Ternyata, 5 Hal Ini yang Bikin Ketombe Betah Bersarang di Kulit Kepala dan Rambutmu!

10.474 views
penyebab ketombe
via: india.com

Rambut berketombe merupakan salah satu masalah yang kerap dihadapi oleh sebagian orang. Kondisi kulit kepala dan rambut yang dipenuhi dengan serpihan berwarna putih ini akan membuat siapa pun merasa enggak nyaman dan kurang percaya diri.

Banyak faktor yang melatarbelakangi kemunculan si putih yang bikin gatal itu. Dilansir dari Liputan6.com, berikut ini beberapa faktor yang bisa menyebabkan munculnya ketombe pada rambut.

1. Hormon ternyata memicu timbulnya ketombe dan para cowok lebih rentan ketombean!

penyebab ketombe
via: healthline.com

Percaya enggak percaya, cowok ternyata lebih rentan terkena ketombe dibanding cewek. Menurut penelitian, cowok itu memiliki kelenjar yang dapat memproduksi minyak lebih banyak. Nah, inilah yang berkontribusi memicu timbulnya ketombe.

2. Pola makan yang buruk dan kekurangan nutrisi tertentu pada makanan juga bisa memicu ketombe.

penyebab ketombe
via: skincareguide.com

Kekurangan asupan nutrisi merupakan salah satu penyebab ketombe. Hal ini biasa terjadi pada orang yang menerapkan diet kurang sehat. Selain itu, kurangnya konsumsi makanan yang mengandung vitamin B, zinc (seng), atau jenis lemak tertentu, juga dapat memicu timbulnya ketombe.

3. Kalau ketombemu parah, coba deh cek kulit kepalamu. Jangan-jangan kamu menderita penyakit kulit dermatitis seboroik!

penyebab ketombe
via: seborrea.net

Dermatitis seboroik memengaruhi daerah tubuh yang kaya akan kelenjar minyak, salah satunya kulit kepala. Gejala yang muncul biasanya kulit berminyak berwarna merah dengan serpihan kulit putih atau sisik berwarna kekuningan. Nah, kondisi ini juga sering menyebabkan munculnya ketombe.

4. Selain itu, semakin bertambahnya usia semakin rentan pula mengalami ketombean.

penyebab ketombe
via: liputan6.com

Faktor usia ternyata bisa memicu timbulnya ketombe. Yup, semakin bertambah usia seseorang, mereka akan lebih muda terserang ketombe!

5. Penyebab lainnya kenapa kamu ketombean adalah kamu jarang keramas!

penyebab ketombe
via: the-file.com

Kurang menjaga kebersihan kulit kepala menjadi penyebab rambut berketombe. Maka dari itu, meski jadwal kegiatanmu padat jangan sampai lupa keramas! Keramas akan meluruhkan tumpukan kotoran yang menempel pada kulit kepala. Selain itu, formula aktif dalam sampo akan menutrisi sel kulit kepala agar terhindar dari penyebab ketombe.

Nah, sekarang Kawan Muda sudah tahu kan kenapa ketombe yang ngeselin itu betah banget nangkring di kulit kepala dan rambutmu?