Tak Hanya Lemon, Jeruk Nipis Ternyata Menyimpan Segudang Manfaat Untuk Kesehatan, Lho!

1.338 views
via: bestherbalhealth.com

Selama ini kita tahu bahwa lemon merupakan buah yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Namun tahukah kamu kalau jeruk nipis  juga menyimpan manfaat yang beragam? Bahkan manfaatnya tak kalah menakjubkan, lho, dari lemon!

Ya, tak hanya berguna untuk bumbu masakan atau tambahan rasa untuk minuman, jeruk nipis merupakan sumber antioksidan yang sangat baik. Karena itulah, jeruk nipis bisa melindungi tubuh dengan mencegah atau menghentikan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas atau bahan kimia berbahaya.


Baca Juga : 8 Manfaat rahasia yang cuma bisa kamu temukan pada kulit jeruk!


Selain itu, jeruk nipis bisa dimanfaatkan sebagai ramuan herbal yang bisa membantu penyembuhan penyakit. Dilansir Kita Muda dari Kompas.com, simak yuk beberapa penyakit yang bisa disembuhkan dengan jeruk nipis berikut ini.

1. Mengobati sakit gigi.

via: stylecraze.com

Jeruk nipis dipercaya ampuh untuk mengatasi sakit gigi yang disertai gusi bengkak. Caranya juga mudah, kok, Kawan Muda hanya perlu menyiapkan air jeruk nipis, gilingan akar kecubung hitam, dan gilingan legetan warak; masing-masing 1 sendok makan. Campurkan semuanya hingga rata kemudian tambahkan ¾  cangkir air garam.

Nah, kalau semua sudah tercampur rata, peras dan saring campuran tersebut. Berkumurlah menggunakan air saringan tersebut selama beberapa menit. Lakukan cara ini secara teratur 4—6 kali sehari.

2. Menghilangkan bau badan dan bau keringat.

via: cnn.com

Punya masalah bau badan? Jangan keburu stres dulu karena ada cara mudah untuk menghilangkan bau badan secara alami di rumah. Yup, Kawan Muda bisa menggunakan jeruk nipis untuk menghilangkan bau badan.

Cara pertama, gosokkan jeruk nipis yang sudah diolesi kapur sirih ke ketiak setelah mandi. Jadi, potong jeruk nipis menjadi dua bagian lalu oleskan kapur sirih tipis-tipis. Kemudian aplikasikan di ketiak dan biarkan selama 5 menit lalu bilas. Lakukan ini setiap pagi dan sore.

Selain cara di atas, kamu juga bisa menumbuk sepuluh helai daun jeruk nipis sampai halus dan membentuknya seperti pil. Konsumsi tumbukan daun jeruk nipis tersebut 3 kali sehari.

3. Sebagai penghancur batu ginjal.

via: momjunction.com

Jeruk nipis mempunyai kandungan asam sitrat yang mampu mencegah pengendapan kalsium dalam ginjal. Kandungan sitrat di dalam jeruk nipis ternyata 10x lebih besar dibandingkan kandungan sitrat pada jeruk-jeruk lain. Nah, sitrat ini mampu menguraikan dan melancarkan batu ginjal.

Untuk membantu menghancurkan batu ginjal dengan jeruk nipis, konsumsilah dua butir perasan jeruk nipis kampung yang diencerkan dengan 2 gelas air hangat setelah makan malam. Lakukan rutin setiap hari selama 10 hari.

4. Mengatasi vertigo secara alami.

via: vcsst.com

Vertigo disebabkan karena adanya gangguan keseimbangan pada organ telinga bagian dalam yang biasa disebut sebagai vestibular atau bisa juga karena adanya gangguan keseimbangan pada otak. Nah, ini menyebabkan penderita mengalami gangguan ilusi yang membuat obyek sekitar terasa berputar-putar.

Untuk mengatasinya, lumatkan satu genggam daun jeruk nipis kemudian tambahkan 1 sdm air jeruk nipis. Gosokkan campuran tersebut ke tengkuk, pelipis, dan dahi secara rutin dua kali sehari.

5. Menghilangkan nyeri otot dan pegal linu.

via: acepsuhermanherbal.com

Tak hanya orang dewasa dan lansia yang mengalami nyeri otot dan pegal linu, anak muda seperti kita-kita ini juga bisa, lho. Aktivitas sehari-hari yang membutuhkan pergerakan tulang secara terus menerus memang bisa memicu pegal linu.

Saat mengalami pegal linu dan nyeri otot nih, Kawan Muda bisa membuat ramuan obat gosok dari jeruk nipis. Caranya mudah kok, tumbuk sampai halus ⅓ genggam daun jeruk nipis, daun ketepeng cina, dan daun sambiloto, 10 lembar daun sirih, 2 jari akar pepaya, 2 jari akar kepayang, 3 jari akar kelor, dan 10 buah cabe rawit.

Rendam ramuan tersebut dalam 1 liter alkohol selama 7 hari. Kalau sudah, gunakan air perasannya untuk menggosok dan mengurut bagian tubuh yang sakit.

6. Membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

via: isitnormal.net

Ternyata oh ternyata, jeruk nipis juga bisa mengurangi tekanan darah tinggi atau hipertensi, lho! Jeruk nipis mengandung senyawa flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan serta menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Nah, mengonsumsi jeruk nipis secara teratur diyakini mampu mengurangi risiko penyakit hipertensi. Beuh, mantap ya khasiatnya!

Untuk membuat ramuannya, rebus 20 kuntum bunga dan 30 lembar daun jeruk nipis bersama 3 gelas air dan perasan 2 buah jeruk nipis. Rebus hingga air tersisa ¼  gelas, dinginkan kemudian saring. Konsumsilah air saringannya yang telah ditambah sedikit madu tiga kali sehari ¾  gelas

7. Mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

via: foxnews.com

Selain darah tinggi nih, mengonsumsi jeruk nipis juga bisa mengurangi risiko serangan jantung atau stroke. Yup, jeruk nipis kaya akan magnesium dan kalium yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung. Kalium dapat menurunkan tekanan darah secara alami dan meningkatkan sirkulasi darah, sehingga mampu mengurangi risiko serangan jantung atau stroke.

Caranya juga sangat mudah, siapkan jeruk nipis segar dan potong menjadi empat bagian. Masukkan potongan tersebut dalam gelas dan tuangkan air panas ke dalamnya. Diamkan selama 30 menit baru minum ramuan tersebut.

Nah, itulah tujuh manfaat menakjubkan jeruk nipis untuk membantu penyembuhan penyakit. Mulai sekarang, Kawan Muda bisa menerapkannya di rumah nih kalau menderita penyakit-penyakit di atas. Selamat mencoba dan semoga tips ini bermanfaat, Kawan Muda 🙂