Tanpa Disadari, 8 Kegiatan Sehari-Hari Ini Dapat Merusak Tulang Belakang, Lho!

27.527 views
via: brightside.me

Salah satu bagian tubuh yang enggak boleh luput untuk dijaga adalah tulang belakang atau tulang punggung. Tulang belakang adalah bagian penting bagi tubuh manusia.

Tak hanya menjadi penopang dan pembentuk postur tubuh, tulang belakang juga melindungi sumsum tulang belakang yang berisi jaringan saraf yang sangat vital. Karena itulah, jangan sekali-kali meremehkan jika merasa nyeri di punggung.


Baca Juga : Yuk, Lakukan 12 Gerakan Ini Selama 15 Menit! Dalam Seminggu, Pantat Dan Kaki Indah Akan Jadi Milikmu!


Nah, tahukah kamu jika nyeri tulang belakang umumnya terjadi karena kebiasaan sehari-hari yang salah? Mulai dari posisi duduk, berdiri, hingga berjalan sangat menentukan kesehatan tulang belakangmu, lho!

Kita Muda telah merangkum nih dari Brightside.me, kebiasan sehari-hari yang tampaknya sepele tapi bisa berakibat fatal pada tulang belakang. Penasaran apa saja? Yuk, kita simak daftarnya.

1. Bagaimana posisi berdirimu saat menggosok gigi? Kalau keseringan membungkuk nih, yuk mulai sekarang dihindari. Karena bahaya mengintai tulang punggungmu, lho!

via: brightside.me

2. Tanpa disadari, posisi badan kita cenderung bungkuk, lho, saat mencuci piring. Untuk menghindarinya, taruhlah salah satu lututmu di atas kursi agar tubuh tetap tegak.

via: brightside.me

3. Ganti ban mobil biar enggak bikin sakit punggung lebih baik dilakukan sambil duduk. Lebih nyaman kan kalau begini?

via: brightside.me

4. Bawa barang belanjaan jangan menggunakan satu tangan saja. Berat barang di tangan kanan dan kiri harus seimbang.

via: brightside.me

5. Duh, mengepel lantai jangan sambil membungkuk begini. Bahaya buat tulang belakangmu. Gunakan alat pel saja, ya, saat mengepel.

via: brightside.me

6. Sangat disarankan untuk duduk saat memakai atau menalikan sepatu. Jangan mengenakan sepatu sambil berjongkok di lantai atau berdiri membungkuk!

via: brightside.me

7. Beban yang berat bisa berisiko fatal untuk tulang belakang. Nah, usahakan untuk membawa tas punggung dengan benar agar berat terbagi dengan baik. Kamu juga harus memilih tas punggung dengan cangklong lebar yang dilengkapi bantalan agar beban tidak menghambat peredaran darah.

via: brightside.me

8. Kalau ambil barang di atas lemari, usahakan pakai kursi agar tidak membuat cakram tulang belakang cedera. Dampak buruknya sih enggak terlihat sekali dua kali. Namun, kalau keseringan kamu bisa cedera tulang belakang, lho!

via: brightside.me

Nah, itulah 8 kegiatan sehari-hari yang tampak sepele, tapi punya dampak buruk untuk kesehatan tulang jika tidak dilakukan dengan cara yang benar. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya, Kawan Muda 🙂