih mudah dan praktis bukan? Kamu enggak perlu bingung mengecek harga tiket pesawat setiap waktu. Nah, OTA yang sudah memiliki fitur ini seperti Traveloka dan Sky Scanner.

Strategi mencari tiket pesawat murah promo selama ini menjadi solusi untuk mendapatkan tiket pesawat murah. Namun kalau kamu kehabisan tiket promo atau pengin liburan tanpa menunggu promo, tips mencari tiket pesawat murah tanpa promo di atas bisa kamu coba. Semoga berhasil dan selamat berlibur, Kawan Muda!