Kita tentunya telah diajarkan untuk menjaga kebersihan diri sejak kecil. Sangat mudah sebenarnya mempelajari cara membersihkan diri. Bahkan enggak dibutuhkan skill tertentu untuk melakukannya.

Misalnya saja keramas. Kawan Muda pas kecil dulu paling cuma ngelihatin orangtua pas ngeramasin kamu dan jreng…kamu bisa keramas. Atau kamu diajarkan cara keramas yang benar saat pelajaran olahraga.

Namun tahukah kamu, sederet kebiasaan bersih yang kita yakini “benar”, ternyata ada yang salah penerapannya, lho! Jika terus-terusan dilakukan nih, kesehatanmu bisa jadi taruhan. Ngeri banget!

Sebelum kejadian, yuk cari tahu kebiasaan apa saja itu.

1. Menggunakan produk perawatan rambut (sampo, conditioner, hair balm, hair mask, dan serum) sesukanya.

kebiasaan yang salah
via: brightside.me

Solusinya: Tahukah Kawan Muda, semakin banyak sampo yang kamu gunakan, enggak menjamin rambutmu semakin bersih! Begitu juga conditioner yang takarannya berlebihan juga enggak membuat rambutmu semakin lembab.

Malahan nih ya, penggunaan produk perawatan rambut tanpa takaran yang benar bisa menyebabkan penyumbatan pada kulit kepala. Gunakan produk perawatan rambut tidak melebihi ukuran kacang polong atau ukuran uang logam.

2. Mengoleskan terlalu banyak pasta gigi saat menyikat gigi.

kebiasaan yang salah
via: brightside.me

Solusinya: Penggunaan pasta gigi berlebihan memiliki efek samping yang kurang baik bagi kesehatan. Kandungan deterjen dalam sikat gigi bisa menyebabkan sariawan; kandungan peppermint atau menthol-nya juga bisa memicu alergi.

Belum lagi kalau kebanyakan pasta giginya akan jatuh-jatuh ke lantai. Karena itulah, cukup oleskan pasta gigi seujung jari telunjuk, sekitar satu cm dari ujung telunjuk

3. Mandi dengan shower gel setiap hari.

kebiasaan yang salah
via: brightside.me

Solusinya: Sabun mandi cair memiliki banyak macam salah satunya adalah shower gel. Meskipun baik untuk jenis kulit berminyak atau kombinasi, kita enggak disarankan untuk menggunakan shower gel setiap hari, kenapa?

Penggunaan shower gel yang terlalu sering membuat kulit lebih kering dan bisa memicu eksim. Untuk menghindarinya, gunakan shower gel setiap dua hari sekali dan sisanya gunakanlah sabun biasa.

4. Mengorek hidung dengan jari.

kebiasaan yang salah
via: brightside.me

Solusinya: Ujung jari adalah rumah bagi jutaan bakteri. Kebayang kan kalau mereka masuk hidungmu? Ini bisa menyebabkan infeksi, apalagi buat kamu yang punya masalah hidung tersumbat. Bahaya sinusitis menghantui, lho!

Kalau mau mengorek hidung dengan benar tanpa menggunakan jari nih, ambil air dengan kedua telapak tangan lalu hiruplah dengan hidung. Atau, gunakan alat khusus untuk mengorek hidung.

5. Mengaplikasikan eyeliner pada bagian dalam garis bulu mata.

kebiasaan yang salah
via: brightside.me

Solusinya: Semakin dekat pengaplikasian eyeliner dengan bagian bola mata, semakin rentan kontaminasi terhadap mata terjadi. Eyeliner yang diaplikasikan pada daerah tersebut sangat mungkin berpindah ke mata dan bisa memicu alergi atau masalah lainnya.

Biar terhindar dari risiko komplikasi tersebut, eyeliner harus diterapkan di luar garis bulu mata, di sepanjang kelopak mata.

6. Menutup mulut dengan kedua tangan saat batuk atau bersin.

via: brightside.me

Solusinya: Bakteri akan menyebar ke wajahmu jika menutupi mulut dengan kedua tangan saat bersin. Apalagi saat tanganmu enggak dicuci setelahnya dan digunakan untuk mengucek-kucek mata. Beuh, bahaya!

Saat ingin bersin nih, gunakan tisu atau sapu tangan untuk menutupi mulutmu. Kalau enggak ada tisu, ttutuplah mulutmu dengan siku saat bersin.

Nah lho, Kawan Muda pasti pernah melakukan 6 kesalahan di atas, kan? Karena sekarang sudah pada tahu nih, yuk dihindari biar enggak kena getahnya di kemudian hari.

Semoga tips di atas bermanfaat, ya 🙂

Sumber: Brightside.me