Super efektif dan gak pake ribet, ini dia 10 tips pintar packing barang saat liburan!

124.416 views
via: brightside.me

Liburan itu memang menyenangkan, tapi mempersiapkannya itu lho yang kadang bikin stress. Apalagi saat harus packing baju dan printilan lainnya. Duh, bikin pusing kepala Barbie. Terutama buat Kawan Muda yang cewek-cewek nih, iya kan? Hihi.

Kita Muda mengerti kok perasaan kamu. Packing merupakan PR paling besar saat kita mau liburan. Melihat banyaknya barang saja sudah bikin malas, apalagi menatanya biar bisa masuk semua di tas.


BACA JUGA: Pengen liburan yang beda? Wisata budaya saja di 5 desa adat di Indonesia ini


Hemm…tapi tenang, di artikel kali ini Kita Muda akan membagikan tips packing cepat dan anti ribet yang bisa Kawan Muda praktikkan. Yuk, langsung disimak!

1. Untuk menghemat ruang dalam koper atau tas, Kawan Muda lebih baik menggulung pakaian daripada melipatnya. Cara ini juga membuat baju tidak mudah kusut.

via: brightside.me

FYI, dengan menggulung baju seperti gambar di atas, koper sempitmu akan muat untuk 3 pasang celana pendek, 3 pasang celana, 3 pasang jeans, 1 rok, 2 pakaian renang, 2 sweater, 10 kaus, 5 kemeja, dan 4 gaun! Hebat banget kan!

2. Gunakan vacuum travel bag (plastik penyimpanan pakaian) untuk menyimpan jaket tebal, pakaian anak-anak, atau mainan anak.

via: brightside.me

Plastik pakaian ini bisa Kawan Muda gunakan kembali untuk menyimpan baju kotor.

3. Gunakan prinsip piramida saat menata barang bawaan di koper.

via: brightside.me

Caranya:


BACA JUGA: Liburan ke Belitung? Jangan lupa kunjungi 9 pantai yang ciamik ini!


  1. Letakkan sepatu di bagian pinggir koper. Lalu, masukkan pakaian yang berukuran besar seperti celana dan rok—taruh di pinggiran koper seperti gambar di atas dan jangan digulung.
  2. Masukkan gulungan baju di bagian tengah koper yang masih kosong. Baju yang gampang kusut dimasukkan belakangan. Setelah itu, tutup baju dengan celana atau rok tadi.
  3. Terakhir, masukkan barang-barang penting dan rapuh seperti kosmetik, aksesories, atau dokumen-dokumen yang telah dijadikan satu dalam tas kecil.

4. Bepergian di musim hujan? Kita Muda menyarankan kamu untuk membeli beberapa jas hujan sekali pakai.

via: brightside.me

5. Pindahkan peralatan mandi dan kosmetik ke tempat yang lebih kecil. Kawan Muda juga bisa membeli kosmetik atau peralatan mandi yang travel-size.

via: brightside.me

6. Barang-barang kecil seperti USB, dompet, jepit rambut, kaus kaki, kaca mata hitam, bisa kamu selip-selipkan ke dalam sepatu, tas kosmetik, folder dokumen, atau di kantong koper.

via: brightside.me

7. Kalau bepergian untuk urusan bisnis atau acara penting yang mengharuskan kamu bawa baju formal, gunakan plastik gantungan baju dan tak perlu memasukkannya dalam koper.

via: brightside.me

8. Bawalah obat-obatan secukupnya dan utamakan yang penting, yang sekiranya enggak bisa kamu beli di minimarket.

via: brightside.me

9. Jangan biarkan ada ruang kosong di dalam kopermu. Ruang kosong akan membuat pakaian menjadi berkerut.

via: brightside.me

10. Ingat, bawalah barang-barang yang sekiranya penting!

via: brightside.me

Membawa laptop atau kamera enggak perlu membawa tasnya sekalian. Kawan Muda bisa membungkusnya dengan pakaian yang lembut agar terlindungi selama perjalanan. Untuk barang-barang seperti sandal atau topi—jika koper atau tas sudah enggak muat—Kawan Muda bisa membelinya setelah sampai di tempat tujuan.


BACA JUGA: 10 surga terindah di Gorontalo yang wajib dikunjungi saat liburan


Gimana, packing ternyata mudah banget kan, Kawan Muda? Kalau Kawan Muda yang doyan traveling punya tips keren lainnya, jangan ragu untuk share di kolom komentar, ya!