Pernah olahraga mati-matian dengan alasan buat nurunin berat badan? Atau gak sempat olahraga karena keburu capek dan gak punya waktu luang? Nah, pemikiran ini nih yang perlu dibenarkan. Padahal olahraga itu banyak manfaatnya lho. Selain menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, ada banyak manfaat yang enggak pernah kamu ketahui sebelumnya.

Dilansir dari CNN Indonesia, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) pun telah merekomendasikan bagi orang dewasa untuk memiliki waktu yang intens dalam berolahraga, setidaknya selama dua jam setengah setiap seminggu. Sayangnya, menurut CDC hampir 80% orang dewasa tidak memenuhi hal tersebut, karena alasan waktu dan energi untuk melakukannya butuh ‘perjuangan’. Biar kamu makin tahu, yuk baca manfaat olahraga di bawah ini!

1.Meningkatkan daya otak

via : stevenaitchison.co.uk

Olahraga bisa bikin kamu pintar lho! Menurut penelitian, latihan kardiovaskular bisa menciptakan sel-sel otak baru (neurogenesis) dan meningkatkan kinerja otak dan daya ingatmu. Gak cuma itu, latihan fisik yang intens juga memperbanyak tingkat brain-derived neurotrophic factor (BDNF) yang dipercaya membantumu dalam mengambil keputusan, serta kemampuan berpikir dan belajar.

2.Menaikkan hormon yang bikin kamu bahagia

via : ozonnews.com

Pernah ngalamin hari yang berat saat di tempat kerja? Olahraga bisa digunakan untuk meredakan stress yang dialami oleh seseorang. Olahraga melepaskan hormon endorfin yang menciptakan perasaan bahagia dan euforia. Olahraga bisa meredakan gejala depresi dan meningkatkan mood-mu. Jadi, kalo kamu merasa sedih, olahraga aja yuk!

3.Menjaga kesehatan kulit

via : foreo.com

Orang yang hobi olahraga akan terlihat awet muda dibandingkan dengan orang yang tidak suka olahraga. Alasannya adalah dengan olahraga membuat otot tubuh menjadi lentur dan tidak kaku terutama otot yang ada di wajah. Olahraga bisa melancarkan aliran darah sehingga aliran darah yang lancar di dalam tubuh seseorang bisa membuat regenerasi sel menjadi lebih baik.


BACA JUGA :


4.Membuat tidur berkualitas

via : purch.com

Kamu mungkin pernah tertidur pulas sehabis berolahraga yang lumayan menguras stamina. Bagi sebagian orang, olahraga moderat itu efeknya setara dengan obat tidur, bahkan bagi penderita insomnia. Berolahraga pada 5 sampai 6 jam sebelum waktu tidur akan meningkatkan suhu pusat tubuh. Ketika suhu tubuh kembali normal beberapa jam kemudian, itulah sinyal saatnya tidur. Psst, dengan berolahraga bisa mengatasi insomnia juga lho!

5.Percaya atau enggak, ternyata olahraga bisa ningkatin percaya diri lho!

via : shutterstock.com

Olahraga bikin tubuhmu kencang dan bugar. Tapi gak hanya itu, tubuh yang tampak bugar usai berolahraga itu membantu menambah rasa percaya dirimu lho. Terlepas dari apapun bentuk tubuhmu, olahraga bisa membuat tubuhmu kelihatan lebih menarik.

Jadi, jangan keburu malas dulu saat mau olahraga. Lari beberapa kilometer memang terasa berat, tapi sepadan kok sama hasilnya. Yuk mulai dari sekarang!

Sumber: Hipwee.com