Ternyata Ini Lho, 11 Penyebab Kenapa Tidurmu Enggak Pernah Nyenyak. Yuk, Dihindari!

Kawan Muda tahu enggak sih, tidur berkualitas di malam hari membantu meningkatkan kesehatan, lho. Menurut penelitian, tidur yang berkualitas bisa menyeimbangkan hormon-hormon rasa lapar, meningkatkan kekebalan tubuh, memberi perlindungan terhadap tekanan darah tinggi dan diabetes, serta menjaga kesehatan kulit.

Nah, yang dimaksud Kita Muda dengan tidur berkualitas di sini adalah tidur yang cukup sekitar 7 jam sehari. Namun, beberapa di antara kamu mungkin sering merasa sulit terlelap padahal sudah berusaha untuk tidur tepat waktu. Kondisi badan juga sangat lelah, tapi anehnya kamu tidak bisa tidur dengan nyenyak.

Jika kamu mengalami hal tersebut, ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya. Dilansir Kita Muda dari Brightside.meberikut adalah 11 hal yang membuat Kawan Muda tidak bisa tidur dengan nyenyak di malam hari.

1. Suhu ruangan yang terlalu panas membuatmu menjadi tidak nyaman. Temperatur yang baik agar kamu bisa tidur nyenyak adalah sekitar 15-23°C

tidur nyenyak
via: brightside.me

2. Jika suka olahraga di sore atau malam hari, berolahragalah minimal 3 jam sebelum waktu tidurmu sehari-hari.

tidur nyenyak
via: brightside.me

3. Jadwalkan tidurmu, tidurlah di waktu yang sama setiap harinya. Waktu terbaik untuk tidur adalah di antara pukul 10 malam dan 1 dini hari. Pastikan juga kamu tidur cukup 7 jam sehari, ya.

tidur nyenyak
via: brightside.me

4. Cahaya yang terlalu terang juga menjadi penyebab kamu susah tidur, lho. Untuk mengatasinya, tidurlah dalam atau jika kamu takut tidur dalam gelap, gunakan saja penutup mata saat tidur.

tidur nyenyak
via: brightside.me

5. Suara kendaraan dari luar rumah atau suara tetangga membuatmu sulit untuk bisa tidur nyenyak. Biar enggak kedengeran nih, pakai saja penutup telinga.

tidur nyenyak
via: brightside.me

6. Pengin tidur nyenyak? Hindari minum atau makan sesuatu yang mengandung kafein seperti kopi, teh, coklat, dan lain sebagainya, sebelum tidur.

tidur nyenyak
via: brightside.me

7. Di era millenial seperti sekarang, mainan gadget membuat seseorang ketergantungan dan susah tidur karena harus selalu memeriksa gadget-nya!

tidur nyenyak
via: brightside.me

8. Biasanya nih, untuk membuat kita cepat tidur adalah membaca bacaan ringan. Tapi ingat, jangan baca lewat gadget-mu, ya! Karena kamu bukannya ngantuk malah sibuk main gadget nantinya. Batal tidur, deh….

tidur nyenyak
via: brightside.me

9. Supaya bisa tidur nyenyak, pikiran itu harus rileks, Kawan Muda. Lepaskan semua pikiran yang memberatkanmu. Coba ingat hal-hal lain yang menyenangkan, agar bisa mengalihkanmu dari pikiran negatif yang membuat sarafmu tegang.

tidur nyenyak
via: brightside.me

10. Mandi dengan air hangat akan membuatmu cepat mengantuk. Ingat ya, air hangat-hangat kuku, bukan air yang sangat panas, lho!

tidur nyenyak
via: brightside.me

11. Sebelum tidur, posisikan tubuh senyaman mungkin di atas kasur. Selain memposisikan tubuh senyaman mungkin, pemilihan bantal dan letak bantal yang tepat juga membantumu mendapatkan posisi yang nyaman saat tidur.

tidur nyenyak
via: brightside.me

Tidur yang nyenyak  bisa menjadi obat mujarab untuk mengembalikan energi dan semangat Kawan Muda keesokan harinya. Semoga tips di atas bermanfaat dan selamat mencobanya di rumah 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *