Tanpa disadari, 10 kebiasaan sehari-hari ini ternyata membahayakan kesehatan! Kamu wajib hati-hati nih!

21.957 views
via: zeppfeed.com

Kebiasaan sehari-hari adalah aktivitas yang rutin dilakukan setiap harinya dan kita sudah sangat nyaman dengan “kebiasaan” tersebut. Namun tanpa disadari, beberapa kebiasaan sehari-hari (yang bahkan kita sudah lekat banget dengan hal tersebut) ternyata memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan.

Ini bukan kebiasaan seperti merokok, kurang tidur, atau makan berlebihan, lho. Tapi kebiasaan sepele seperti menyilangkan kaki atau minum sambil berdiri! Waduh, serem juga ya! Lalu, kebiasaan-kebiasaan apa saja sih yang sebaiknya kita hindari dari sekarang?!?!


BACA JUGA : 7 manfaat minum air putih hangat untuk kesehatan. Psst… bisa menurunkan berat badan juga, lho!


Daripada Kawan Muda makin penasaran, yuk langsung disimak saja daftarnya.

1. Menyilangkan kaki saat duduk, baik duduk di kursi maupun di lantai, ternyata bisa menyebabkan hipertensi, varises, dan kerusakan saraf, lho!

via: brightside.me

2. Kasih makan burung di taman memang seru, tapi ternyata berbahaya juga buat kesehatan, kenapa? Karena burung membawa bermacam-macam penyakit menular seperti TBC, toksoplasma, penyakit salmonellosis (mirip gastritis), dan masih banyak lainnya. Seram!

via: brightside.me

3. Hati-hati kalau beli kacamata hitam yang murah. Karena kacamata ini tidak memiliki lensa yang memberi perlindungan terhadap sinar matahari dan biasanya hanya diwarnai dengan tinta hitam saja. Kalau begini, matamu tetap terpapar sinar UV dan penglihatanmu bisa terganggu.

via: brightside.me

4. Minum air putih terlalu banyak ternyata tidak baik untuk kesehatan. Hal ini bisa menyebabkan pembengkakan otak, membahayakan ginjal hingga gagal jantung! Jumlah air yang kamu minum harus sesuai dengan beratnya aktivitas yang kamu lakukan.

via: brightside.me

5. Kamu suka menyantap makan siang di meja kerja? Lebih baik ubah kebiasaan tersebut mulai dari sekarang.  Perlu kamu tahu, meja kerja di kantor itu jauh lebih kotor daripada toilet!

via: brightside.me

6. Jangan mengenakan alas kaki terbuka di tempat umum. Risiko terkena infeksi dan kuman (jika kaki terkena luka kecil) lebih besar, lho!

via: brightside.me

7. Buat cewek-cewek yang suka bawa tas tangan, sebaiknya jangan menyampirkan tas di bahu yang sama (misalnya, kamu terbiasa membawa tas di bahu sebelah kanan). Hal ini bisa menyebabkan ketidakseimbangan otot, nyeri, dan pegal-pegal.

via: aliexpress.com

8. Secara otomatis, kita pasti meregangkan tubuh atau ngulet kalau baru bangun tidur. Ternyata nih, kebiasaan ngulet bisa merusak persendian pada tulang belakang, menyebabkan sakit punggung, dan sakit leher juga.

via: dreams.co.uk

9. Mengunyah makanan terburu-buru dan menelannya sebelum halus bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Selain organ pencernaan bekerja lebih keras, kamu akan makan lebih banyak dan berat badanmu jadi gampang naik.

via: partynutrition.com

10. Saat menyantap makanan panas, kita secara otomatis meniupnya. Tahu enggak, kebiasaan ini ternyata berbahaya, Kawan Muda!  

via: id.pinterest.com/christyherd/

Ketika meniup makanan atau minuman, karbondioksida dari mulut akan berbaur dengan air di makanan atau minuman. Kalau kedua senyawa kimia itu bercampur, terbentuklah asam karbonat.


BACA JUGA : 7 manfaat tersembunyi dari minuman bersoda yang membuat kamu mikir-mikir lagi untuk meminumnya!


Nah, asam karbonat ini tidak bagus bagi kesehatan kalau berlebihan (bisa menimbulkan gangguan jantung, yang ditandai sesak napas dan pusing). Selain itu, meniup makanan bisa “mengirim” bakteri atau mikroorganisme ke makanan atau minuman.

Nah, itu dia beberapa kebiasaan yang sebaiknya Kawan Muda hindari. Semoga bermanfaat ya 🙂